KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
KELAS 9 (SEMBILAN)
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Bahasa Indonesia
1. Disajkan 4 paragraf (dari genre teks berbeda-beda), peserta didik dapat menentukan paragraf laporan percobaan.
2. Disajikan kutipan teks laporan percobaan yang bagian-bagiannya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan informasi yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat;
3. Peserta didik dapat menentukan ciri teks laporan percobaan berdasarkan teks tersebut;
4. Peserta didik dapat menentukan alasan teks tersebut termasuk salah satu bagian teks laporan percobaan (tujuan/percobaan/prosedur/hasil percobaan/pembahasan) dengan tepat.
5. Disajikan data berupa tabel hasil percobaan, peserta didik dapat menentukan bagian teks laporan percobaan;
6. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi tabel dengan tepat.
7. Disajikan 2 paragraf yang kalimat-kalimat pada salah satu paragrafnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan paragraf yang berisi informasi umum objek yang dibahas dengan tepat;
8. Peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata teknis/istilahbidang tertentu (pertanian/kesehatan/lingkungan/biologi) dengan tepat;
9. Peserta didik dapat menentukan kata kerja aktif dengan tepat.
10. Disajikan 4 kalimat yang menggunakan konjungsi, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi (hubungan sebab/akibat) dengan tepat.
11. Disajikan 4 paragraf yang ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan paragraf yang bukan teks pidato persuasif dengan tepat.
12. Disajikan kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menentukan topik dengan tepat;
13. Peserta didik dapat menentukan tujuan dengan tepat;
14. Peserta didik dapat menentukan argumen yang disampaikan orator dengan tepat.
15. Disajikan teks pidato persuasif yang bagian-bagiannya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan bagian pernyataan posisi dengan tepat;
16. Peserta didik dapat menentukan bagian penguatan pernyataan posisi dengan tepat;
17. Peserta didik dapat menentukan bagian yang berisi ajakan orator dengan tepat.
18. Disajikan sebuah paragraf yang kalimat-kalimatnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata emotif dengan tepat.
19. Disajikan sebuah paragraf yang kalimat-kalimatnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat aktif dengan tepat.
20. Disajikan 4 kalimat yang ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berisi kata bersinonim.
21. Disajikan kutipan teks cerpen yang bagian-bagiannya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat;
22. Peserta didik dapat menentukan bukti karakter tokoh dengan tepat;
23. Peserta didik dapat menentukan teknik penyajian penokohan dengan tepat;
24. Peserta didik dapat menentukan sudut pandang yang digunakan pengarang dengan tepat.
25. Disajikan kutipan teks cerpen yang bagian-bagiannya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan pernyataan (peristiwa pokok) yang sesuai dengan cerita tersebut dengan tepat;
26. Peserta didik dapat menentukan bagian penyelesaian (resolusi) dengan tepat;
27. Peserta didik dapat menentukan penyebab konflik padakutipanceritatersebut dengan tepat;
28. Peserta didik dapat menentukan akibat konflik padakutipanceritatersebut dengan tepat;
29. Disajikan sebuah paragraf yang kalimat-kalimatnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berisi majas (personifikasi/litotes/hiperbola/metafora) dengan tepat;
30. Peserta didik dapat menentukan kalimat ekspresif pada cerita tersebut dengan tepat.
31. Disajikan 4 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat kutipan teks ulasan dengan tepat.
32. Disajikan sebuah paragraf teks tanggapan yang kalimat-kalimatnya ditandai dengan nomor, peserta didik dapat menentukan kritik/pujian pada teks tersebut dengan tepat;
33. peserta didik dapat menentukan kritik/pujian pada teks tersebut dengan tepat;
34. Disajikan sebuah paragraf teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan bagian konteks dengan tepat;
35. Peserta didik dapat menentukan bagian deskripsi dengan tepat;
36. Peserta didik dapat menentukan bagian penilaian dengan tepat.
37. Disajikan dua paragraf kutipan teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan perbedaan penyajian tanggapan dengan tepat.
38. Disajikan 4 kalimat berisi pujian terhadap sebuah karya (cerpen/lukisan/film/buku), peserta didik dapat menentukan kalimat pujian yang santun dengan tepat.
39. Disajikan sebuah paragraf berisi tanggapan terhadap sebuah karya (cerpen/lukisan/film/buku), peserta didik dapat menentukan kata yang dianggap sukar dengan tepat.
40. Disajikan sebuah paragraf berisi tanggapan terhadap sebuah karya (cerpen/lukisan/film/buku), peserta didik dapat menentukan kalimat tanggapanyang sesuaidengan teks tersebut.
41. Disajikan sebuah paragraf yang dirumpangkan, peserta didik dapat menuliskan 4 kata tugas untuk melengkapi paragraf dengan tepat.41
42. Disajikan sebuah paragraf salah satu bagian teks persuasif (pendahuluan/isi/penutupan), peserta didik dapat menentukan bagian teks pidato persuasif disertai alasan dengan tepat.42
43. Disajikan cuplikan teks cerpen, peserta didik dapat menuliskan watak tokoh
44. Peserta didik dapat menentukan teknik penyajian penokohan dengan tepat.
45. Disajikan sebuah kalimat ekspresif, peserta didik dapat menjelaskan maksud kalimat tersebut dengan tepat.
46. Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan bagian struktur cerpen.
