Alamat

YAYASAN MAMBA’UL ‘ULUM TUNJUNGMULI
MADRASAH TSANAWIYAH HASYIM ASY’ARI TUNJUNGMULI
Terakreditasi B
Ijin Operasional Nomor : Wkc/5.c/780/Ts/1985, Tanggal 5 Februari 1985
Jalan Raya Tunjungmuli - Bobotsari Km. 01, Desa Tunjungmuli, Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga. Jawa Tengah.
Kode Pos : 53355. Telp. : 08112619026. Email : mts.hasyimasari@yahoo.co.id & mtsha83@gmail.com

20201116003 - Kisi-Kisi PAS 2020-2021 Kelas 9

 

 KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

KELAS 9 (SEMBILAN)

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

Bahasa Indonesia

1.        Disajkan 4 paragraf (dari genre teks berbeda-beda), peserta didik dapat menentukan paragraf laporan percobaan.

2.        Disajikan kutipan teks laporan percobaan yang bagian-bagiannya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan informasi yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat;

3.        Peserta didik dapat menentukan ciri teks laporan percobaan berdasarkan teks tersebut;

4.        Peserta didik dapat menentukan alasan teks tersebut termasuk salah satu bagian teks laporan percobaan (tujuan/percobaan/prosedur/hasil percobaan/pembahasan) dengan tepat.

5.        Disajikan data berupa tabel hasil percobaan, peserta didik dapat menentukan bagian teks laporan percobaan;

6.        Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi tabel dengan tepat.

7.        Disajikan 2 paragraf yang kalimat-kalimat pada salah satu paragrafnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan paragraf yang berisi informasi umum objek yang dibahas dengan tepat;

8.        Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata teknis/istilahbidang tertentu (pertanian/kesehatan/lingkungan/biologi) dengan tepat;

9.        Peserta didik dapat menentukan kata kerja aktif dengan tepat.

10.    Disajikan 4 kalimat yang menggunakan konjungsi, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi (hubungan sebab/akibat) dengan tepat.

11.    Disajikan 4 paragraf yang ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan paragraf yang bukan teks pidato persuasif dengan tepat.

12.    Disajikan kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menentukan topik dengan tepat;

13.    Peserta didik dapat menentukan tujuan dengan tepat;

14.    Peserta didik dapat menentukan argumen yang disampaikan orator dengan tepat.

15.    Disajikan teks pidato persuasif yang bagian-bagiannya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan bagian pernyataan posisi dengan tepat;

16.    Peserta didik dapat menentukan bagian penguatan pernyataan posisi dengan tepat;

17.    Peserta didik dapat menentukan bagian yang berisi ajakan orator dengan tepat.

18.    Disajikan sebuah paragraf yang kalimat-kalimatnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata emotif dengan tepat.

19.    Disajikan sebuah paragraf yang kalimat-kalimatnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat aktif dengan tepat.

20.    Disajikan 4 kalimat yang ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berisi kata bersinonim.

21.    Disajikan kutipan teks cerpen yang bagian-bagiannya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat;

22.    Peserta didik dapat menentukan bukti karakter tokoh dengan tepat;

23.    Peserta didik dapat menentukan teknik penyajian penokohan dengan tepat;

24.    Peserta didik dapat menentukan sudut pandang yang digunakan pengarang dengan tepat.

25.    Disajikan kutipan teks cerpen yang bagian-bagiannya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan pernyataan (peristiwa pokok) yang sesuai dengan cerita tersebut dengan tepat;

26.    Peserta didik dapat menentukan bagian penyelesaian (resolusi) dengan tepat;

27.    Peserta didik dapat menentukan penyebab konflik padakutipanceritatersebut dengan tepat;

28.    Peserta didik dapat menentukan akibat konflik padakutipanceritatersebut dengan tepat;

29.    Disajikan sebuah paragraf yang kalimat-kalimatnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berisi majas (personifikasi/litotes/hiperbola/metafora) dengan tepat;

30.    Peserta didik dapat menentukan kalimat ekspresif pada cerita tersebut dengan tepat.

31.    Disajikan 4 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat kutipan teks ulasan dengan tepat.

32.    Disajikan sebuah paragraf teks tanggapan yang kalimat-kalimatnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kritik/pujian pada teks tersebut dengan tepat;

33.    peserta didik dapat menentukan kritik/pujian pada teks tersebut dengan tepat;

34.    Disajikan sebuah paragraf teks tanggapan,  peserta didik dapat menentukan bagian konteks dengan tepat;

35.    Peserta didik dapat menentukan bagian deskripsi  dengan tepat;

36.    Peserta didik dapat menentukan bagian penilaian dengan tepat.

37.    Disajikan dua paragraf kutipan teks tanggapan,  peserta didik dapat menentukan perbedaan penyajian tanggapan dengan tepat.

38.    Disajikan 4 kalimat berisi pujian terhadap sebuah karya (cerpen/lukisan/film/buku), peserta didik dapat menentukan kalimat pujian yang santun dengan tepat.

39.    Disajikan sebuah paragraf berisi tanggapan terhadap sebuah karya (cerpen/lukisan/film/buku), peserta didik dapat menentukan kata yang dianggap sukar dengan tepat.

40.    Disajikan sebuah paragraf berisi tanggapan terhadap sebuah karya (cerpen/lukisan/film/buku), peserta didik dapat menentukan kalimat tanggapanyang sesuaidengan teks tersebut.

41.    Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan, peserta didik dapat menuliskan 4 kata tugas untuk melengkapi paragraf dengan tepat.41

42.    Disajikan sebuah paragraf salah satu bagian teks persuasif (pendahuluan/isi/penutupan), peserta didik dapat menentukan bagian teks pidato persuasif disertai alasan dengan tepat.42

43.    Disajikan cuplikan teks cerpen, peserta didik dapat menuliskan watak tokoh

44.    Peserta didik dapat menentukan teknik penyajian penokohan dengan tepat.

45.    Disajikan sebuah kalimat ekspresif, peserta didik dapat menjelaskan maksud kalimat tersebut dengan tepat.

46.    Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan bagian struktur  cerpen.

47.    Peserta didik dapat menentutakan tema cerpen

48.    Peserta didik dapat menentukan makna kata

49.    Peserta didik dapat menentukan latar suasana

50.    Disajikan kalimat-kalimat acak, peserta didik dapat mengurutkan menjadi langkah-langkah menyusun cerpen

 

 