47. Peserta didik dapat menentutakan tema cerpen
48. Peserta didik dapat menentukan makna kata
49. Peserta didik dapat menentukan latar suasana
50. Disajikan kalimat-kalimat acak, peserta didik dapat mengurutkan menjadi langkah-langkah menyusun cerpen
Al-Qur'an Hadits
1. Menyebutkan ilmu untuk mempelajari bacaan Al Quran
2. Menyebutkan hukum mempelajari ilmu tajwid
3. Menyebutkan hukum membaca Al Quran dengan benar
4. Menunjukan contoh bacaan Mad Lazim Mutsaqal kilmi
5. Menjelaskan alasan lafadz dibaca Mad lazim Mutsaqal kilmi
6. Menunjukan contoh bacaan Mad Lazim Mutsaqal kilmi dalam QS Al Fatihah
7. Menentukan istilah yang sesuai dengan pernyataan tentang hukum bacaan Al Quran
8. Menunjukan contoh bacaan Mad Lazim Mukhafaf kilmi dalam Al Quran
9. Menunjukan slah satu huruf yang termasuk huruf Mad Mutsaqal Harfi
10. Menunjukan contoh bacaan Mad Mtsaqal harfi
11. Menjelskan panjang bacaan mad lazim mutsaqal harfi
12. Menunjukan huruf mad lazim mutsaqal harfi
13. Menjelaskan cara membaca mad lazim mukhafaf harfi
14. Menjelaskan arti kata AL Muthafifin
15. Menyebutkan golongan QS Al Muthafifin
16. Menerjemahkan salah satu ayat QS AL Muthafifin
17. Menyebutkan orang yang dianggap celaka menurut QS Al Muthafifin ayat 1
18. Menyebutkan buku yang berisi catatan orang-orang durhaka dalam QS Al Muthafifin
19. Menjelaskan pengertian mu’tad
20. Menunjukan muamalh yng sering terjadi kecurangan takaran
21. Menyambung ayat salah satu QS Al Muthafifin
22. Menjelaskan akbitan sering malakukan kecurangan
23. Menjelaskan anggapan orang kafir terhadapa ayat-ayat Allah sesuai QS Al Muthafifin ayat 12
24. Menjelaskan alasan masyarakat tidak senang terhadap pengurangan takaran
25. Contok mengurangi takaran dlam bentuk lain
26. Menjelaskan isi perintah pada QS Al An’am ayat 152
27. Disajikan pernyataan, siswa menunjukan adab terhapap anak yatim
28. Menunjukan contoh perilaku terhadap anak yatim
29. Menunjukan ayat perintah menjaga anak ayatim dan menjaga takarn
30. Menunjukan lafadz yang mempunyai arti dosa
31. Menerjemahkan lafadz hadis riwayat AL Baihaqi tentang muamalah
32. Menerjemahkan lafadz hadis tentang muamalah
33. Menentukan lafadz sesuai dengan terjemah hadis tentang muamalah
34. Menyebutkan perowi hadis dari Ibnu Abbas tentang peringatan kepada para pedagang
35. Menyebutkan kaum yang dihancurkan karena kecurangan takaran
36. Menyebutkan Nabi yang diutus untuk menyempurnakan takaran
37. Menjelaskan sikap yang mendasari jual beli
38. Menyebutkan ayat perintah menyempurnakan takaran
39. Menyebutkan istilah yang berhubungan dengan jual beli
40. Menerjemahkan potongan hadis riwayat At tirmidzi tentang jujur dalam bermuamalah
41. Menerjemahkan potongan hadis riwayat At tirmidzi tentang jujur dalam bermuamalah
42. Menyebutkan hukum jual beli
43. Meneybutkan istilah hukum barang antara halal dan haram
44. Menyebutkan keutamaan/balasan pedangan jujur
45. Menjelaskan isi kandungan hadis Riwayat Baihaqi tentang muamalah
46. Menunjukan lafadz sesuai terjemah hadis riwayat At tirmidzi
47. Mengmenjelaskan isi pesan hadis dari Hasan Bin Ali Ra riwayat At tirmidzi
48. Menjelaskan pembagian sikap jujur menurut pendapat ualam
49. Menyebutkan aspek dalam bermuamalah
50. Menyebutkan dasar hukum bermuamalah
Matematika
1. Siswa dapat menghitung hasil pangkat negative dari suatu bilangan
2. Siswa dapat menghitung akar dari suatu bilangan
3. Siswa dapat menghitung penjumlahan bilangan berpangkat
4. Siswa dapat menghitung perkalian dan pembagian bilangan berpangkat
5. Siswa dapat menentukan bentuk baku dari suatu bilangan
6. Siswa dapat menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan berakar
7. Siswa dapat merasionalkan bentuk akar dari a/√b
8. Siswa dapat menentukan akar-akar persamaan jika a = 1
9. Siswa dapat menentukan hasil kali akar persamaan kuadrat
10. Disajikan grafik fungsi kuadrat. Siswa dapat menentukan persamaan fungsi kuadrat
11. Siswa dapat menentukan titik potong sumbu x jika diketahui persamaan kuadratnya
12. Siswa dapat menentukan persamaan kuadrat jika diketahui akar-akarnya
13. Siswa dapat menentukan hasil translasi titik K (x,y) oleh translasi (a, b)
14. Siswa dapat menentukan bayang suatu titik yang diketahui titik koordinatnya jika dicerminkan terhadap sumbu x
15. Siswa dapat menentukan koordinat bayangan titik P (x,y) diputar 900 berlawanan arah jarum jam dengan pusat O (0,0)
16. Siswa dapat menentukan bayangan akhir titik A jika diputar (O,-900) kemudian dicerminkan terhadap sumbu y
17. Siswa dapat menentukan koordinat bayangan titik D (x,y) jika didilatasikan terhadap [O,a]
18. Siswa dapat menentukan pasangan sudut yang sama besar jika diketahui sisi yang bersesuaian sama panjang
19. Siswa dapat menentukan dua bangun datar yang pasti sebangun
20. Siswa dapat menentukan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian jika diketahui besar sudut dari sebuah segitiga
21. Siswa dapat menentukan lebar jendela sebenarnya,jika diketahui lebar jendela dan pintu pada gambar.
22. Siswa dapat menentukan syarat dua segitiga sebangun jika disajikan gambar dua buah segitiga
23. Disajikan gambar segitiga Siswa dapat menghitung sisi yang belum diketahui
24. Disajikan gambar Trapesium, siswa dapat menghitung panjang sisi yang belum diketahui
25. Siswa dapat menentukan lebar karton yang tidak tertutup oleh foto
Fikih
1. Menjelaskan tata cara menyembelih binatang
2. Menentukan hukum dalam penyembelihan binatang
3. Menjelaskan syarat binatang yang disembelih
4. Mennyebutkan syarat alat untuk menyembelih binatang
5. Menjelaskan pengertian kurban
6. Menyebutkan tujuan pelaksanaan kurban
7. Menjelaskan dalil tentang kurban
8. Menjelaskan syarat binatang yang sah untuk berkurban
9. Menyebutkan cacat pada binatang yang menyebabkan tidak sah untuk berkurban
10. Menjelaskan manfaat dari kurban
11. Menjelaskan pengertian akikah
12. Menyebutkan jumlah binatang akikah untuk bayi perempuan
13. Menjelaskan waktu pemberian nama untuk bayi
14. Menjelaskan waktu pelaksanaan akikah
15. Menjelaskan cara pembagian daging akikah
16. Menjelaskan pengertian jual beli
17. Menyebutkan syarat barang yang boleh diperjual belikan
18. Menyebutkan hukum jual beli
19. Mengidentifikasi jenis jual beli yang sah tapi dilarang oleh agama
20. Mengidentifikasi bentuk jual beli yang terlarang karena kurang syarat dan rukun
21. Menjelaskan pengertian khiyar
22. Menjelaskan pengertian khiyar majlis
23. Menyebutkan dalil tentang khiyar
24. Menjelaskan pengertian qirad
25. Menyebutkan hukum qirad
26. Menyebutkan rukun-rukun qirad
27. Menjelaskan pengertian riba
28. Menyebutkan dalil tentang riba
29. Menjelaskan pengertian riba fadhli
30. Mengidentifikasi contoh riba
31. Menyebutkan manfaat diharamkannya riba
32. Menjelaskan cara menghindari riba
33. Menjelaskan pengertian pinjam meminjam
34. Menyebutkan dalil tentang pinjam meminjam
35. Mengidentifikasi hukum pinjam meminjam
36. Menjelaskan manfaat dari pinjam meminjam
37. Menyebutkan contoh pelaksaan pinjam meminjam
38. Menjelaskan rukun-rukun ariyah
39. Menjelaskan pengertian ariyah muqayyadah
40. Menjelaskan kewajiban bagi peminjam
41. Menjelaskan syarat orang yang meminjam
42. Menjelaskan berakhirnya ariyah
43. Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pinjam meminjam
44. Menjelaskan pengertian wadi’ah
45. Menyebutkan rukun-rukun wadi’ah
46. Mengidentifikasi hukum dalam wadi’ah
47. Menjelaskan pengertian wadi’ah yad al-amanah
48. Menyebutkan contoh wadi’ah yad al-dhamanah
49. Menyebutkan jenis barang wadi’ah
50. Menyebutkan contoh pelaksaan wadi’ah al-amanah
Bahasa Arab
1. Mengetahui waktu perayaan peringatan hari besar islam
2. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
3. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
4. Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana
5. Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana
6. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
7. Menentukan keterangan waktu yang tepat
8. Menentukan Fi’il yang tepat dan keterangan waktu yang tepat
9. Menentukan keterangan waktu yang tepat
10. Menerjemahkan kalimat dengan tepat
11. Menentukan persamaan kata (sinonim)
12. Menentukan lawan kata (antonim)
13. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
14. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
15. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
16. Melengkapi dialog dengan menyesuaikan pertanyaan
17. Melengkapi dialog dengan menyesuaikan pertanyaan
18. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
19. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
20. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
21. Mengetahui hari kelahiran nabi muhammad SAW
22. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
23. Menentukan susunan kalimat yang benar
24. Menentukan struktur kalimat dengan benar
25. Menentukan susunan kalimat yang benar
26. Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana yang tersedia
27. Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana yang tersedia
28. Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana yang tersedia
29. Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana yang tersedia
30. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
31. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
32. Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana
33. Menentukan jawaban yang tepat sesuai wacana
34. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
35. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
36. Mengetahui wahyu yang di turunkan melalui malaikat jibril
37. Mengetahui cara diturunkanya al quran
38. Mengetahui fungsi al quran dalam bentuk kalimat
39. Mengetahui istilah tidak bisa membaca dan menulis
40. Mengetahui usia nabi ketika di angkat menjadi nabi/rosul
41. Menerjemahkan kalimat dengan tepat
42. Mengetahui tempat pertama kali diturunkanya al quran
43. Menentukan kalimat yang benar tarkibnya
44. Menentukan kalimat yang benar tarkibnya
45. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
46. Menentukan susunan kalimat yang benar dari dari kata kata acak dengan benar
47. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
48. Menentukan kosa kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang
49. Menerjemahkan kalimat dengan tepat
50. Menerjemahkan kalimat dengan tepat
Ke-NU-an
Belum Tersedia !
Bahasa Inggris
1. Disajikan gambar sebuah peristiwa. Peserta didik dapat menentukan ungkapan congratulation yang sesuai dengan gambar.
2. Disajikan sebuah percakapan pendek rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan respon ungkapan ucapan selamat yang tepat
3. Disajikan sebuah percakapan pendek rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan ungkapan harapan yang tepat.
4. Disajikan sebuah percakapan pendek rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan respon ungkapan harapan yang tepat.
5. Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa pesan pendek, peserta didik dapat menentukan tujuan pesan dalam teks tersebut.
6. Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa pesan pendek, peserta didik dapat menentukan makna dalam teks tersebut.
7. Diberikan percakapan rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan ungkapan setuju dan tidak setuju.
8. Diberikan percakapan rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan ungkapan setuju dan tidak setuju.
9. Diberikan percakapan rumpang, peserta didik dapat melengkapi rumpang dari percakapan dengan ungkapan setuju dan tidak setuju.
10. Diberikan percakapan pendek rumpang., peserta didik dapat menentukan kata sambung yang tepat
11. Diberikan percakapan pendek rumpang., peserta didik dapat menentukan kata sambung yang tepat
12. Diberikan sebuah percakapan pendek yang memuat ungkapan setuju dan tidak setuju, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat dari ungkapan setuju dan tidak setuju.
13. Diberikan sebuah percakapan pendek yang memuat ungkapan setuju dan tidak setuju, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat dari ungkapan setuju dan tidak setuju.
14. Diberikan sebuah percakapan pendek yang memuat ungkapan setuju dan tidak setuju, peserta didik dapat enentukan jenis ungkapan dari dialog tersebut.
15. Diberikan percakapan pendek rumpang., peserta didik dapat menentukan kata sambung yang tepat.
16. Diberikan percakapan pendek rumpang., peserta didik dapat menentukan kata sambung yang tepat.
17. Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label produk minuman, peserta didik dapat menentukan informasi tertentu terkait label tersebut
18. Diberikan sebuah teks fungsional pendek yang sama, peserta didik dapat menentukan informasi tersurat terkait label tersebut
19. Diberikan sebuah teks fungsional pendek yang sama, peserta didik dapat menentukan informasi rinci tersirat terkait label tersebut
20. Diberikan sebuah teks fungsional pendek yang sama, peserta didik dapat enentukan tujuan dari teks tersebut.
21. Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label produk obat, peserta didik dapat menentukan gambaran umum teks tersebut.
22. Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label yang sama, peserta didik dapat menentukan persamaan kata dari sebuah kata yang ditunjuk dalam teks.
23. Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label yang sama, peserta didik dapat menentukan informasi tersurat dalam teks tersebut.
24. Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label produk obat, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat teks tersebut.
25. Diberikan sebuah teks fungsional pendek berupa label yang sama, peserta didik dapat menentukan persamaan kata dari sebuah kata yang ditunjuk dalam teks.
26. Disajikan teks prosedur tentang minuman, siswa dapat melengkapi dengan kata terkait informasi tersirat teks tersebut dengan tepat.
27. Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
28. Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata yang digarisbawahi dari teks tersebut dengan tepat
29. Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan rujukan kata yang digarisbawahi dari teks tersebut dengan tepat
30. Disajikan teks prosedur tentang makanan, siswa dapat menentukan tujuan penulisan teks tersebut dengan tepat.
31. Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi tersirat teks tersebut dengan tepat.
32. Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi rinci tersirat teks tersebut dengan tepat.
33. Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata yang digarisbawahi dari teks tersebut dengan tepat
34. Disajikan teks prosedur tentang manual, siswa dapat menentukan rinci tersurat teks tersebut dengan tepat.
35. Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan informasi tersirat teks tersebut dengan tepat.
36. Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan tujuan penulisan dari teks tersebut dengan tepat.
37. Disajikan kutipan kalimat dari teks yang sama, siswa dapat menentukan makna kata yang digarisbawahi dari teks tersebut dengan tepat
38. Disajikan kalimat rumpang tentang present continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
39. Disajikan kalimat rumpang tentang present continous tense, siswa dapat melengkapi kata dengan tepat.
40. Disajikan kalimat interrogative rumpang tentang present continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yangtepat.