Al-Qur'an Hadits

1.         Menyebutkan ilmu untuk mempelajari bacaan Al Quran

2.         Menyebutkan hukum mempelajari ilmu tajwid

3.         Menyebutkan hukum membaca Al Quran dengan benar

4.         Menunjukan contoh bacaan Mad Lazim Mutsaqal kilmi

5.         Menjelaskan alasan lafadz dibaca Mad lazim Mutsaqal kilmi

6.         Menunjukan contoh bacaan Mad Lazim Mutsaqal kilmi dalam QS Al Fatihah

7.         Menentukan istilah yang sesuai dengan pernyataan tentang hukum bacaan Al Quran

8.         Menunjukan contoh bacaan Mad Lazim Mukhafaf kilmi dalam Al Quran

9.         Menunjukan slah satu huruf yang termasuk huruf Mad Mutsaqal Harfi

10.     Menunjukan contoh bacaan Mad Mtsaqal harfi

11.     Menjelskan panjang bacaan mad lazim mutsaqal harfi

12.     Menunjukan huruf mad lazim mutsaqal harfi

13.     Menjelaskan cara membaca mad lazim mukhafaf harfi

14.     Menjelaskan arti kata AL Muthafifin

15.     Menyebutkan golongan QS Al Muthafifin

16.     Menerjemahkan salah satu ayat QS AL Muthafifin

17.     Menyebutkan orang yang dianggap celaka menurut QS Al Muthafifin ayat 1

18.     Menyebutkan buku yang berisi catatan orang-orang durhaka dalam QS Al Muthafifin

19.     Menjelaskan pengertian mu’tad

20.     Menunjukan muamalh yng sering terjadi kecurangan takaran

21.     Menyambung ayat salah satu QS Al Muthafifin

22.     Menjelaskan akbitan sering malakukan kecurangan

23.     Menjelaskan anggapan orang kafir terhadapa ayat-ayat Allah sesuai QS Al Muthafifin ayat 12

24.     Menjelaskan alasan masyarakat tidak senang terhadap pengurangan takaran

25.     Contok mengurangi takaran dlam bentuk lain

26.     Menjelaskan isi perintah pada QS Al An’am  ayat 152

27.     Disajikan pernyataan, siswa menunjukan adab terhapap anak yatim

28.     Menunjukan contoh perilaku terhadap anak yatim

29.     Menunjukan ayat perintah menjaga anak ayatim dan menjaga takarn

30.     Menunjukan lafadz yang mempunyai arti dosa

31.     Menerjemahkan lafadz hadis riwayat AL Baihaqi tentang muamalah

32.     Menerjemahkan lafadz hadis tentang muamalah

33.     Menentukan lafadz sesuai dengan terjemah hadis tentang muamalah

34.     Menyebutkan perowi hadis dari Ibnu Abbas tentang peringatan kepada para pedagang

35.     Menyebutkan kaum yang dihancurkan karena kecurangan takaran

36.     Menyebutkan Nabi yang diutus untuk menyempurnakan takaran

37.     Menjelaskan sikap yang mendasari jual beli

38.     Menyebutkan ayat perintah menyempurnakan takaran

39.     Menyebutkan istilah yang berhubungan dengan jual beli

40.     Menerjemahkan potongan hadis riwayat At tirmidzi tentang jujur dalam bermuamalah

41.     Menerjemahkan potongan hadis riwayat At tirmidzi tentang jujur dalam bermuamalah

42.     Menyebutkan hukum jual beli

43.     Meneybutkan istilah hukum barang antara halal dan haram

44.     Menyebutkan keutamaan/balasan pedangan jujur

45.     Menjelaskan isi kandungan hadis Riwayat Baihaqi tentang muamalah

46.     Menunjukan lafadz sesuai terjemah hadis riwayat At tirmidzi

47.     Mengmenjelaskan isi pesan hadis dari Hasan Bin Ali Ra riwayat At tirmidzi

48.     Menjelaskan pembagian sikap jujur menurut pendapat ualam

49.     Menyebutkan aspek dalam bermuamalah

50.     Menyebutkan dasar hukum bermuamalah

 

 

 

Matematika

1.        Siswa dapat menghitung hasil pangkat negative dari suatu bilangan

2.        Siswa dapat menghitung akar dari suatu bilangan

3.        Siswa dapat menghitung penjumlahan bilangan berpangkat

4.        Siswa dapat menghitung perkalian dan pembagian bilangan berpangkat

5.        Siswa dapat menentukan bentuk baku dari suatu bilangan

6.        Siswa dapat menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan berakar

7.        Siswa dapat merasionalkan bentuk akar dari a/√b

8.        Siswa dapat menentukan akar-akar persamaan jika a = 1

9.        Siswa dapat menentukan hasil kali akar persamaan kuadrat

10.    Disajikan grafik fungsi kuadrat. Siswa dapat menentukan persamaan fungsi kuadrat

11.    Siswa dapat menentukan titik potong sumbu x jika diketahui persamaan kuadratnya

12.    Siswa dapat menentukan persamaan kuadrat jika diketahui akar-akarnya

13.    Siswa dapat menentukan hasil translasi titik K (x,y) oleh translasi (a, b)

14.    Siswa dapat menentukan bayang suatu titik yang diketahui titik koordinatnya jika dicerminkan terhadap sumbu x

15.    Siswa dapat menentukan koordinat bayangan titik P (x,y) diputar 900 berlawanan arah jarum jam dengan pusat O (0,0)

16.    Siswa dapat menentukan bayangan akhir titik A jika diputar (O,-900) kemudian dicerminkan terhadap sumbu y

17.    Siswa dapat menentukan koordinat bayangan titik D (x,y) jika didilatasikan terhadap [O,a]

18.    Siswa dapat menentukan pasangan sudut yang sama besar jika diketahui sisi yang bersesuaian sama panjang

19.    Siswa dapat menentukan dua bangun datar yang pasti sebangun

20.    Siswa dapat menentukan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian jika diketahui besar sudut dari sebuah segitiga

21.    Siswa dapat menentukan lebar jendela sebenarnya,jika diketahui lebar jendela dan pintu pada gambar.

22.    Siswa dapat menentukan syarat dua segitiga sebangun jika disajikan gambar dua buah segitiga

23.    Disajikan gambar segitiga Siswa dapat menghitung sisi yang belum diketahui

24.    Disajikan gambar Trapesium, siswa dapat menghitung  panjang sisi yang belum diketahui

25.    Siswa dapat menentukan lebar karton yang tidak tertutup oleh foto

 

 

Fikih

1.        Menjelaskan tata cara menyembelih binatang

2.        Menentukan hukum dalam penyembelihan binatang

3.        Menjelaskan syarat binatang yang disembelih

4.        Mennyebutkan syarat alat untuk menyembelih binatang

5.        Menjelaskan pengertian kurban

6.        Menyebutkan tujuan pelaksanaan kurban

7.        Menjelaskan dalil tentang kurban

8.        Menjelaskan syarat binatang yang sah untuk berkurban

9.        Menyebutkan cacat pada binatang yang menyebabkan tidak sah untuk berkurban

10.    Menjelaskan manfaat dari kurban

11.    Menjelaskan pengertian akikah

12.    Menyebutkan jumlah binatang akikah untuk bayi perempuan

13.    Menjelaskan waktu pemberian nama untuk bayi

14.    Menjelaskan waktu pelaksanaan akikah

15.    Menjelaskan cara pembagian daging akikah

16.    Menjelaskan pengertian jual beli

17.    Menyebutkan syarat barang yang boleh diperjual belikan

18.    Menyebutkan hukum jual beli

19.    Mengidentifikasi jenis jual beli yang sah tapi dilarang oleh agama

20.    Mengidentifikasi bentuk jual beli yang terlarang karena kurang syarat dan rukun

21.    Menjelaskan pengertian khiyar

22.    Menjelaskan pengertian khiyar majlis

23.    Menyebutkan dalil tentang khiyar

24.    Menjelaskan pengertian qirad

25.    Menyebutkan hukum qirad

26.    Menyebutkan rukun-rukun qirad

27.    Menjelaskan pengertian riba

28.    Menyebutkan dalil tentang riba

29.    Menjelaskan pengertian riba fadhli

30.    Mengidentifikasi contoh riba

31.    Menyebutkan manfaat diharamkannya riba

32.    Menjelaskan cara menghindari riba

33.    Menjelaskan pengertian pinjam meminjam

34.    Menyebutkan dalil tentang pinjam meminjam

35.    Mengidentifikasi hukum pinjam meminjam

36.    Menjelaskan manfaat dari pinjam meminjam

37.    Menyebutkan contoh pelaksaan pinjam meminjam

38.    Menjelaskan rukun-rukun ariyah

39.    Menjelaskan pengertian ariyah muqayyadah

40.    Menjelaskan kewajiban bagi peminjam

41.    Menjelaskan syarat orang yang meminjam

42.    Menjelaskan berakhirnya ariyah

43.    Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pinjam meminjam

44.    Menjelaskan pengertian wadi’ah

45.    Menyebutkan rukun-rukun wadi’ah

46.    Mengidentifikasi hukum dalam wadi’ah

47.    Menjelaskan pengertian wadi’ah yad al-amanah

48.    Menyebutkan contoh wadi’ah yad al-dhamanah

49.    Menyebutkan jenis barang wadi’ah

50.    Menyebutkan contoh pelaksaan wadi’ah al-amanah

 

 

Bahasa Arab

1.        Mengetahui waktu perayaan peringatan hari besar islam

2.        Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

3.        Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

4.        Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana

5.        Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana

6.        Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

7.        Menentukan keterangan waktu yang tepat

8.        Menentukan Fi’il yang tepat dan keterangan waktu yang tepat

9.        Menentukan keterangan waktu yang tepat

10.    Menerjemahkan kalimat dengan tepat

11.    Menentukan persamaan kata (sinonim)

12.    Menentukan lawan kata (antonim)

13.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

14.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

15.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

16.    Melengkapi dialog dengan menyesuaikan pertanyaan

17.    Melengkapi dialog dengan menyesuaikan pertanyaan

18.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

19.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

20.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

21.    Mengetahui hari kelahiran nabi muhammad SAW

22.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

23.    Menentukan susunan kalimat yang benar

24.    Menentukan struktur kalimat dengan benar

25.    Menentukan susunan kalimat yang benar

26.    Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana yang tersedia

27.    Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana yang tersedia

28.    Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana yang tersedia

29.    Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana yang tersedia

30.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

31.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

32.    Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana

33.    Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana

34.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

35.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

36.    Mengetahui wahyu yang di turunkan melalui malaikat jibril

37.    Mengetahui cara diturunkanya al quran

38.    Mengetahui fungsi al quran dalam bentuk kalimat

39.    Mengetahui istilah tidak bisa membaca dan menulis

40.    Mengetahui usia nabi ketika di angkat menjadi nabi/rosul

41.    Menerjemahkan kalimat dengan tepat

42.    Mengetahui tempat pertama kali diturunkanya al quran

43.    Menentukan kalimat yang benar tarkibnya

44.    Menentukan kalimat yang benar tarkibnya

45.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

46.    Menentukan susunan kalimat yang benar dari dari kata kata acak dengan benar

47.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat

48.    Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang

49.    Menerjemahkan kalimat dengan tepat

50.    Menerjemahkan kalimat dengan tepat

 

 

Ke-NU-an

  Belum Tersedia !

 

 

Bahasa Inggris

1.        Disajikan gambar sebuah peristiwa. Peserta didik dapat menentukan ungkapan congratulation yang sesuai dengan gambar.

2.        Disajikan sebuah percakapan pendek rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan respon ungkapan ucapan selamat yang tepat

3.        Disajikan sebuah percakapan pendek rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan ungkapan harapan yang tepat.

4.        Disajikan sebuah percakapan pendek rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan respon ungkapan harapan yang tepat.

5.        Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa pesan pendek, peserta didik dapat menentukan tujuan pesan dalam teks tersebut.

6.        Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa pesan pendek, peserta didik dapat menentukan makna dalam teks tersebut.

7.        Diberikan percakapan rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan ungkapan setuju dan tidak setuju.

8.        Diberikan percakapan rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan ungkapan setuju dan tidak setuju.

9.        Diberikan percakapan rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan ungkapan setuju dan tidak setuju.

10.    Diberikan percakapan pendek rumpang., peserta didik dapat menentukan kata sambung yang tepat

11.    Diberikan percakapan pendek rumpang., peserta didik dapat menentukan kata sambung yang tepat

12.    Diberikan sebuah percakapan pendek yang memuat ungkapan setuju dan tidak setuju, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat dari ungkapan setuju dan tidak setuju.

13.    Diberikan sebuah percakapan pendek yang memuat ungkapan setuju dan tidak setuju, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat dari ungkapan setuju dan tidak setuju.

14.    Diberikan sebuah percakapan pendek yang memuat ungkapan setuju dan tidak setuju, peserta didik dapat enentukan jenis ungkapan dari dialog tersebut.

15.    Diberikan percakapan pendek rumpang., peserta didik dapat menentukan kata sambung yang tepat.

16.    Diberikan percakapan pendek rumpang., peserta didik dapat menentukan kata sambung yang tepat.

17.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label produk minuman, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu terkait label tersebut

18.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek yang sama, peserta didik dapat menentukan informasi tersurat terkait label tersebut

19.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek yang sama, peserta didik dapat menentukan informasi rinci tersirat terkait label tersebut

20.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek yang sama, peserta didik dapat enentukan tujuan dari teks tersebut.

21.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label produk obat, peserta didik dapat menentukan gambaran umum teks tersebut.

22.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label yang sama, peserta didik dapat menentukan persamaan kata dari sebuah kata yang ditunjuk dalam teks.

23.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label yang sama, peserta didik dapat menentukan informasi tersurat dalam teks tersebut.

24.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label produk obat, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat teks tersebut.

25.    Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label yang sama, peserta didik dapat menentukan persamaan kata dari sebuah kata yang ditunjuk dalam teks.

26.    Disajikan teks prosedur tentang minuman, siswa dapat melengkapi dengan kata terkait informasi tersirat teks tersebut dengan tepat.

27.    Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.

28.    Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata yang digarisbawahi dari teks tersebut dengan tepat

29.    Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan rujukan kata yang digarisbawahi dari teks tersebut dengan tepat

30.    Disajikan teks prosedur tentang makanan, siswa dapat menentukan  tujuan penulisan teks tersebut dengan tepat.

31.    Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi tersirat teks tersebut dengan tepat.

32.    Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi rinci tersirat teks tersebut dengan tepat.

33.    Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata yang digarisbawahi dari teks tersebut dengan tepat

34.    Disajikan teks prosedur tentang manual, siswa dapat menentukan  rinci tersurat teks tersebut dengan tepat.

35.    Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi tersirat teks tersebut dengan tepat.

36.    Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan tujuan penulisan dari teks tersebut dengan tepat.

37.    Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata yang digarisbawahi dari teks tersebut dengan tepat

38.    Disajikan kalimat rumpang tentang present continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.

39.    Disajikan kalimat rumpang tentang present continous tense, siswa dapat melengkapi kata dengan tepat.

40.    Disajikan kalimat interrogative rumpang tentang present continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yangtepat.