41. Disajikan kalimat rumpang tentang past continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
42. Disajikan kalimat rumpang tentang future continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat..
43. Disajikan kalimat negatif rumpang tentang future continous tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
44. Disajikan percakapan, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat tentang present continous tense yang tepat
45. Disajikan percakapan, siswa dapat menentukan informasi tersurat tentang past continous tense yang tepat.
46. Disajikan percakapan, siswa dapat menentukan informasi tersirat tentang past continous tense yang tepat
47. Disajikan kalimat tentang present perfect tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
48. Disajikan kalimat interrogative rumpang tentang present perfect tense, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
49. Disajikan kata acak tentang past continous tense, siswa dapat menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang bermakna.
50. Disajikan kata acak tentang present perfect tense, siswa dapat menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang bermakna.
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
1. Menjelaskan Kondisi kepercayaan masyarakat Nusantara sebelum kedatangan Islam
2. Menjelaskan cara masuknya Islam melalui perdagangan
3. Menjelaskan cara masuknya Islam melalui social/ perkawinan
4. Menjelaskan cara masuknya Islam melalui pendidikan
5. Menjelaskan cara Dakwah agar cepat mudah diterima di masyarakat
6. Menganalisa teori masuknya Islam ke Nusantara padaabadke- 7 M
7. Menyebutkan bukti dasar masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke 11-13 M
8. Menyebutkan kelompok pembawa agama Islam kewilayah Nusantara
9. Menjelaskan perjalanan para pedagang Arab/penyiaran Islam berdakwahke Nusantara
10. Menjelaskan daerah yang pertama kali menerima islam
11. Menganalisa factor social yang menyebabkan mudahnya Islam di terima oleh masyarakat Hindu
12. Menyebutkan factor dari ajaran yang menjadikan masyarakat Nusantara dapat mudah menerima agama Islam
13. Menunjukan bukti-bukti peninggalan para penyebar agama Islam dengan tidak menodai perjuangan mereka kearah anarkis (mengandung kekerasan).
14. Menjelaskan proses penyebaran Islam di Makasar Sulawesi
15. Menunjukan bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan Islam di Indonesia
16. Menyebutkan nama-nama kerajaan di Jawa yang bercorak Islam
17. Menyebutkan kerajaan Islam pertama yang berdiri di wilayah Jawa
18. Menjelaskan masa kejayaan kerajaan Mataram
19. Menyebutkan tokoh pendiri kerajaan Cirebon
20. Menyebutkan sultan yang membawa kejayaan kerajaan Banten
21. Menyebutkan sultan pertama yang berkuasa di kerajaan Samudra Pasai
22. Menjelaskan sumber sejarah kerajaan Aceh Darussalam
23. Menyebutkan nama-nama sultan yang pernah berkuasa di kerajaan Aceh Darussalam
24. Mengindentifikasi kemajuan kesultanan Aceh Darussalam
25. Mengindentifikasi kerajaan terkenal yang bercorak Islam diwilayah Sulawesi.
26. Menyebutkan tokoh sultan yang terkenal yang mebawa kejayaan kerajaan Gowa di Sulawesi.
27. Menjelaskan pengertian walisanga
28. Menyebutkanwali yang di anggap sebagai wali pertama yang mendakwahkan Islam di Jawa
29. Menyebutkan peranan Sunan Ampel dalam pendirian kerajaan Demak di wilayah Jawa
30. Menyebutkan peranan Sunan Giri dalam pemerintahan kerajaan di Jawa
31. Menyebutkan cara dakwah yang di lakukan oleh Sunan Bonang
32. Menjelaskan hasil karyaseni sunan Kalijaga yang digunakansebagai media dakwah Islam
33. Menyebutkan namawali yang melakukan dakwah dengan menggunakan kekuasaan.
34. Menyebutkan peran pondok pesantren dalam dakwah Islam
35. Menyebutkan nama lokasi pondok pesantren
36. Menjelaskan maksud pondok pesantren di Indonesia
37. Menyebutkan kesesuaian tradisi Islam nusantara dengan asal Daerahnya
38. Menyebutkan media dakwah sunan kali jaga dari cerita pewayangannya
39. Menjelaskan kesenian yang diiringi musik rebana dan ditampilkan dengan arak arakan
40. Menyebutkan upacara kematian daerah bugis
41. Menyebutkan nilai nilai yang terkandung dalam kesenian wayang
42. Menjelaskan fungsi upacara sekaten sebagai media dakwah zaman sekarang
43. Menyebutkan upacara dari daerah kampar riau yang dilaksanakan menjelang bulan romadhomdengan cara mandi menggunakan jeruk nipis
44. Menyebutkan seni budaya lokal yang bernapaskan Islam
45. Menyebutkan contoh kegiatan keagamaan kesenian lokal yang bernapaskan Islam
46. Menjelaskan sikap generasi milenial terhadap pertunjukan seni budaya lokal
47. Menjelaskan sarana dakwah yang masih bertahan sampai sekarang berdasarkan kuantitas pengunjung
48. Menjelaskan ciri kesenian qosidah
49. Menjelaskan kegiatan petang megeng/megengan
50. Menjelaskan pengertian Zapin
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
1. Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi pada pembelahan mitosis
2. Disajikan gambar tahapan pembelahan sel, siswa dapat menentukan gambar dari tahapan pembelahan yang dimaksud
3. Disajikan gambar organ reproduksi wanita, siswa dapat menjelaskan fungsi dari organ yang ditunjuk
4. Siswa dapat menyebutkan nama organ reproduksi pria dan fungsinya
5. Disajikan peristiwa oogenesis, siswa dapat menentukan hasil akhir dari oogenesis
6. Disajikan gambar siklus menstruasi, siswa dapat menjelaskan hubungan menstruasi dengan hormon dari gambar grafik
7. Disajikan gejala suatu penyakit, siswa dapat menyebutkan nama penyakit yang menyerang pada organ reproduksi tersebut
8. Siswa dapat menjelaskan penyakit pada kekebalan tubuh yang menular melalui organ reproduksi
9. Disajikan data, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri perkembangbiakan vegetatif
10. Siswa mampu menyebutkan contoh tanaman yang melakukan perkembangbiakan vegetatif alami
11. Siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif tanaman berbiji tertutup
12. Disajikan ciri-ciri bunga, siswa mampu menjelaskan jenis penyerbukan berdasarkan pada penghantarnya
13. Disajikan gambar proses perkembangbiakan suatu hewan, siswa mampu menyebutkan jenis perkembangbiakan vegetatif pada hewan dari gambar yang disajikan