41.    Disajikan kalimat rumpang tentang past continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.

42.    Disajikan kalimat rumpang tentang future continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat..

43.    Disajikan kalimat negatif rumpang tentang future continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.

44.    Disajikan percakapan, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat tentang present continous tense yang tepat

45.    Disajikan percakapan, siswa dapat menentukan informasi tersurat tentang past continous tense yang tepat.

46.    Disajikan percakapan, siswa dapat menentukan informasi tersirat tentang past continous tense yang tepat

47.    Disajikan kalimat tentang present perfect tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.

48.    Disajikan kalimat interrogative rumpang tentang present perfect tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.

49.    Disajikan kata acak tentang past continous tense, siswa dapat menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang bermakna.

50.    Disajikan kata acak tentang present perfect tense, siswa dapat menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang bermakna.

 

 

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

1.        Menjelaskan Kondisi kepercayaan masyarakat Nusantara sebelum kedatangan Islam

2.        Menjelaskan cara masuknya Islam melalui perdagangan

3.        Menjelaskan cara masuknya Islam melalui social/ perkawinan

4.        Menjelaskan cara masuknya Islam melalui pendidikan

5.        Menjelaskan cara Dakwah agar cepat mudah diterima di masyarakat

6.        Menganalisa teori masuknya Islam ke Nusantara padaabadke- 7 M

7.        Menyebutkan bukti dasar masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke 11-13 M

8.        Menyebutkan kelompok pembawa agama Islam kewilayah Nusantara

9.        Menjelaskan perjalanan para pedagang Arab/penyiaran Islam berdakwahke Nusantara

10.    Menjelaskan daerah yang pertama kali menerima islam

11.    Menganalisa factor social yang menyebabkan mudahnya Islam di terima oleh masyarakat Hindu

12.    Menyebutkan factor dari ajaran yang menjadikan masyarakat Nusantara dapat mudah menerima agama Islam

13.    Menunjukan bukti-bukti peninggalan para penyebar agama Islam dengan tidak menodai perjuangan mereka kearah anarkis (mengandung kekerasan).

14.    Menjelaskan proses penyebaran Islam di Makasar Sulawesi

15.    Menunjukan bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan Islam di Indonesia

16.    Menyebutkan nama-nama kerajaan di Jawa yang bercorak Islam

17.    Menyebutkan kerajaan Islam pertama yang berdiri di wilayah Jawa

18.    Menjelaskan masa kejayaan kerajaan Mataram

19.    Menyebutkan tokoh pendiri kerajaan Cirebon

20.    Menyebutkan sultan yang membawa kejayaan kerajaan Banten

21.    Menyebutkan sultan pertama yang berkuasa di kerajaan Samudra Pasai

22.    Menjelaskan sumber sejarah kerajaan Aceh Darussalam

23.    Menyebutkan nama-nama sultan yang pernah berkuasa di kerajaan Aceh Darussalam

24.    Mengindentifikasi kemajuan kesultanan Aceh Darussalam

25.    Mengindentifikasi kerajaan terkenal yang bercorak Islam diwilayah Sulawesi.

26.    Menyebutkan tokoh sultan yang terkenal yang mebawa kejayaan kerajaan Gowa di Sulawesi.

27.    Menjelaskan pengertian walisanga

28.    Menyebutkanwali yang di anggap sebagai wali pertama yang mendakwahkan Islam di Jawa

29.    Menyebutkan peranan Sunan Ampel dalam pendirian kerajaan Demak di wilayah Jawa

30.    Menyebutkan peranan Sunan Giri dalam pemerintahan kerajaan di Jawa

31.    Menyebutkan cara dakwah yang di lakukan oleh Sunan Bonang

32.    Menjelaskan hasil karyaseni sunan Kalijaga yang digunakansebagai media dakwah Islam

33.    Menyebutkan namawali yang melakukan dakwah dengan menggunakan kekuasaan.

34.    Menyebutkan peran pondok pesantren dalam dakwah Islam

35.    Menyebutkan nama lokasi pondok pesantren

36.    Menjelaskan maksud pondok pesantren di Indonesia

37.    Menyebutkan kesesuaian tradisi Islam nusantara dengan asal Daerahnya

38.    Menyebutkan media dakwah sunan kali jaga dari cerita pewayangannya

39.    Menjelaskan kesenian yang diiringi musik rebana dan ditampilkan dengan arak arakan

40.    Menyebutkan upacara kematian daerah bugis

41.    Menyebutkan nilai nilai yang terkandung dalam kesenian wayang

42.    Menjelaskan fungsi upacara sekaten sebagai media dakwah zaman sekarang

43.    Menyebutkan upacara dari daerah kampar riau yang dilaksanakan menjelang bulan romadhomdengan cara mandi menggunakan jeruk nipis

44.    Menyebutkan seni budaya lokal yang bernapaskan Islam

45.    Menyebutkan contoh kegiatan keagamaan kesenian lokal yang bernapaskan Islam

46.    Menjelaskan sikap generasi milenial terhadap pertunjukan seni budaya lokal

47.    Menjelaskan sarana dakwah yang masih bertahan sampai sekarang berdasarkan kuantitas pengunjung

48.    Menjelaskan ciri kesenian qosidah

49.    Menjelaskan kegiatan petang megeng/megengan

50.    Menjelaskan pengertian Zapin

 

 

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

1.        Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi pada pembelahan mitosis

2.        Disajikan gambar tahapan pembelahan sel, siswa dapat menentukan gambar dari tahapan pembelahan yang dimaksud

3.        Disajikan gambar organ reproduksi wanita, siswa dapat menjelaskan fungsi dari organ yang ditunjuk

4.        Siswa dapat menyebutkan nama organ reproduksi pria dan fungsinya

5.        Disajikan peristiwa oogenesis, siswa dapat menentukan hasil akhir dari oogenesis

6.        Disajikan gambar siklus menstruasi, siswa dapat menjelaskan hubungan menstruasi dengan hormon dari gambar grafik

7.        Disajikan gejala suatu penyakit, siswa dapat menyebutkan nama penyakit yang menyerang pada organ reproduksi tersebut

8.        Siswa dapat menjelaskan penyakit pada kekebalan tubuh yang menular melalui organ reproduksi

9.        Disajikan data, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri perkembangbiakan vegetatif

10.    Siswa mampu menyebutkan contoh tanaman yang melakukan perkembangbiakan vegetatif alami

11.    Siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif tanaman berbiji tertutup

12.    Disajikan ciri-ciri bunga, siswa mampu menjelaskan jenis penyerbukan berdasarkan pada penghantarnya

13.    Disajikan gambar proses perkembangbiakan suatu hewan, siswa mampu menyebutkan jenis perkembangbiakan vegetatif pada hewan dari gambar yang disajikan

14.    Siswa mampu menyebutkan perkembangbiakan generatif dengan fertilisasi eksternal pada hewan

15.    Siswa dapat menyebutkan contoh teknik perkembangbiakan vegetative buatan

16.    Siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang bermetamorfosis sempurna

17.    Siswa mampu menjelaskan alasan mendel dalam penelitiannya

18.    Siswa dapat menentukan jumlah kromoson yang terdapat pada manusia dengan jenis kelamin tertentu

19.    Siswa dapat menyebutkan penyakit yang diturunkan melalui kromosom X

20.    Siswa mampu menjelaskan kemungkinan prosentase keturunan dari persilangan monohibrid

21.    Siswa mampu menjelaskan tujuan utama dari proes persilangan

22.    Siswa dapat menentukan jenis gamet yang diasilkan dari genotip tertentu

23.    Disajikan data persilangan monohibrid, siswa dapat menentukan perbandingan fenotip pada F2 nya.

24.    Disajikan data persilangan diibrid, siswa dapat menentukan perbandingan fenotip pada F2 nya.

25.    Disajikan gambar, Siswa dapat memahami konsep atom

26.    Disajikan gambar berupa benda bermuatan listrik, siswa mampu menentukan jenis muatan masing-masing benda jika salah satu jenis muatan benda diketahui

27.    Disajikan gambar dua benda bermuatan listrik, siswa dapat menentukan besarnya gaya coulomb jika jarak kedua benda dirubah

28.    Siswa dapat menyebutkan alat yang digunakan untuk mengetahui muatan suatu benda

29.    Siswa dapat menentukan jenis muatan yang terbentuk gejala listrik statis dan alasannya

30.    Siswa dapat menyebutkan zat yang berungsi mengahantarkahn rangsang listrik

31.    Siswa dapat menentukan fungsi akson

32.    Siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang dapat mengasilkan listrik yang sangat kuat

33.    Siswa dapat menyebutkan contoh sumber tegangan yang menggunakan larutan asam sulfat sebaga elektrolitnya

34.    Disajikan tabel hubungan antara kuat arus dengan tegangan. Siswa dapat menyimpulkan hasil analisisnya

35.    Siswa dapat menentukan besarnya kuat arus I , sesuai dengan hukum I Kirchhoff

36.    Siswa dapat menentukan jenis perubahan energi pada kehidupan sehari-hari

37.    Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan besarnya beda potensial, juka komponen lain diketahui besarnya

38.    Disajikan gambar peralatan rumah tangga, siswa dapat menentukan contoh peralatan yang dapat merubah energi listrik menjadi energi kalor

39.    Disajikan data, siswa dapat menentukan besarnya energi listrik yang digunakan selama 30 hari

40.    Siswa dapat menentukan upaya mengemat listrik

 

 

Akidah Akhlak

1.        Peserta didik dapat menyebutkan pengertian hari akhir

2.        Peserta didik menjelaskan golongan manusia dalam menanggapi hari kiamat

3.        Disajikan surat al-hajj ayat 7, peserta didik menjelaskan makna ayat tersebut

4.        Peserta didik dapat memilih yang merupakan tanda-tanda kiamat sughra

5.        Peserta didik menjelaskan tanda-tanda kiamat kubra

6.        Peserta didik dapat menyusun peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir

7.        Peserta didik menjelaskan pengertian nama-nama lain hari akhir

8.        Pesrta didik dapat menjelaskan pengertian Yaumul Mizan

9.        Peserta didik menjelaskan pengertian nama-nama lain hari akhir

10.    Peserta didik dapat menyebutkan hikmah beriman kepada hari akhir

11.    Peserta didik dapat menjelaskan perilaku beriman pada hari akhir

12.    Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri oyang yang memiliki ilmu pengetahuan

13.    Peserta didik dapat menafsirkan ayat al-qur’an  yang bergaris bawah

14.    Disajikan cerita seseorang, peserta didik dapat menjelaskan salah satu akhlak terpuji

15.    Peserta didik dapat menjelaskan salah satu akhlak terpuji

16.    Peserta didik dapat menjelaskan salah satu contoh akhlak terpuji

17.    Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari salah satu akhlak terpuji

18.    Peserta didik dapat menyebutkan dampak positif dari orang yang berilmu

19.    Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang produktif

20.    Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang produktif

21.    Peserta didi dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki perilaku inovatif

22.    Peserta didik menjelaskan ciri-ciri orang yang suka bekerja keras

23.    Disajikan HR.Bukhari dan Muslim, Peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam hadits tersebut

24.    Disajikan HR.Bukhari dan Muslim, Peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam hadits tersebut

25.    Peserta didik dapat menjelaskan pengertian saudara

26.    Disajikan beberapa ciri-ciri beradab islami kepada teman. Peserta didik dapat memilih ciri-ciri beradab islami kepada teman

27.    Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri bergaul dengan teman

28.    Peserta didik dapat menjelaskan pengertian tetangga menurut Jumhur Ulama

29.    Peserta didik dapat memilih sikap bertetangga yang islami

30.    Peserta didik dapat menjelaskan adab islami kepada tetangga

31.    Peserta didik dapat menjelaskan adab islami kepada tetangga

32.    Peserta didik dapat menjelaskan adab islami kepada tetangga

33.    Peserta didik dapat mengidentifikasi sikap adab islami kepada tetangga

34.    Peserta didik dapat menjelaskan hikmah beradab islami kepada saudara, teman dan tetangga

35.    Peserta didik dapat menyebutkan nama ayah Umar Bin Khattab

36.    Peserta didk dapat menyebutkan usia umar bin khattab ketika masuk islam

37.    Peserta didik dapat menjelaskan sikap Umar bin khattab ketika sebelum masuk islam

38.    Peserta didik dapat menjelaskan salah satu gelar umar bin khattab

39.    Peserta didik dapat menyebutkan salah satu sifat yang paling menonjol dari umar bin khattab

40.    Peserta didik dapat menjelaskan salah satu umar bin khtattab

41.    Peserta didik dapat menyebutkan contoh sikap hidup sederhana

42.    Peserta didik dapat menjelaskan salah satu sikap yang dapat diteladani dari kisah umar bin khattab

43.    Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hikmah dari keteladanan kisah umar bin khattab

44.    Peserta didik dapat menyebutkan salah satu contoh sifat dari keteladanan kisah umar bin khattab

45.    Peserta didik dapat menyebutkan keteladanan yang dimiliki oleh umar bin khattab

46.    Peserta didik dapat menjelaskan salah satu sikap yang dapat diteladani dari kisah Aisyah r.a

47.    Peserta didik dapat menjelaskan salah satu sikap yang dapat diteladani dari kisah Aisyah r.a

48.    Peserta didik dapat menjelaskan salah satu gelar Aisyah r.a

49.    Peserta didik dapat menyebutkan salah satu periwayat hadits yang memimpin solat jenazah Aisyah r.a

50.    Peserta didik dapat menyebutkan nama ayah Umar Bin Khattab

 

 

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

1.        Disajikan table tentang luas Benua Asia dan benua lainnya peserta didik dapat mengidentifikasi luas Benua Australia

2.        Disajikan ilustrasi tentang bentang  Benua Asia dan Benua Eropa, peserta didik dapat mengidentifikasi negara yang wilayahnya berada di dua benua tersebut.