14. Siswa mampu menyebutkan perkembangbiakan generatif dengan fertilisasi eksternal pada hewan
15. Siswa dapat menyebutkan contoh teknik perkembangbiakan vegetative buatan
16. Siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang bermetamorfosis sempurna
17. Siswa mampu menjelaskan alasan mendel dalam penelitiannya
18. Siswa dapat menentukan jumlah kromoson yang terdapat pada manusia dengan jenis kelamin tertentu
19. Siswa dapat menyebutkan penyakit yang diturunkan melalui kromosom X
20. Siswa mampu menjelaskan kemungkinan prosentase keturunan dari persilangan monohibrid
21. Siswa mampu menjelaskan tujuan utama dari proes persilangan
22. Siswa dapat menentukan jenis gamet yang diasilkan dari genotip tertentu
23. Disajikan data persilangan monohibrid, siswa dapat menentukan perbandingan fenotip pada F2 nya.
24. Disajikan data persilangan diibrid, siswa dapat menentukan perbandingan fenotip pada F2 nya.
25. Disajikan gambar, Siswa dapat memahami konsep atom
26. Disajikan gambar berupa benda bermuatan listrik, siswa mampu menentukan jenis muatan masing-masing benda jika salah satu jenis muatan benda diketahui
27. Disajikan gambar dua benda bermuatan listrik, siswa dapat menentukan besarnya gaya coulomb jika jarak kedua benda dirubah
28. Siswa dapat menyebutkan alat yang digunakan untuk mengetahui muatan suatu benda
29. Siswa dapat menentukan jenis muatan yang terbentuk gejala listrik statis dan alasannya
30. Siswa dapat menyebutkan zat yang berungsi mengahantarkahn rangsang listrik
31. Siswa dapat menentukan fungsi akson
32. Siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang dapat mengasilkan listrik yang sangat kuat
33. Siswa dapat menyebutkan contoh sumber tegangan yang menggunakan larutan asam sulfat sebaga elektrolitnya
34. Disajikan tabel hubungan antara kuat arus dengan tegangan. Siswa dapat menyimpulkan hasil analisisnya
35. Siswa dapat menentukan besarnya kuat arus I , sesuai dengan hukum I Kirchhoff
36. Siswa dapat menentukan jenis perubahan energi pada kehidupan sehari-hari
37. Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan besarnya beda potensial, juka komponen lain diketahui besarnya
38. Disajikan gambar peralatan rumah tangga, siswa dapat menentukan contoh peralatan yang dapat merubah energi listrik menjadi energi kalor
39. Disajikan data, siswa dapat menentukan besarnya energi listrik yang digunakan selama 30 hari
40. Siswa dapat menentukan upaya mengemat listrik
Akidah Akhlak
1. Peserta didik dapat menyebutkan pengertian hari akhir
2. Peserta didik menjelaskan golongan manusia dalam menanggapi hari kiamat
3. Disajikan surat al-hajj ayat 7, peserta didik menjelaskan makna ayat tersebut
4. Peserta didik dapat memilih yang merupakan tanda-tanda kiamat sughra
5. Peserta didik menjelaskan tanda-tanda kiamat kubra
6. Peserta didik dapat menyusun peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir
7. Peserta didik menjelaskan pengertian nama-nama lain hari akhir
8. Pesrta didik dapat menjelaskan pengertian Yaumul Mizan
9. Peserta didik menjelaskan pengertian nama-nama lain hari akhir
10. Peserta didik dapat menyebutkan hikmah beriman kepada hari akhir
11. Peserta didik dapat menjelaskan perilaku beriman pada hari akhir
12. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri oyang yang memiliki ilmu pengetahuan
13. Peserta didik dapat menafsirkan ayat al-qur’an yang bergaris bawah
14. Disajikan cerita seseorang, peserta didik dapat menjelaskan salah satu akhlak terpuji
15. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu akhlak terpuji
16. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu contoh akhlak terpuji
17. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari salah satu akhlak terpuji
18. Peserta didik dapat menyebutkan dampak positif dari orang yang berilmu
19. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang produktif
20. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang produktif
21. Peserta didi dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki perilaku inovatif
22. Peserta didik menjelaskan ciri-ciri orang yang suka bekerja keras
23. Disajikan HR.Bukhari dan Muslim, Peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam hadits tersebut
24. Disajikan HR.Bukhari dan Muslim, Peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam hadits tersebut
25. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian saudara
26. Disajikan beberapa ciri-ciri beradab islami kepada teman. Peserta didik dapat memilih ciri-ciri beradab islami kepada teman
27. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri bergaul dengan teman
28. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian tetangga menurut Jumhur Ulama
29. Peserta didik dapat memilih sikap bertetangga yang islami
30. Peserta didik dapat menjelaskan adab islami kepada tetangga
31. Peserta didik dapat menjelaskan adab islami kepada tetangga
32. Peserta didik dapat menjelaskan adab islami kepada tetangga
33. Peserta didik dapat mengidentifikasi sikap adab islami kepada tetangga
34. Peserta didik dapat menjelaskan hikmah beradab islami kepada saudara, teman dan tetangga
35. Peserta didik dapat menyebutkan nama ayah Umar Bin Khattab
36. Peserta didk dapat menyebutkan usia umar bin khattab ketika masuk islam
37. Peserta didik dapat menjelaskan sikap Umar bin khattab ketika sebelum masuk islam
38. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu gelar umar bin khattab
39. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu sifat yang paling menonjol dari umar bin khattab
40. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu umar bin khtattab
41. Peserta didik dapat menyebutkan contoh sikap hidup sederhana
42. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu sikap yang dapat diteladani dari kisah umar bin khattab
43. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hikmah dari keteladanan kisah umar bin khattab
44. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu contoh sifat dari keteladanan kisah umar bin khattab
45. Peserta didik dapat menyebutkan keteladanan yang dimiliki oleh umar bin khattab
46. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu sikap yang dapat diteladani dari kisah Aisyah r.a
47. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu sikap yang dapat diteladani dari kisah Aisyah r.a
48. Peserta didik dapat menjelaskan salah satu gelar Aisyah r.a
49. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu periwayat hadits yang memimpin solat jenazah Aisyah r.a
50. Peserta didik dapat menyebutkan nama ayah Umar Bin Khattab
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
1. Disajikan table tentang luas Benua Asia dan benua lainnya peserta didik dapat mengidentifikasi luas Benua Australia
2. Disajikan ilustrasi tentang bentang Benua Asia dan Benua Eropa, peserta didik dapat mengidentifikasi negara yang wilayahnya berada di dua benua tersebut.