3.        Disajikan ilustrasi letak sebuah wilayah, peserta didik dapat menyebutkan letak astronomis Benua Asia

4.        Disajikan peta  Benua Amerika  peserta didik dapat menyebutkan letak geografis Benua Amerika

5.        Diberikan ilustrasi tentang Benua Eropa peserta didik dapat mengemukakan alasan Benua Eropa diberi julukan Benua Biru

6.        Disajikan tabel pembagian region benua-benua di dunia, peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian region Benua Afrika

7.        Diberikan data tentang negara-negara di dunia peserta didik dapat mengklasifikasikan negara-negara yang berada di wilayah Asia

8.        Disajikan ilustrasi Negara  Jepang, peserta didik dapat menjelaskan bentuk pemerintahan Negara Jepang

9.        Disajikan ilustrasi kondisi geologiNegara Jepang, peserta didik dapat menjelaskan dampak kondisi geologi Negara Jepang

10.    Disajikan gambar flora  Jepang pesrta  didik dapat mengidentifikasi flora yang menjadi ciri khas Negara Jepang

11.    Disajikan  ilustrasi tradisi-tradisi Negara Jepang, peserta didik dapat mengidentifikasi seni mengerdilkan tanaman yang berkembang di  Jepang

12.    Disajikan ilustrasi bentuk muka bumi Australia, peserta didik dapat menjelaskan nama dataran yang ada di Negara Australia

13.    Disajikan ilustrasi berbagai macam fauna Australia, peserta didik dapat menyebutkan fauna yang menjadi symbol atau ikon Negara Australia

14.    Disajikan ilustrai geologi negara Australia peserta didik dapat mengidentifikasi hasil tambang terbesar di Australia

15.    Disaiikan ilustrasi kependudukan di Australia peserta didik dapat menyebutkan penduduk asli Australia

16.    Disajikan ilustrasi ras penduduk Asia, peserta didik dapat menentukan ras penduduk Asia di region Timur

17.    Disajikan ilustrasi agama-agama yang ada di Benua Asia peserta didik dapat menyebutkan tempat/negara lahirnya agama Hindu

18.    Disajikan ciri-ciri atau karakteristik benua peserta didik dapat mengklasifikasikan ciri khas Benua Asia

19.    Disajikan ilustrasi factor-faktor yang mempengaruhi kualitas penduduk peserta didik dapat menentukan kualitas penduduk di Australia

20.    Disajikan data-data ciri-ciri atau karakteristik benua peserta didik dapat menentukan ciri khas Benua Australia

21.    Disajikan ilustrasi pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara, peserta didik dapat memberi contoh pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

22.    Disajikan ilustrasi pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara, peserta didik dapat memberi contoh pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap pendidikan

23.    Disajikan ilustrasi tentang perubahan social budaya, peserta didik dapat membedakan kebudayaan material dan immaterial

24.    Disajikan gambar  perubahan social budaya peserta didik dapat menentukan salah satu penyebab perubahan social budaya

25.    Disajikan ilustrasi tentang pertambahan penduduk, peserta didik dapat menjelaskan bonus demografi

26.    Disajikan ilustrasi tentang factor-faktor penyebab perubahan social budaya peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya perubahan social budaya

27.    Dengan disajikan ilustrasi kehidupan masyarakat pedalaman, peserta didik  dapat mengidentifikasi factor penghambat perubahan social budaya

28.    Dengan disajikan ilustrasi proses pengaruh kebudayaan lain, peserta didik dapat menjelaskan proses asimilasi

29.    Dengan disajikan ilustrasi proses pengaruh kebudayaan lain, peserta didik dapat menjelaskan definisi  difusi

30.    Disajikan ilustrasi pengertian cultural animosity, peserta didik dapat memberi contoh bentuk cultural animosity

31.    Disajikan gambar mode pakaian, peserta didik dapat mngidentifikasi perubahan social budaya dilihat dari pengaruhnya

32.    Disajikan ilustrasi tentang perubahan fasilitas umum disuatu tempat, peserta didik dapat menentukan perubahan social budaya dilihat dari perencanaannya

33.    Disajikan ilustrasi globalisasi pesert didik dapat mendeskripsikankan pengertian globalisasi

34.    Disajikan ilustrasi tentang bentuk-bentuk globalisasi peserta didik dapat  menentukan globalisasi di bidang komunikasi

35.    Disajikan ilustrasi  globalisasi dibidang ekonomi  peserta didik dapat  mendeskripsikan pengertian perdagangan bebas

36.    Disajikan ilustrasi  globalisasi dibidang ekonomi  peserta didik dapat  mengidentifikasi organisasi perdagangan bebas di kawasan tertentu

37.    Disajikan ilustrasi globalisasi dibidang ekonomi  peserta didik dapat  mendeskripsikan ciri-ciri yang menandai globalisasi dibidang ekonomi

38.    Disajikan ilustrasi tentang globalisasi di bidang IPTEK peserta didik dapat  menentukan dampak globalisasi di bidang IPTEK

39.    Disajikan ilustrasi tentang bentuk-bentuk globalisasi peserta didik dapat  menentukan globalisasi di bidang transportasi

40.    Disajikan ilustrasi pariwisata di purbalingga peserta didik dapat  menyimpulkan globalisasi di bidang pariwisata

41.    Disajikan  gambar ikon M-Banking peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari fasilitas M-Banking

42.    Diberikan ilustrasi tentang tenaga kerja asing, peserta didik dapat menyimpulkan dampak adanya tenaga kerja asing

43.    Diberikan ilustrasi perekonomian suatu negara peserta didik dapat menganalisis globalisasi ekonomi dibidang perdagangan

44.    Diberikan ilustrasi pengertian westernisasi  peserta didik dapat menganalisis perilaku westrnisasi di masyarakat

45.    Disajikan ilustrasi westrnisasi peserta didik dapat menyebutkan factor penyebab westernisasi

46.    Diberikan daftar  perilaku masyarakat  peserta didik dapat membedakan dampak negative  westrnisasi

47.    Disajikan ilustrasi perilaku kenakalan remaja peserta didik dapat menganalisis penyebab terjadinya kenakalan remaja

48.    Disajikan ilustrasi tentang upaya menghadapi globalisasi, peserta didik  mengidentifikasi upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi dibidang budaya

49.    Diberikan ilustrasi globalisasi komunikasi peserta didik dapat menunjukan perilaku siswa dalam menggunakan  alat  komunikasi secara tepat

50.    Disajikan ilustrasi tentang pglobalisasi peserta didik dapat meunjukan  perilaku siswa untuk menghadapi globalisasi ekonomi

 

 

Prakarya

  Belum Tersedia !

 

 

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

1.        Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan ciri- ciri pelaksanaan demokrasi Pancasila dari masa ke masa

2.        Peserta didik dapat menunjukkan pemberotakan yang terjadi pada masa awal kemerdekaan

3.        Peserta didik dapat menunjukkan pemberontakan yang terjadi pada masa awal kemerdekaan

4.        Peserta didik dapat menjelaskan pengertian ideologi menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia

5.        Peserta didik dapat menunjukkan perwujudan nilai Pancasila 

6.        Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan nilai- nilai yang harus ada sebagai syarat Pancasila sebagia ideologi terbuka

7.        Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian dimensi sebgai ideologi terbuka

8.        Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan ciri-ciri ideologi terbuka

9.        Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai- nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan

10.    Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan perwujudan pelaksanaan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari- hari

11.    Peserta didik dapat menunjukkan alasan utama Pancasila sebagai ideologi dapat diterima oleh bangsa Indonesia

12.    Peserta didik dapat menunjukkan keunggulan Pancasila sebagai ideologi negara dibandingkan dengan ideologi negara lain

13.    Peserta didik dapat menunjukkan wujud pelaksanaan Pancasila dalam bidang sosial budaya

14.    Peserta didik dapat menunjukkan landasan  operasional sistem ekonomi yang dijiwai oleh nilai- nilai Pancasila dalam bidang ekonomi

15.    Peserta didik dapat menunjukkan pasal yang berhubungan dengan perwujudan pelaksanaan nilai Pancasila dalam bidang pertahanan dan kaamanan

16.    Peserta didik dapat menunjukkan tokoh pendiri bangsa yang menulis Penjelasan UUD 1945

17.    Peserta didik dapat menyebutkan perumusan dan pengesahan UUD 1945

18.    Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan makna yang terkandung dalam salah satu alinea pada Pembukaan UUD 1945

19.    Peserta didik dapat menunjukan yang bukan termasuk prinsip- prinsip negara Indonesia pada alinea ke empat Pembukaan UUD 1945

20.    Peserta didik dapat menjelaskan makna alinea kedua Pembukaan  Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia

21.    Peserta didik dapat menunjukan alinea pembukaan UUD 1945 yang memuat dasar negara Pancasila

22.    Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari konvensi

23.    Peserta didik dapat menunjukkan yang bukan upaya  menjaga persatuan bagi seorang pelajar

24.    Peserta didik dapat menunjukkan pokok pikiran  Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengandung isi mewajibkan pemerintah dan penyelenggara negara lainnya untuk memelihara budi pekerti yang luhur

25.    Peserta didik dapat menunjukkan wujud pelaksanaan Pancasila dalam bidang politik

26.    Peserta didik dapat menunjukan yang bukan wujud sikap positif dalam lingkungan keluarga terhadap pokok pikiran Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945

27.    Peserta didik dapat menunjukan wujud sikap positif dalam lingkungan sekolah terhadap pokok pikiran Pembukaan UUD Negara RI tahhun 1945

28.    Peserta didik dapat menunjukan sikap yang mencerminkan sikap religius di lingkungan sekolah

29.    Peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap Pancasila sila ketiga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

30.    Peserta didik dapat menunjukan contoh sikap positif terhadap pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945

31.    Peserta didik dapat menunjukan contoh sikap positif terhadap Pancasila sila pertama dalam kehidupan masyarakat

32.    Peserta didik dapat menyebutkan jumlah anggota DPR yang sesuai dengan Undang-undang

33.    Peserta didik dapat menyebutkan landasan yuridis kedaulatan NKRI

34.    Peserta didik dapat menyebutkan presiden pengganti presiden Soeharto pada masa orde baru

35.    Peserta didik dapat menyebutkan tugas BPK menurut pasal 23E UUD 1945

36.    Peserta didik dapat menyebutkan sifat pokok kedaulatan

37.    Peserta didik dapat menyebutkan bentuk-bentuk kedaulatan

38.    Peserta didik dapat menyebutkan ahli tata Negara dari Perancis yang membagi sifat pokok kedaulatan

39.    Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian kedaulatan

40.    Peserta didik dapat menyimpulkan definisi teori kedaulatan hukum

41.    Peserta didik dapat menyebutkan tokoh pelopor teori kedaulatan Tuhan

42.    Peserta didik dapat menyebutkan dasar hokum kedaulatan rakyat dalam NKRI

43.    Peserta didik dapat menjelaskan isi pasal 1 ayat (3) UUD Negara RI tahun 1945

44.    Peserta didik dapat menyebutkan alinea yang berisi tentang tujuan Negara Indonesia

45.    Peserta didik dapat menyebutkan perkembangan demokrasi di Negara RI

46.    Peserta didik dapat mengidentifikasi  kelemahan dalam pelaksanaan sistem Pancasila dalam masa orde baru

47.    Peserta didik dapat menyebutkan UU tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD

48.    Peserta didik dapat menyimpulkan definisi komisi yudisial

49.    Peserta didik dapat menyebutkan isi dari TRITURA

50.    Peserta didik dapat menyimpulkan  pengertian hak interpelasi

 

 

Seni Budaya

1.        Mendiskripsikan pengertian seni lukis

2.        Mengidentifikasi tujuan berkarya seni lukis

3.        Mengidentifikasi aliran seni lukis

4.        Mendiskripsikan pengertian representatif

5.        Mengidentifikasi gaya seni rupa yang termasuk represntatif

6.        Mendiskripsikan pengertian gaya surealisme

7.        Mendiskripsikan pengertian ekspresionisme

8.        Mengidentifikasi gaya lukisan(gambar)

9.        Menyebutkan tokoh

10.    Mendiskripsikan pengertian barong

11.    Mendiskripsikan pengertian salah satu teknik melukis

12.    Mengidentifikasi tema seni lukis

13.    Mengidentifikasi aktifitas sehari-hari

14.    Menyebutkan alat dan bahan melukis

15.    Mengidentifikasi karakter cat

16.    Mengidentifikasi bahan kanvas

17.    Mendiskripsikan pengertian patung

18.    Mendiskripsikan pengertian patung sebagai fungsi fisik

19.    Menjelaskan jenis-jenis patung menurut perwujudannya

20.    Mengidentifikasi bahan dalam berkarya seni patung

21.    Mengidentifikasi alat alat yang  digunakan dalam berkarya seni patung

22.    Mendiskripsikan pengertian teknik assambling

23.    Mendiskripsikan pengertia mozaik

24.    Mendiskeipsikan pengertian teknik membutsir

25.    Mendiskripsikan pengertian patung sebagai fungsi sosial

26.    Mengidentifikasi jenis-jenis musik  modern yang berkembang di Indonesia.

27.    Menyebutkan musisi Indonesia

28.    Mendiskripsikan pengertian ambitus

29.    Mengidentifikasi wilayah nada

30.    Menyebutkan suara wanita

31.    Mendiskripsikan pengetian resonansi

32.    Mendiskripsikan pengertian resonansi kepala

33.    Mendiskripsikan pengertian artikulasi

34.    Mendiskripsikan pengertian prashering

35.    Mendiskripsikan pengertian ekspresi

36.    Mengidentifikasi jenis-jenis resonansi

37.    Mendiskripsikan pengertian improvisasi

38.    Mengidentifikasi tiga unsur lagu

39.    Mendiskripsikan pengertian vokal group

40.    Mendiskripsikan pengertian intro

41.    Mendiskripsikan pengertian koda/ekor lagu

42.    Mengidentifikasi karakter vokal group

43.    Menjelaskan cara mengaransmen lagu

44.    Menyebutkan langkah-langkah mengaransm

45.    Mendiskripsikan pengertian arranger

46.    Mengidentifikasi melodi lagu

47.    Mengidentifikasi melodi lagu

48.    Mengidentifikasi bentuk lagu Laskar Pelangi

49.    Mediskripsikan pengertian melodi

50.    Pengertian lagu jaz

 

 