3. Disajikan ilustrasi letak sebuah wilayah, peserta didik dapat menyebutkan letak astronomis Benua Asia
4. Disajikan peta Benua Amerika peserta didik dapat menyebutkan letak geografis Benua Amerika
5. Diberikan ilustrasi tentang Benua Eropa peserta didik dapat mengemukakan alasan Benua Eropa diberi julukan Benua Biru
6. Disajikan tabel pembagian region benua-benua di dunia, peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian region Benua Afrika
7. Diberikan data tentang negara-negara di dunia peserta didik dapat mengklasifikasikan negara-negara yang berada di wilayah Asia
8. Disajikan ilustrasi Negara Jepang, peserta didik dapat menjelaskan bentuk pemerintahan Negara Jepang
9. Disajikan ilustrasi kondisi geologiNegara Jepang, peserta didik dapat menjelaskan dampak kondisi geologi Negara Jepang
10. Disajikan gambar flora Jepang pesrta didik dapat mengidentifikasi flora yang menjadi ciri khas Negara Jepang
11. Disajikan ilustrasi tradisi-tradisi Negara Jepang, peserta didik dapat mengidentifikasi seni mengerdilkan tanaman yang berkembang di Jepang
12. Disajikan ilustrasi bentuk muka bumi Australia, peserta didik dapat menjelaskan nama dataran yang ada di Negara Australia
13. Disajikan ilustrasi berbagai macam fauna Australia, peserta didik dapat menyebutkan fauna yang menjadi symbol atau ikon Negara Australia
14. Disajikan ilustrai geologi negara Australia peserta didik dapat mengidentifikasi hasil tambang terbesar di Australia
15. Disaiikan ilustrasi kependudukan di Australia peserta didik dapat menyebutkan penduduk asli Australia
16. Disajikan ilustrasi ras penduduk Asia, peserta didik dapat menentukan ras penduduk Asia di region Timur
17. Disajikan ilustrasi agama-agama yang ada di Benua Asia peserta didik dapat menyebutkan tempat/negara lahirnya agama Hindu
18. Disajikan ciri-ciri atau karakteristik benua peserta didik dapat mengklasifikasikan ciri khas Benua Asia
19. Disajikan ilustrasi factor-faktor yang mempengaruhi kualitas penduduk peserta didik dapat menentukan kualitas penduduk di Australia
20. Disajikan data-data ciri-ciri atau karakteristik benua peserta didik dapat menentukan ciri khas Benua Australia
21. Disajikan ilustrasi pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara, peserta didik dapat memberi contoh pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial
22. Disajikan ilustrasi pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara, peserta didik dapat memberi contoh pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap pendidikan
23. Disajikan ilustrasi tentang perubahan social budaya, peserta didik dapat membedakan kebudayaan material dan immaterial
24. Disajikan gambar perubahan social budaya peserta didik dapat menentukan salah satu penyebab perubahan social budaya
25. Disajikan ilustrasi tentang pertambahan penduduk, peserta didik dapat menjelaskan bonus demografi
26. Disajikan ilustrasi tentang factor-faktor penyebab perubahan social budaya peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya perubahan social budaya
27. Dengan disajikan ilustrasi kehidupan masyarakat pedalaman, peserta didik dapat mengidentifikasi factor penghambat perubahan social budaya
28. Dengan disajikan ilustrasi proses pengaruh kebudayaan lain, peserta didik dapat menjelaskan proses asimilasi
29. Dengan disajikan ilustrasi proses pengaruh kebudayaan lain, peserta didik dapat menjelaskan definisi difusi
30. Disajikan ilustrasi pengertian cultural animosity, peserta didik dapat memberi contoh bentuk cultural animosity
31. Disajikan gambar mode pakaian, peserta didik dapat mngidentifikasi perubahan social budaya dilihat dari pengaruhnya
32. Disajikan ilustrasi tentang perubahan fasilitas umum disuatu tempat, peserta didik dapat menentukan perubahan social budaya dilihat dari perencanaannya
33. Disajikan ilustrasi globalisasi pesert didik dapat mendeskripsikankan pengertian globalisasi
34. Disajikan ilustrasi tentang bentuk-bentuk globalisasi peserta didik dapat menentukan globalisasi di bidang komunikasi
35. Disajikan ilustrasi globalisasi dibidang ekonomi peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian perdagangan bebas
36. Disajikan ilustrasi globalisasi dibidang ekonomi peserta didik dapat mengidentifikasi organisasi perdagangan bebas di kawasan tertentu
37. Disajikan ilustrasi globalisasi dibidang ekonomi peserta didik dapat mendeskripsikan ciri-ciri yang menandai globalisasi dibidang ekonomi
38. Disajikan ilustrasi tentang globalisasi di bidang IPTEK peserta didik dapat menentukan dampak globalisasi di bidang IPTEK
39. Disajikan ilustrasi tentang bentuk-bentuk globalisasi peserta didik dapat menentukan globalisasi di bidang transportasi
40. Disajikan ilustrasi pariwisata di purbalingga peserta didik dapat menyimpulkan globalisasi di bidang pariwisata
41. Disajikan gambar ikon M-Banking peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari fasilitas M-Banking
42. Diberikan ilustrasi tentang tenaga kerja asing, peserta didik dapat menyimpulkan dampak adanya tenaga kerja asing
43. Diberikan ilustrasi perekonomian suatu negara peserta didik dapat menganalisis globalisasi ekonomi dibidang perdagangan
44. Diberikan ilustrasi pengertian westernisasi peserta didik dapat menganalisis perilaku westrnisasi di masyarakat
45. Disajikan ilustrasi westrnisasi peserta didik dapat menyebutkan factor penyebab westernisasi
46. Diberikan daftar perilaku masyarakat peserta didik dapat membedakan dampak negative westrnisasi
47. Disajikan ilustrasi perilaku kenakalan remaja peserta didik dapat menganalisis penyebab terjadinya kenakalan remaja
48. Disajikan ilustrasi tentang upaya menghadapi globalisasi, peserta didik mengidentifikasi upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi dibidang budaya
49. Diberikan ilustrasi globalisasi komunikasi peserta didik dapat menunjukan perilaku siswa dalam menggunakan alat komunikasi secara tepat
50. Disajikan ilustrasi tentang pglobalisasi peserta didik dapat meunjukan perilaku siswa untuk menghadapi globalisasi ekonomi
Prakarya
Belum Tersedia !
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
1. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan ciri- ciri pelaksanaan demokrasi Pancasila dari masa ke masa
2. Peserta didik dapat menunjukkan pemberotakan yang terjadi pada masa awal kemerdekaan
3. Peserta didik dapat menunjukkan pemberontakan yang terjadi pada masa awal kemerdekaan
4. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian ideologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
5. Peserta didik dapat menunjukkan perwujudan nilai Pancasila
6. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan nilai- nilai yang harus ada sebagai syarat Pancasila sebagia ideologi terbuka
7. Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian dimensi sebgai ideologi terbuka
8. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan ciri-ciri ideologi terbuka
9. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai- nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan
10. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan perwujudan pelaksanaan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari- hari
11. Peserta didik dapat menunjukkan alasan utama Pancasila sebagai ideologi dapat diterima oleh bangsa Indonesia
12. Peserta didik dapat menunjukkan keunggulan Pancasila sebagai ideologi negara dibandingkan dengan ideologi negara lain
13. Peserta didik dapat menunjukkan wujud pelaksanaan Pancasila dalam bidang sosial budaya
14. Peserta didik dapat menunjukkan landasan operasional sistem ekonomi yang dijiwai oleh nilai- nilai Pancasila dalam bidang ekonomi
15. Peserta didik dapat menunjukkan pasal yang berhubungan dengan perwujudan pelaksanaan nilai Pancasila dalam bidang pertahanan dan kaamanan
16. Peserta didik dapat menunjukkan tokoh pendiri bangsa yang menulis Penjelasan UUD 1945
17. Peserta didik dapat menyebutkan perumusan dan pengesahan UUD 1945
18. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan makna yang terkandung dalam salah satu alinea pada Pembukaan UUD 1945
19. Peserta didik dapat menunjukan yang bukan termasuk prinsip- prinsip negara Indonesia pada alinea ke empat Pembukaan UUD 1945
20. Peserta didik dapat menjelaskan makna alinea kedua Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia
21. Peserta didik dapat menunjukan alinea pembukaan UUD 1945 yang memuat dasar negara Pancasila
22. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari konvensi
23. Peserta didik dapat menunjukkan yang bukan upaya menjaga persatuan bagi seorang pelajar
24. Peserta didik dapat menunjukkan pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengandung isi mewajibkan pemerintah dan penyelenggara negara lainnya untuk memelihara budi pekerti yang luhur
25. Peserta didik dapat menunjukkan wujud pelaksanaan Pancasila dalam bidang politik
26. Peserta didik dapat menunjukan yang bukan wujud sikap positif dalam lingkungan keluarga terhadap pokok pikiran Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945
27. Peserta didik dapat menunjukan wujud sikap positif dalam lingkungan sekolah terhadap pokok pikiran Pembukaan UUD Negara RI tahhun 1945
28. Peserta didik dapat menunjukan sikap yang mencerminkan sikap religius di lingkungan sekolah
29. Peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap Pancasila sila ketiga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
30. Peserta didik dapat menunjukan contoh sikap positif terhadap pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945
31. Peserta didik dapat menunjukan contoh sikap positif terhadap Pancasila sila pertama dalam kehidupan masyarakat
32. Peserta didik dapat menyebutkan jumlah anggota DPR yang sesuai dengan Undang-undang
33. Peserta didik dapat menyebutkan landasan yuridis kedaulatan NKRI
34. Peserta didik dapat menyebutkan presiden pengganti presiden Soeharto pada masa orde baru
35. Peserta didik dapat menyebutkan tugas BPK menurut pasal 23E UUD 1945
36. Peserta didik dapat menyebutkan sifat pokok kedaulatan
37. Peserta didik dapat menyebutkan bentuk-bentuk kedaulatan
38. Peserta didik dapat menyebutkan ahli tata Negara dari Perancis yang membagi sifat pokok kedaulatan
39. Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian kedaulatan
40. Peserta didik dapat menyimpulkan definisi teori kedaulatan hukum
41. Peserta didik dapat menyebutkan tokoh pelopor teori kedaulatan Tuhan
42. Peserta didik dapat menyebutkan dasar hokum kedaulatan rakyat dalam NKRI
43. Peserta didik dapat menjelaskan isi pasal 1 ayat (3) UUD Negara RI tahun 1945
44. Peserta didik dapat menyebutkan alinea yang berisi tentang tujuan Negara Indonesia
45. Peserta didik dapat menyebutkan perkembangan demokrasi di Negara RI
46. Peserta didik dapat mengidentifikasi kelemahan dalam pelaksanaan sistem Pancasila dalam masa orde baru
47. Peserta didik dapat menyebutkan UU tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD
48. Peserta didik dapat menyimpulkan definisi komisi yudisial
49. Peserta didik dapat menyebutkan isi dari TRITURA
50. Peserta didik dapat menyimpulkan pengertian hak interpelasi
Seni Budaya
1. Mendiskripsikan pengertian seni lukis
2. Mengidentifikasi tujuan berkarya seni lukis
3. Mengidentifikasi aliran seni lukis
4. Mendiskripsikan pengertian representatif
5. Mengidentifikasi gaya seni rupa yang termasuk represntatif
6. Mendiskripsikan pengertian gaya surealisme
7. Mendiskripsikan pengertian ekspresionisme
8. Mengidentifikasi gaya lukisan(gambar)
9. Menyebutkan tokoh
10. Mendiskripsikan pengertian barong
11. Mendiskripsikan pengertian salah satu teknik melukis
12. Mengidentifikasi tema seni lukis
13. Mengidentifikasi aktifitas sehari-hari
14. Menyebutkan alat dan bahan melukis
15. Mengidentifikasi karakter cat
16. Mengidentifikasi bahan kanvas
17. Mendiskripsikan pengertian patung
18. Mendiskripsikan pengertian patung sebagai fungsi fisik
19. Menjelaskan jenis-jenis patung menurut perwujudannya
20. Mengidentifikasi bahan dalam berkarya seni patung
21. Mengidentifikasi alat alat yang digunakan dalam berkarya seni patung
22. Mendiskripsikan pengertian teknik assambling
23. Mendiskripsikan pengertia mozaik
24. Mendiskeipsikan pengertian teknik membutsir
25. Mendiskripsikan pengertian patung sebagai fungsi sosial
26. Mengidentifikasi jenis-jenis musik modern yang berkembang di Indonesia.
27. Menyebutkan musisi Indonesia
28. Mendiskripsikan pengertian ambitus
29. Mengidentifikasi wilayah nada
30. Menyebutkan suara wanita
31. Mendiskripsikan pengetian resonansi
32. Mendiskripsikan pengertian resonansi kepala
33. Mendiskripsikan pengertian artikulasi
34. Mendiskripsikan pengertian prashering
35. Mendiskripsikan pengertian ekspresi
36. Mengidentifikasi jenis-jenis resonansi
37. Mendiskripsikan pengertian improvisasi
38. Mengidentifikasi tiga unsur lagu
39. Mendiskripsikan pengertian vokal group
40. Mendiskripsikan pengertian intro
41. Mendiskripsikan pengertian koda/ekor lagu
42. Mengidentifikasi karakter vokal group
43. Menjelaskan cara mengaransmen lagu
44. Menyebutkan langkah-langkah mengaransm
45. Mendiskripsikan pengertian arranger
46. Mengidentifikasi melodi lagu
47. Mengidentifikasi melodi lagu
48. Mengidentifikasi bentuk lagu Laskar Pelangi
49. Mediskripsikan pengertian melodi
50. Pengertian lagu jaz
Bahasa Jawa
1. Siswa dapat mengidentiikasi isi cerita Ramayana(Anoman Duta)
2. Siswa dapat mengidentiikasi tokoh cerita Ramayana(Anoman Duta)
3. Siswa dapat mengidentiikasi isi cerita Ramayana(Anoman Duta)
4. Siswa dapat mengidentiikasi isi cerita Ramayana(Anoman Duta)
5. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit pada cerita Ramayana(Anoman Duta)
6. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit pada cerita Ramayana(Anoman Duta)
7. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit pada cerita Ramayana(Anoman Duta)
8. Siswa dapat mengidentiikasi tokoh cerita Ramayana (Anoman Duta)
9. Siswa dapat mengidentifikasi pesan yang terdapat pada cerita Ramayana (Anoman Duta)
10. Siswa dapat mengidentifikasi isi cerita Ramayana(Anoman Duta)
11. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit yang terdapat pada cerita Ramayana(Anoman Duta)
12. Siswa dapat mengidentifikasi isi cerita Ramayana (Anoman Duta)
13. Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsik cerita Ramayana (Anoman Duta)
14. Siswa dapat mengidentifikasi jenis tembang Macapat
15. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit yang terdapat pada tembang Dhandanggula
16. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit yang terdapat pada tembang Dhandanggula
17. Siswa dapat mengidentifikasi pesan yang terdapat pada tembang Dhandanggula
18. Siswa dapat menyebutkan sikap yen di nyek
19. Siswa dapat menyebutkan watak tembang dandhanggula
20. Siswa dapat mengidentifikasi guru gatra pada tembang dhandanggula
21. Siswa dapat mengidentifikasi paugeran tembang macapat
22. Siswa dapat mengidentifikasi paugeran tembang macapat
23. Siswa dapat mengidentifikasi paugeran tembang macapat
24. siswa dapat menyebutkan isi syair tembang Dhandhanggula
25. Siswa dapat mengubah tulisan dari huruf latin ke huruf jawa
26. Siswa dapat mengubah tulisan dari huruf latin ke huruf jawa
27. siswa dapat menyebutkan isi syair tembang Dhandhanggula
28. Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur intrinsik sandiwara
29. Siswa dapat mendeskripsikan unsur intrinsik latar/setting
30. Siswa dapat mendeskripsikan unsur intrinsik alur
31. Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsik tokoh
32. Siswa dapat mendeskripsikan unsur intrinsik amanat
33. Siswa dapat memahami isi dari teks sandiwara
34. Siswa dapat memahami isi dari teks sandiwara
35. Siswa dapat memahami isi dari teks sandiwara
36. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit dari teks sandiwara
37. Siswa dapat menyebutkan pesan yang terdapat pada teks sandiwara
38. Siswa dapat mengidentifikasi watak dari tokoh pada teks sandiwara
39. Siswa dapat mengidentifikasi contoh upacara adat
40. Siswa dapat memahami isi teks deskripsi tentang upacara adat
41. Siswa dapat memahami isi teks deskripsi tentang upacara adat
42. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit dari teks deskripsi tentang upacara adat
43. Siswa dapat mengartikan kata yang sulit dari teks deskripsi tentang upacara adat
44. Siswa dapat menyebutkan contoh upacara adat
45. Siswa dapat menyebutkan tata cara didalam upacara adat
46. Siswa dapat memahami urutan dalam upacara adat
47. Siswa dapat mengidentifikasi contoh upacara adat
48. Siswa dapat mengidentifikasi contoh upacara adat
49. Siswa dapat mengidentifikasi contoh upacara adat
50. Siswa dapat menyebutkan tujuan dari upacara adat
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
1. Siswa dapat mengetahui macam-macam rangkaian gerak variasi dan kombinasi pada permainan sepak bola
2. Siswa dapat mengetahui teknik-teknik menendang bola dalam permainan sepak bola
3. Siswa dapat memahami variasi dan kombinasi gerak dalam permainan sepak bola
4. Siswa dapat memahami variasi dan kombinasi gerak dalam permainan sepak bola
5. Siswa dapat mengetahui permainan bola voli
6. Siswa dapat mengetahui teknik dasar blocking dalam permainan bola voli
7. Siswa dapat mengetahui teknik dasar smash dalam permainan bola voli
8. Siswa dapat menjelaskan cara melakukan teknik dasar servis bola voli
9. Siswa dapat mengetahui tujuan dari gerak dasar permainan bola basket
10. Siswa dapat memahami gerakan shooting dalam permainan bola basket
11. Siswa dapat mengetahui nilai atau skor dalam melakukan shooting
12. Siswa dapat mengetahui peraturan permainan rounders
13. Siswa dapat mengetahui gerak spesifik dalam permainan rounders
14. Siswa dapat mengetahui teknik lemparan dalam permainan rounders
15. Siswa dapat menjelaskan teknik dasar dalam tenis meja
16. Siswa dapat memahami teknik pukulan dalam tenis meja
17. Siswa dapat memahami jenis pukulan tenis meja
18. Siswa dapat memahami teknik variasi dan kombinasi dalam permainan tenis meja
19. Siswa dapat mengetahui inti dari permainan bulutangkis
20. Siswa dapat mengetahui gerak spesifik pukulan dalam permainan bulutangkis
21. Siswa dapat mengetahui jenis pukulan dalam permainan bulutangkis
22. Siswa dapat menjelaskan tahapan gerak kombinasi bulutangkis
23. Siswa dapat mengetahui peraturan dalam lomba estafet
24. Siswa dapat memahami teknik perpindahan tongkat lari estfet
25. Siswa dapat mengetahui peraturan dalam lomba estafet
26. Siswa dapat memahami strategi lari estafet
27. Siswa dapat memahami teknik pertahanan dalam pencak silat
28. Siswa dapat memahami pola permainan pencak silat
29. Siswa dapat memahami jurus dalam pencak silat
30. Siswa dapat memahami teknik mengunci lawan dalam pencak silat
31. Siswa dapat mengetahui latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani
32. Sisawa dapat mengatahui faktor yang mempengaruhi kecepatan
33. Sisawa dapat membedakan gerakan peregangan
34. Sisiwa dapat mengetahui bentuk latihan unutk meningkatkan kebugaran jasmani
35. Siswa dapat memahami gerakan loncat harimau
36. Siswa dapat memahami gerakan sikap lilin
37. Siswa dapat mengetahui gerakan meroda
38. Siswa dapat memahami gerakan guling lenting
39. Siswa dapat mengetahui tujuan dalam melakukan peregangan dalam senam irama
40. Siswa dapat mengetahui intensitas latihan senam irama
41. Siswa dapat mengetahui teknik dasar senam irama
42. Siswa dapat memahami gerak langkah dalam senam irama
43. Siswa dapat memahami gerakan renang gaya bebas
44. Siswa dapat mengetahui teknik renang gaya bebas
45. Siswa dapat mengetahui fase gerakan lengan renang gaya bebas
46. Siswa dapat mengetahui cara pengambilan nafas pada renang gaya bebas
47. Siswa dapat mengetahui fungsi peralatan P3K
48. Siswa dapat mengetahui fungsi dari obat-obatan
49. Siswa dapat memahami P3K
50. Siswa dapat mengetahui peralatan P3K
Maknyus kisi kisinya. Maturnuwun.
BalasHapus