Bahasa Jawa

1.        Siswa dapat mengidentiikasi isi cerita Ramayana(Anoman Duta)

2.        Siswa dapat mengidentiikasi tokoh cerita Ramayana(Anoman Duta)

3.        Siswa dapat mengidentiikasi isi cerita Ramayana(Anoman Duta)

4.        Siswa dapat mengidentiikasi isi cerita Ramayana(Anoman Duta)

5.        Siswa dapat mengartikan kata yang sulit pada cerita Ramayana(Anoman Duta)

6.        Siswa dapat mengartikan kata yang sulit pada cerita Ramayana(Anoman Duta)

7.        Siswa dapat mengartikan kata yang sulit pada cerita Ramayana(Anoman Duta)

8.        Siswa dapat mengidentiikasi tokoh cerita Ramayana (Anoman Duta)

9.        Siswa dapat mengidentifikasi pesan yang terdapat pada cerita Ramayana (Anoman Duta)

10.    Siswa dapat mengidentifikasi isi cerita Ramayana(Anoman Duta)

11.    Siswa dapat mengartikan kata yang sulit yang terdapat pada cerita Ramayana(Anoman Duta)

12.    Siswa dapat mengidentifikasi isi cerita Ramayana (Anoman Duta)

13.    Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsik cerita Ramayana (Anoman Duta)

14.    Siswa dapat mengidentifikasi jenis tembang Macapat

15.    Siswa dapat mengartikan kata yang sulit yang terdapat pada tembang Dhandanggula

16.    Siswa dapat mengartikan kata yang sulit yang terdapat pada tembang Dhandanggula

17.    Siswa dapat mengidentifikasi pesan yang terdapat pada tembang Dhandanggula

18.    Siswa dapat menyebutkan sikap yen di nyek

19.    Siswa dapat menyebutkan watak tembang dandhanggula

20.    Siswa dapat mengidentifikasi guru gatra pada tembang dhandanggula

21.    Siswa dapat  mengidentifikasi paugeran tembang macapat

22.    Siswa dapat mengidentifikasi  paugeran tembang macapat

23.    Siswa dapat mengidentifikasi  paugeran tembang macapat

24.    siswa dapat menyebutkan isi syair  tembang Dhandhanggula

25.    Siswa dapat mengubah tulisan dari huruf latin ke huruf jawa

26.    Siswa dapat mengubah tulisan dari huruf latin ke huruf jawa

27.    siswa dapat menyebutkan isi syair tembang Dhandhanggula

28.    Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur intrinsik sandiwara

29.    Siswa dapat mendeskripsikan unsur intrinsik latar/setting

30.    Siswa dapat mendeskripsikan unsur intrinsik alur

31.    Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsik tokoh

32.    Siswa dapat mendeskripsikan unsur intrinsik amanat

33.    Siswa dapat memahami isi dari teks sandiwara

34.    Siswa dapat memahami isi dari teks sandiwara

35.    Siswa dapat memahami isi dari teks sandiwara

36.    Siswa dapat mengartikan kata yang sulit dari teks sandiwara

37.    Siswa dapat menyebutkan pesan yang terdapat pada teks sandiwara

38.    Siswa dapat mengidentifikasi watak dari tokoh pada teks sandiwara

39.    Siswa dapat mengidentifikasi contoh upacara adat

40.    Siswa dapat memahami isi teks deskripsi tentang upacara adat

41.    Siswa dapat memahami isi teks deskripsi tentang upacara adat

42.    Siswa dapat mengartikan kata yang sulit dari teks deskripsi tentang upacara adat

43.    Siswa dapat mengartikan kata yang sulit dari teks deskripsi tentang upacara adat

44.    Siswa dapat menyebutkan contoh upacara adat

45.    Siswa dapat menyebutkan tata cara didalam upacara adat

46.    Siswa dapat memahami urutan dalam upacara adat

47.    Siswa dapat mengidentifikasi contoh upacara adat

48.    Siswa dapat mengidentifikasi contoh upacara adat

49.    Siswa dapat mengidentifikasi contoh upacara adat

50.    Siswa dapat menyebutkan tujuan dari upacara adat

 

 

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

1.        Siswa dapat mengetahui macam-macam rangkaian gerak variasi dan kombinasi pada permainan sepak bola

2.        Siswa dapat mengetahui teknik-teknik menendang bola dalam permainan sepak bola

3.        Siswa dapat memahami variasi dan kombinasi gerak dalam permainan sepak bola

4.        Siswa dapat memahami variasi dan kombinasi gerak dalam permainan sepak bola

5.        Siswa dapat mengetahui permainan bola voli

6.        Siswa dapat mengetahui teknik dasar blocking dalam permainan  bola voli

7.        Siswa dapat mengetahui teknik dasar smash dalam permainan  bola voli

8.        Siswa dapat menjelaskan cara melakukan teknik dasar servis  bola voli

9.        Siswa dapat mengetahui tujuan dari gerak dasar permainan bola basket

10.    Siswa dapat memahami gerakan shooting dalam permainan bola basket

11.    Siswa dapat mengetahui nilai atau skor dalam melakukan shooting

12.    Siswa dapat mengetahui peraturan permainan rounders

13.    Siswa dapat mengetahui gerak spesifik dalam permainan rounders

14.    Siswa dapat mengetahui teknik lemparan dalam permainan rounders

15.    Siswa dapat menjelaskan teknik dasar dalam tenis meja

16.    Siswa dapat memahami teknik pukulan dalam tenis meja

17.    Siswa dapat memahami jenis pukulan tenis meja

18.    Siswa dapat memahami teknik variasi dan kombinasi dalam permainan tenis meja

19.    Siswa dapat mengetahui inti dari permainan bulutangkis

20.    Siswa dapat mengetahui gerak spesifik pukulan dalam permainan bulutangkis

21.    Siswa dapat mengetahui jenis pukulan dalam permainan bulutangkis

22.    Siswa dapat menjelaskan tahapan gerak kombinasi bulutangkis

23.    Siswa dapat mengetahui peraturan dalam lomba estafet

24.    Siswa dapat memahami teknik perpindahan tongkat lari estfet

25.    Siswa dapat mengetahui peraturan dalam lomba estafet

26.    Siswa dapat memahami strategi lari estafet

27.    Siswa dapat memahami teknik pertahanan dalam pencak silat

28.    Siswa dapat memahami pola permainan pencak silat

29.    Siswa dapat memahami jurus dalam pencak silat

30.    Siswa dapat memahami teknik mengunci lawan dalam pencak silat

31.    Siswa dapat mengetahui latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani

32.    Sisawa dapat mengatahui faktor yang mempengaruhi kecepatan

33.    Sisawa dapat membedakan gerakan peregangan

34.    Sisiwa dapat mengetahui bentuk latihan unutk meningkatkan kebugaran jasmani

35.    Siswa dapat memahami gerakan loncat harimau

36.    Siswa dapat memahami gerakan sikap lilin

37.    Siswa dapat mengetahui gerakan meroda

38.    Siswa dapat memahami gerakan guling lenting

39.    Siswa dapat mengetahui tujuan dalam melakukan peregangan dalam senam irama

40.    Siswa dapat mengetahui intensitas latihan senam irama

41.    Siswa dapat mengetahui teknik dasar senam irama

42.    Siswa dapat memahami gerak langkah dalam senam irama

43.    Siswa dapat memahami gerakan renang gaya bebas

44.    Siswa dapat mengetahui teknik renang gaya bebas 

45.    Siswa dapat mengetahui fase gerakan lengan  renang gaya bebas

46.    Siswa dapat mengetahui cara pengambilan nafas pada renang gaya bebas

47.    Siswa dapat mengetahui fungsi peralatan P3K

48.    Siswa dapat mengetahui fungsi dari obat-obatan

49.    Siswa dapat memahami P3K

50.    Siswa dapat mengetahui peralatan P3K

 


 Selamat Belajar !

1 komentar: