Alamat

YAYASAN MAMBA’UL ‘ULUM TUNJUNGMULI
MADRASAH TSANAWIYAH HASYIM ASY’ARI TUNJUNGMULI
Terakreditasi B
Ijin Operasional Nomor : Wkc/5.c/780/Ts/1985, Tanggal 5 Februari 1985
Jalan Raya Tunjungmuli - Bobotsari Km. 01, Desa Tunjungmuli, Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga. Jawa Tengah.
Kode Pos : 53355. Telp. : 08112619026. Email : mts.hasyimasari@yahoo.co.id & mtsha83@gmail.com

20201116002 - Kisi-Kisi PAS 2020-2021 Kelas 8

 

 KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

KELAS 8 (DELAPAN)

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

Bahasa Indonesia 

1.        Disajikan beberapa paragraf, pesertadidik menentukan  contoh berita.

2.        Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan ciri berita .

3.        Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan isi berita yang sesuai

4.        Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan unsur berita

5.        Disajikan teks berita,pesertadidik menentukan kepala berita

6.        Disajikan teks berita,pesertadidik menentukan bagian tubuh berita

7.        Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan kata kerja mental

8.        Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan kata teknis (istilah)

9.        Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan kata tidakbaku]

10.    Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan  kalimat tidak langsung

11.    Disajikan beberapa slogan, peserta didik dapat menentukan slogan yang benar

12.    Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan tujuannya

13.    Disajikan sebuah poster, pesertadidik dapat menyebutkan ciri-cirinya.

14.    Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan jenisnya.

15.    Disajikan beberapa iklan, pesertadidik dapat menjelaskan  isinya.

16.    Disajikan sebuah iklan,pesertadidikdapat menentukan kalimat opini.

17.    Disajikan sebuah iklan,pesertadidikdapat menentukan kemenarikan teks iklan

18.    Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan bagian-bagian iklan, memberikan komentar, menentukan sasaran dari pengiklanan, dan menentukan pesan

19.    Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan bagian-bagian iklan, memberikan komentar, menentukan sasaran dari pengiklanan, dan menentukan pesan

20.    Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan      slogan yang sesuai ilustrasi

21.    Disajikan dua kalimat,pesertadidik menentukan kalimat imperatif

22.    Disajikan beberapa paragraf , peserta didik dapat  menentukan pargaraf teks eksposisi

23.    Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menentukan gagasan utama

24.    Disajikan teks eksposisi, peserta didik dapat  menentukan polanya

25.    Disajikan teks eksposisi, peserta didik dapat menemukan kalimat argumentasi

26.    Disajikan teks eksposisi,peserta didik dapat menentukan struktur, pola dan kalimat persuasif

27.    Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menentukan konjungsi kausalitas

28.    Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menentukan makna denotasi

29.    Peserta didik dapat menulis huruf kapital dengan benar dan dapat memperbaiki kesalah penulisan kata

30.    Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan cirri dan unsur batin puisi

31.    Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menentukan tema puisi

32.    Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menentukan imaji puisi

33.    Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menentukan maksud puisi

34.    Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan suasana puisi

35.    Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan keindahan puisi

36.    Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan makna denotasi dan konotasi puisi

37.    Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan makna lambang dalam puisi

38.    Disajikan teks eksplanasi, peserta  didik dapat menjelaskan strukturnya

39.    Disajikan dua teks, peserta didik dapat membedakan teks eksposisi dan teks eksplanasi

40.    Disajikan tek seksplanasi, peserta didik dapat menjelaskan pola,struktur dan isi.

41.    Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan tema teks eksplanasi

42.    Disajikan dua buah berita peserta didik dapat menentukan kesamaan informasi dan perbedaan penyajian kedua teks berita

43.    Disajikan dua buah berita peserta didik dapat menentukan kesamaan informasi dan perbedaan penyajian kedua teks berita

44.    Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan jenisnya

45.    Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan jenisnya

46.    Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan bagian-bagian iklan, memberikan komentar, menentukan sasaran dari pengiklanan, dan menentukan pesan

47.    Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan bagian-bagian iklan, memberikan komentar, menentukan sasaran dari pengiklanan, dan menentukan pesan

48.    Peserta didik dapat menulis huruf kapital dengan benar dan dapat memperbaiki kesalah penulisan kata.

49.    Disajikan teks eksposisi,peserta didik dapat menentukan struktur, pola dan kalimat persuasif.

50.    Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menentukan gagasan utama.

 

Al-Qur'an Hadits

1.        Menjelaskan pengertian Mad secara bahasa

2.        Menentukan macam huruf mad

3.        Pengertian’iwad” pada hukum bacaan Mad ‘Iwad

4.        Menentukan contoh bacaan Mad ‘iwad

5.        Menjelaskan panjang bacaan mad

6.        Menerjmahkan kata layyin pada hukum bacaan Mad Layyin

7.        Menentukan panjang bacaan Mad Layyin

8.        Menentukan contoh bacaan Mad Layyin

9.        Menentukan contoh bacaan Mad ‘ridlissukun

10.    Disajikan data, siswa menentukan hukum bacaan

11.    Menentukan nama hukum bacaan yang sesuai dengan pernyataan (Mad Iwad, Mad layyin, Mad ‘Aridlissukun)

12.    Menentukan ciri bacaan mad ‘iwad

13.    Menentukan cara membaca Mad ‘iwad

14.    Menjelaskan pengertian Mad ‘aridlissukun secara istilah

15.    Menejelaskan penertian infaq

16.    Menetukan golongan penenrima sedekah/infaq

17.    Menentukan manfaat berinfaq

18.    Menentukan perbedaan infaq dan zakat

19.    Menentukan perkara yang diinfaqan menurut QS Al Baqarah ayat 267

20.    Menentukan golongan penerima infaq menurut QS At At Taubah ayat 60

21.    Menentukan lafadz untuk meneruskan ayat QS AL Fajr

22.    Menejelaskan bentuk ujian manusia sesuai dengan QS AL Fajr ayat 15

23.    Menjelaskan sebab kemuliaan seseorang menurut QS Al Fajr ayat 15-16

24.    Menjelaskan sebab terhinanya seseorang menurut QS Al Fajr ayat 15-16

25.    Menerjemahkan lafdz Al Fajr

26.    Menunjukan lafdz yang sesuai arti pada soal ayat al fajr ayat 15-18

27.    Menentukan hukum memberi nafkah

28.    Menerjemahkan hadits tentang anak yatim

29.    Menentukan istilah yang sesuai dengan pernyataan tentang niat pemberian infaq

30.    Menyebutkan istilah cara memberikan harta kita kepada orang lain

31.    Menyebutkan yang tidak tergolong pendusta agama menurut QS AL Ma’un

32.    Menyebutkan manfaat bersedekah

33.    Menunjukan gambaran orang bersedekah kepada anak yatim di syurga

34.    Menunjukan orang yang diperintah untuk bersedekah sesuai QS Al Baqarah ayat 254

35.    Menjelaskan maksud dari kalaimat dholim

36.    Menunjukan surat dan ayat dalam Al Quran tentang keutamaan bersedekah

37.    Menyebutkan shahabat nabi yang pernah menyumbang unta 300 ekor

38.    Menyebutkan sahabat nabi yang pernah bersedah 2000 dinar

39.    Menerjemahkan hadis ......

40.    Menyebutkan perowi hadist tentang sedekah

41.    Menyebutkan makna dari terjemh hadis “tangan di atas”

42.    Menjelaskan pengertian ‘Iffah

43.    Menjelaskan hukum menerima pemberian atau hadiah

44.    Menerjemahkan hadits ....

45.    Menyebutkan yang tidak termasuk cara menjadi dermawan

46.    Menjelaskan balasan bagi yang beinfaq dengan ikhlas

47.    Menentukan istilah bagi orang yang rela menerima dengan yang diberikan oleh Allah

48.    Menyebutkan penerima sedekah yang palinh utama

49.    Menjelaskan akibat dari sikap dholim

50.    Menjelaskan akibat sikap kikir

 

 

 

Matematika

1.        Disajikan 6 bilangan berurutan, siswa dapat menentukan 3 suku berikutnya.

2.        Disajikan beberapa bilangan berututan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi barisan bilangan tersebut.

3.        Disajikan barisan bilangan, siswa dapat menentukan suku ke-12

4.        Disajikan gambar segitiga-segitiga yang dibentuk dari beberapa setik yang membentuk pola bilangan. Siswa diminta untuk menentukan banyaknya setik pada pola ke-10 dan ke-100

5.        Siswa dapat menentukan rumus dari pola bilangan genap

6.        Disajikan  diagram Kartesius, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik

7.        Siswa dapat menentukan ordinat dari koordinat 2 buah titik

8.        Siswa dapat menentukan jarak suatu titik dari sumbu Y

9.        Siswa dapat menentukan posisi titik dari titik pusat (0,0)

10.    Siswa dapat menentukan posisi sebuah titik dari tertentu (a,b)

11.    Diketahui koordinat titikP dan Q pada pada koordinat kertesius, siswa dapat mengetahui koordinat titik R agar PQR membentuk segitiga siku-siku.

12.    Siswa dapat menentukan mana yang bukan merupakan cara menyajikan suatu bentuk relasi.

13.    Disajikan dua himpunan, siswa diminta menentukan relasi yang mungkin

14.    Disajikan Himpunan pasangan Berurutan dari Himpunan A dan Himpunan B dengan relasi Mata Pelajaran yang disukai. Siswa dapat menentukan mata pelajaran yang paling banyak disukai siswa pada Himpunan pasangan Berurutan tersebut.

15.    Disajikan fungsi dari dua himpunan, siswa dapat menentukan rangenya

16.    Disajikan rumus dari suatu fungsi, siswa dapat menentukan nilai untuk x = 3.

17.    Disajikan beberapa persamaan, siswa dapat menentukan yang termasuk persamaan garis lurus

18.    Siswa dapat menentukan gradien garis dari persamaan y = mx + c

19.    Disajikan garis yang melalui dua buah titik, siswa dapat menentukan gradien dari garis tersebut

20.    Siswa dapat Menentukan persamaan garis lurus dengan gradien m dan melalui titik (x1,y1)

21.    Siswa dapat Menentukan persamaan garis yang melalui titik (x1,y1) dan (x2,y2)

22.    Siswa dapat menentukan nilai x pada sebuah persamaan linear dua variabel jika diketahui nilai y.

23.    Siswa dapat menentukan himpunan Penyelesaian dari dua persamaan linear dua variabel

24.    Siswa dapat menentukan nilai operasi penjumlahan dari hasil penyelesaian SPLDV.

25.    Siswa dapat menentukan nilai operasi pengurangan dari hasil penyelesaian SPLDV.

 

 

Fikih

1.        Peserta didik dapat menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi

2.        Peserta didik dapat melafalkan bacaan sujud sahwi

3.        Peserta didik menyebutkan hukum sujud sahwi

4.        Disajikan cerita singkat orang shalat munfarid yang dalam shalatnya melakukan kesalahan

5.        Disajikan cerita singkat seseorang, dan peserta didik dapat menentukan sebab-sebab dilakukannya sujud syukur

6.        Disajikan opsi, peserta didik menyebutkan syarat sujud syukur

7.        Disajikan cerita, peserta didik menyebutkan sebab-sebab sujud syukur

8.        Disajikan cerita, peserta didik menentukan ayat sujud syukur

9.        Peserta didik dapat menentuakan dalil yang menerangkan sujud syukur

10.    Disajikan opsi, peserta didik dapat menentukan sebab melakukan sujud tilawah

11.    Disajikan opsi, peserta didik dapat menentukan sebab melakukan sujud tilawah

12.    Disajikan cerita, peserta didik dapat menyebutkan hukum zakat

13.    Peserta didik dapat menyebutkan syarat zakat fitrah

14.    Disajikan cerita singkat, peserta didik menghitung jumlah zakat yang dikeluarkan

15.    Peserta didik dapat mengetahui waktu untuk mengeluarkan zakat fitrah

16.    Peserta didik dapat menyebutkan mustahik zakat

17.    Peserta didik dapat menyebutkan syarat zakat fitrah

18.    Disajikan cerita singkat, peserta didik menghitung jumlah zakat yang dikeluarkan

19.    Disajikan cerita singkat, peserta didik menghitung jumlah zakat yang dikeluarkan

20.    Peserta didik dapat menyebutkan kelompok hewan yang perlu dizakati

21.    Peserta didik dapat menyebutkan banyaknya zakat hewan ternak

22.    Peserta didik dapat menyebutkan banyaknya zakat emas

23.    Peserta didik dapat menyebutkan syarat zakat fitrah

24.    Disajikan opsi, peserta didik menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa

25.    Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam puasa

26.    Peserta didik dapat menyebutkan dalil puasa ramadhan

27.    Peserta didik menentukan perkara yang menjadi halangan puasa

28.    Peserta didik menentukan perkara yang menjadi halangan puasa

29.    Peserta didik dapat Menyebutkan amalan sunnah pada waktu puasa

30.    Peserta didik sapat Menyebutkan kifarat meninggalkan puasa

31.    Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam puasa

32.    Peserta didik dapat Menyebutkan dalil Keutamaan puasa

33.    Disajikan cerita, Peserta didik dapat menyebutkan rukun puasa

34.    Peserta didik dapat menjelaskan arti I’tikaf

35.    Disajikan opsi, Peserta didik dapat menyebutkan rukun I’tikaf

36.    Disajikan cerita singkat, Peserta didik dapat Menyebutkan Hukum I’tikaf

37.    Peserta didik dapat mentukan waktu pelaksanaan I’tikaf berdasarkan hadits

38.    Disajikan cerita singkat, Peserta didik dapat Menyebutkan Hukum I’tikaf

39.    Disajikan opsi, Peserta didik dapat menentukan syarat I’tikaf

40.    Peserta didik dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan I’tikaf

41.    Peserta didik dapat Menjelaskan dalil hadits larangan untuk beri‟tikaf

42.    Disajikan cerita singkat, peserta didik dapat menyebutkan sunnah I’tikaf

43.    Disajikan opsi, Peserta didik dapat menentukan syarat I’tikaf

44.    Peserta didik dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan I’tikaf

45.    Peserta didik dapat Menyebutkan hikmah I’tikaf

46.    Disajikan opsi, Peserta didik dapat menentukan syarat I’tikaf

47.    Disajikan opsi, Peserta didik dapat menyebutkan rukun I’tikaf

48.    Peserta didik dapat menyebutkan amalan saat i’tikaf

49.    Peserta didik dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan I’tikaf

50.    Peserta didik dapat Menjelaskan dalil hadits larangan untuk beri‟tikaf

 

 

Bahasa Arab

1.        Ditampilkan Jam dinding, mampu menjawab soal sesuai petunjuk gambar

2.        Ditampilkan Jam dinding dan dialog (muhadatsah), mampu menjawab soal sesuai petunjuk gambar

3.        Mengubah angka dengan huruf dengan benar

4.        Menerjemahkan ke daam bahasa arab dengan benar

5.        Menerjemahkan penggalan kalimat dengan benar

6.        Menentukan waktu yang sesuai dengan konteks kalimat

7.        Menjermahkan ke dalam bahasa arab dengan benar

8.        Menerjemahkan mufrodat di dalam kalimat dengan benar

9.        Menjawab percakapan menggunakan ungkapan kepemilikian dengan benar

10.    Menjawab pertanyaan fungsi waktu dengan benar

11.    Menerapkan fungsi adatul jar di dalam kalimat dengan benar

12.    Menjawab pertanyaan sesuai teks

13.    Menyusun kata acak menjadi kalimat dengan benar

14.    Menyusun kata acak menjadi kalimat dengan benar

15.    Menyisipkan ‘adad ma’dud di dalam kalimat dengna benar

16.    Menyisipkan ‘adad ma’dud di dalam kalimat dengna benar

17.    Menjawab pertanyaan dengan fi’il mudhori yang sesuai dengan fa’illnya

18.    Menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks dengen benar

19.    Menyisipkan dhamir ke dalam kalimat dengan benar

20.    Melengkapi kalimat rumpang tentang jam dengan benar

21.    Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks

22.    Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks

23.    Melengkapi kalimat rumpang dengan fi’il mudhori yang sesuai dengan fa’il

24.    Menyusun kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan benar

25.    Menjawab pertanyaan dengan fi’il mudhori yang sesuai dengan fai’ilnya dengan benar

26.    Melengkapi kalimat rumpang dengan fi’il mudhori yang sesuai dengan fa’il

27.    Menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan benar

28.    Menentukan kalimat yang benar (penggunaan fi’il mudhori dengan fa’il) dengan benar

29.    Menentukan mubtada di dalam kalimat dengen banar

30.    Menentukan khobar di dalam kalimat dengen benar

31.    Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks dengan benar

32.    Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks dengan benar

33.    Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks dengan benar

34.    Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks dengan benar

35.    Disajikan kalimat. Menentukan fa’il dengan benar

36.    Disajikan percakapan. Menentukan fi’il mudhori dengan benar

37.    Disajikan percakapan. Menentukan kata Tanya+fi’il mudhori yang tepat

38.    Disajikan kalimat. Menentukan fa’il dengan benar

39.    Disajikan kalimat. Menentukan fi’il dengan benar

40.    Menyusun kata menjadi kalimat sempurna dengan benar

41.    Melengkapi kalimat rumpang dengan kata Tanya dan menyebutkan huruf angka dengan benar

42.    Melengkapi kalimat rumpang

43.    Melengkapi kalimat rumpang dengan isim mashdar dengan benar

44.    Disajikan teks. Menjawab pertanyaan dengan makna tersirat dari teks dengan benar

45.    Melengkapi kalimat rumpang dengan isim maf’ul bih dengan benar

46.    Melengkapi kalimat rumpang dengan isim maf’ul bih dengan benar

47.    Menemukenali fii’il mudhari sesuai fa’ilnya dengan benar

48.    Menyebutkan status kalimat di dalam jumlah dengan benar

49.    Disajikan teks. Mengidentifiksi jenis hobi yang muncul dengan benar

50.    Menyebutkan rumus jumlah ismiyah dengan benar

 

 

Ke-NU-an

  Belum Tersedia !

 

Bahasa Inggris

1.        Diberikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan respon dari ungkapan meminta perhatian yang tepat.

2.        Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan respon ungkapan paham yang tepat

3.        Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan ungkapan meminta pendapat yang tepat.

4.        Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan ungkapan memberi Apresiasi (pujian) yang tepat.

5.        Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat tanya yang tepat yang menanyakan kemampuan.

6.        Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat tanya yang tepat yang menanyakan kemauan.

7.        Disajikan sebuah dialog: Peserta didik menentukan topik dialog.

8.        Peserta didik menentukan kalimat yang menunjukan memberi rekomendasi yang seharusnya di lakukan.

9.        Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat obligasi larangan (yang menunjukan keharusan) bentuk verbal

10.    Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan  kalimat ajakan yang tepat.

11.    Disajikan dialog. Peserta didik menentukan kalimat menyuruh yang tepat.

12.    Peserta didik menentukan respon menerima ajakan.

13.    Disediakan sebuah gambar. Peserta didik menentukan kalimat larangan yang tepat.

14.    Disajikan dialog. Peserta didik menentukan kalimat menyuruh yang tepat.

15.    Disajikan dialog. Peserta didik menentukan kalimat menyuruh yang tepat.

16.    Disajikan dialog. Peserta didik menentukan kalimat menyuruh yang tepat.

17.    Peserta didik menentukan respon kalimat menyuruh yang tepat.

18.    Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan:  Kalimat yang menunjukan ungkapan meminta ijin yang tepat.

19.    Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan:  Kalimat yang menunjukan ungkapan meminta ijin yang tepat.

20.    Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan:  Kalimat yang menunjukan ungkapan meminta ijin yang tepat.

21.    Respon menerima permintaan ijin yang tepat.

22.    Respon menerima permintaan ijin yang tepat.

23.    Disediakan kalimat acak, Peserta didik menyusun kalimat meminta ijin yang tepat

24.    Disediakan sebuah dialog, peserta didik dapat menentukan ungkapan penolakan yang tepat.

25.    Disajikan sebuah dialog, peserta didik dapat menentukan ungkapan mengundang seseorang dengan benar

26.    Disajikan sebuah dialog, peserta didik dapat menentukan respon menerima undangan seseorang dengan benar

27.    Peserta didik menentukan nomina singular

28.    Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut

29.    Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut

30.    Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut

31.    Di sajikan teks fungsional pendek yang berisikan ucapan selamat. Peserta didik menentukan jenis teks fungsional pendek tersebut.

32.    Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut

33.    Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut

34.    Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut

35.    Di sajikan teks fungsional pendek yang berisikan ucapan selamat. Peserta didik menentukan tujuan teks fungsional dari text tersebut

36.    Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Unsur kebahasaan “there is” dengan tepat.

37.    Unsur kebahasaan “there are” dengan tepat.

38.    Unsur kebahasaan “there are” dengan tepat.

39.    Unsur kebahasaan “there are” dengan tepat.

40.    Peserta didik menentukan kata jumlah yang tepat

41.    Peserta didik menentukan kata jumlah yang tepat

42.    Peserta didik menentukan kata jumlah yang tepat

43.    Disediakan sebuah teks (wacana) yang memuat keberadaan ruangan-ruangan di sekolah. Peserta didik menentukan informasi rinci

44.    Disediakan sebuah teks (wacana) yang memuat keberadaan ruangan-ruangan di sekolah. Peserta didik menentukan informasi rinci

45.    Disediakan gambar: Peserta didik menentukan frasa kata depan

46.    Disediakan gambar: Peserta didik menentukan frasa kata depan

47.    Peserta didik menentukan: Kalimat simple present tense bentuk verbal

48.    Peserta didik menentukan: Kalimat simple present tense bentuk verbal

49.    Respon kalimat tanya bentuk verbal

50.    Diberikan kalimat acak, Peserta didik menetukan susunan kalimat simple present tense

 

 

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

1.        Siswa dapat  menjelaskan penyebab tergulingnya Dinasti Umayah                                          

2.        Siswa dapat menyebutkan  lama kekuasaan Bani Umayah

3.        Siswa dapat menjelaskan nama perang yang mengakhiri kekuasaan Daulah Umayah

4.        Siswa dapat menjeaskan bangsa yang mendapat perlakuan istimewah pada masa daulah Umayah

5.        Siswa dapat  menjelaskan kepemimpinan turun temurun

6.        Siswa dapat mengidentifikasi kelompok-kelompok masyarakat yang kecewa terhadap pemerintahan daulah Umayah                                       

7.        Siswa dapat menyebutkan panglima perang daulah Abbasiyah yang berasal dari Khurasan

8.        Siswa dapat mengidentifikasi kota yang dijadikan sebagai pusat pergerakan daulah Umayah.

9.        Siswa dapat menyebutkan  tokoh  pelopor gerakan Daulah Abbasiyah                                     

10.    Siswa dapat menyebutkan periodesasi  kekuasaan daulah Abbasiyah                                       

11.    Siswa dapat menyebutkan lama kekuasaan  Daulah Abbasiyah                                    

12.    Siswa dapat menyebutkan Wazir pertama yang diangkat kholifah Abu Jafar Al-Mansur

13.    Siswa dapat menyebutkan jumlah  kholifah Daulah Abbasiyah            

14.    Siswa dapat menyebutkan Dinasti sebelum Daulah Abbasiyah             

15.    Siswa dapat menyebutkan kholifah pertama Dinasti Abbasiyah           

16.    Siswa dapat menyebutkan kholifah terakhir Dinasti Abbasiyah            

17.    Siswa dapat menjelaskan ibukota pemerintahan daulah Abbasiyah                  

18.    Siswa dapat mengidentifikasi  kholifah daulah Abbasiyah yang menonjol       

19.    Siswa dapat menyebutkan Wazir pertama yang diangkat Abu Jafar al-Mansur

20.    Siswa dapat menyebutkan  pengertian Wazir

21.    Siswa dapat menjelaskan kholifah yang mencintai ilmu pengetahuan              

22.    Siswa dapat menyebutkan penulis kisah 1001 tentang kemegahan kota Bagdad          

23.    Siswa dapat menjelaskan lembaga yang dibangun oleh Abdullah Al-Makmun

24.    Siswa dapat menjelaskan tokoh yang  pandai  yang suka memberi nasehat kepada kholifah Harun al-Rosyid

25.    Siswa dapat mengidentifikasi  pembangunan yang fenomenal pada masa Abu Jafar al-Mansur

26.    Siswa dapat menjelaskan Departemen Keamanan

27.    Siswa dapat menyebutkan nama Baitul Mal

28.    Siswa dpat menyebutkan kejayaan yang dicapai kholifah Abdullah Al-Makmun         

29.    Siswa dapat menyebutkan karya dari Ali bin Rabban at-Tabari            

30.    Siswa dapat menyebutkan pengarang Ensiklopedikedokteran pertama

31.    Siswa dapat menyebutkan  tokoh bidang kedokteran yang dijuluki  pangeran para dokter

32.    Siswa dapat mengidentifikasi tokoh filsuf pertama

33.    Siswa dapat menyebutkan  jumlah karya dari Al-Kindi

34.    Siswa dapat menyebutkan  nama lain dari ilmu astronomi

35.    Siswa dapat menyebutkan  tokoh-tokoh bidang ilmu kedokteran pada masa daulah Abbasiyah

36.    Siswa dapat menunjukkan ilmuwan yang pertama menemukan penyakit Cacar dan Campak

37.    Siswa dapat mengidentifikasi ilmuwan muslim yang pernah belajar dan mengajar  pada madrasah Nizamiyah

38.    Siswa dapat menyebutkan  ilmuwan muslim bidang ilmu Astronomi

39.    Siswa dapat menyebutkan  nama lain dari ilmuwan muslim Ibnu Sina

40.    Siswa dapat mengidentifikasi  kitab hadits yang kedudukannya setelah kitab Shohih Bukhori

41.    Siswa dapat menunjukkan karya dari ilmuwan Tafsir

42.    Siswa dapat menyebutkan  pengertian dari kata Mufasir

43.    Siswa dapat menyebutkan ulama Fikih pada masa Daulah Abbasiyah

44.    Siswa dapat menunjukkan karya dari ilmuwan ilmu Fikih (Imam Malik ) pada masa Daulah Abbasiyah

45.    Siswa dapat mengidentifikasi dampak positip dari perkembangan/peradaban Dinasti Abbasiyah

46.    Siswa dapat menyebutkan  nama Dinasti sebelum Dinasti Ayyubiyah

47.    Siswa dapat menyebutkan pemimpin dari Dinasti Ayyubiyah

48.    Siswa dapat  menjelaskan mazhab /aliran yang dianut oleh Dinasti Ayyubiyah

49.    Siswa dapat menyebutkan pengertian dari golongan Syi’ah

50.    Siswa dapat menyebutkan  keteladanan para ilmuwan muslim pada masa Dinasti Abbasiyah

 

 

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

1.        Disajikan data, siswa mengetahui jenis tulang pipih

2.        Disajikan data, siswa mengetahui jenis sendi gerak

3.        Disajikan data, siswa mengetahui ciri-ciri otot jantung

4.        Disajikan data, siswa mengetahui kenapa hewan terseut lebih cepat bergerak

5.        Disajikan data, siswa mengetahui gerak nasti

6.        Disajikan data, siswa mengetahui kelajuan sebuah mobil

7.        Disajikan data, siswa mengetahui konsep percepatan pada sebuah benda

8.        Disajikan data, siswa mengetahui konsep hokum 1 Newton

9.        Disajikan data, siswa mengetahui kelainan yang terjadi pada tulang punggung

10.    Disajikan data, siswa mengetahui gangguan fraktura pada sistem gerak

11.    Disajikan data, siswa mengetahui usaha yang dilakukan suatu benda

12.    Disajikan data, siswa mengetahui nilai daya

13.    Siswa mengetahui keuntungan menggunakan pesawat sederhana

14.    Disajikan data, siswa mengetahui kuasa yang diperlukan pada tuas

15.    Disajikan data, siswa mengetahui keuntungan mekanik pada bidang miring

16.    Disajikan data, siswa mengetahui prinsip penggunaan pesawat sederhana

17.    Disajikan data, siswa mengetahui fungsi bagian akar yang ditunjuk

18.    Disajikan data, siswa mengetahui fungsi bagian batang yang ditunjuk

19.    Disajikan data, siswa mengetahui fungsi bagian daun yang ditunjuk

20.    Disajikan data, siswa mengetahui jaringan pada tumbuhan

21.    Siswa mengetahui gedung theatre di Singapura yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan

22.    Siswa mengetahui aplikasi struktur dan jarigan tumbuhan dalam pembuatan rumah

23.    Disajikan data, siswa mengetahui siswa mengetahui makanan sumber karbohidrat

24.    Disajikan data, siswa mengetahui urutan saluran pencernaan manusia

25.    Disajikan data, siswa mengetahui enzim yang dihasilkan pada organ yang ditunjuk

26.    Siswa mengetahui gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan jika kekurangan makanan yang mengandung serat

27.    Disajikan data, siswa mengetahui nama zat aditif dan fungsinya yang benar

28.    Disajikan data, siswa mengetahui bahan pewarna alami

29.    Siswa mengetahui keuntungan menggunakan pewarna alami

30.    Siswa mengetahui pengertian zat adiktif

31.    Disajikan data, siswa mengetahui zat adiktif yang terkandung pada rokok

32.    Disajikan data, siswa mengetahui ciri-ciri sakau

33.    Disajikan data, siswa mengetahui ciri dari sel darah merah

34.    Disajikan data, siswa mengetahui urutan proses pembekuan darah

35.    Disajikan data, siswa mengetahui fungsi serambi kiri

36.    Disajikan data, siswa mengetahui urutan peredaran darah kecil

37.    Disajikan data, siswa mengetahui ciri-ciri pembuluh vena cava

38.    Disajikan data, siswa mengetahui ciri-ciri pembuluh arteri dan vena

39.    Siswa mengetahui konsep penggolongan darah

40.    Siswa mengetahui penyakit pada sstem peredaran darah

 

 

Akidah Akhlak

1.        Peserta didik dapat menjelaskan pengertian al qur’an

2.        Peserta didik menjelaskan wahyu terahir berupa haji wada

3.        Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan al qur’an

4.        Peserta didik mampu menjelaskan isi dari surat al Isro’ ayat 82

5.        Mampu menjelaskan kisah-kisah dari al qur’an

6.        Mampu menjelaskan kisah-kisah dari al qur’an

7.        Mampu menjelaskan kisah-kisah dari al qur’an

8.        Peserta didik dapat menjelaskan keistimewaan al qur’an

9.        Peserta didik dapat menjelaskan keistimewaan al qur’an

10.    Peserta didik dapat menjelaskan keistimewaan al qur’an

11.    Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian  mukjizat

12.    Disajikan contoh mukjizat kisah nabi. Peserta didik dapat membedakan macam-macam mukjizat

13.    Disajikan contoh mukjizat kisah nabi. Peserta didik dapat membedakan macam-macam mukjizat

14.    Disajikan contoh kisah Nabi Muhammad yang di naungi oleh awan tebal ketika dalam perjalanan berniaga dari syam ke mekah. Peserta didik dapat menyebutkan contoh kejadian luar biasa lainnya

15.    Disajikan beberapa contoh mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya. Peserta didik dapat membedakan contoh karamag

16.    Peserta didik mampu membedakan mukjizat,karomah,irhas dan maunah

17.    Peserta didik mampu membedakan mukjizat,karomah,irhas dan maunah

18.    Peserta didik dapat menjelaskan QS Yunus : 62

19.    Peserta didik mampu membedakan mukjizat,karomah,irhas dan maunah

20.    Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji

21.    Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji

22.    Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji

23.    Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji

24.    Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji

25.    Disajikan Qs. Ar Ra’du ayat 11, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut

26.    Disajikan contoh akhlak terpuji peserta didik dapat menjelaskan perilaku akhlak terpuji

27.    Disajikan contoh akhlak terpuji peserta didik dapat menjelaskan perilaku akhlak terpuji

28.    Disajikan contoh akhlak terpuji peserta didik dapat menjelaskan perilaku akhlak terpuji

29.    Disajikan QS. ibrahim ayat 7, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut

30.    Disajikan contoh akhlak terpuji peserta didik dapat menjelaskan perilaku akhlak terpuji

31.    Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela

32.    Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela

33.    Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela

34.    Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela

35.    Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela

36.    Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela

37.    Peserta didik mampu memahami tentang akhlak tercela

38.    Peserta didik mampu memahami tentang akhlak tercela

39.    Peserta didik mampu memahami tentang akhlak tercela

40.    Disajikan QS.isra ayat 15, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut

41.    Peserta didik dapat menyebutkan adab kepada guru

42.    Peserta didik dapat menyebutkan adab kepada guru

43.    Disajikan Qs. al-isra ayat 24, peserta didik dapat menafsirkan makna yang terkandung dalam ayat tersebut

44.    Disajikan sebuah cerita tentang sayyidina ali, peserta didik dapat menjelaskan pengertian guru menurut cerita itu  

45.    Peserta didik dapat menyebutkan cara anak berbakti kepada orang tua

46.    Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku sikap guru

47.    Pesera didik dapat menyebutkan salah satu alasan raja fir’aun menolak dakwah nabi Musa as           

48.    Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan Nabi Musa as

49.    Peserta didik dapat menjelaskan contoh perilaku untuk meneladani nabi musa as

50.    Peserta didik dapat menjelaskan keteladanan  yang dapat di ambil dari kisah keteladanan nabi musa as

 

 

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

1.        Diberikan ilustrasi tentang negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan kapan berdirinya ASEAN

2.        Diberikan ilustrasi tentang negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan negara pemrakarsa berdirinya ASEAN

3.        Diberikan ilustrasi negara ASEAN ,peserta didik dapat menunjukkan letak geografis negara ASEAN

4.        Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan  dua deretan jalur pegunungan yang melewati Indonesia      

5.        Diberikan ilustrasi tentang negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan negara anggota ASEAN yang negaranya tidak didukung kegiatan pertanian

6.        Diberikan ilustrasi tentang negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan letak geografis dengan jenis sumber daya alam yang dihasilkan

7.        Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan dampak dari adanya dua pegunungan besar di ASEAN

8.        Diberikan ilustrasi tentang  negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan negara yang tidak memiliki garis pantai

9.        Diberikan ilustrasi tentang negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskn negara ASEAN yang tidak pernah dijajah

10.    Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara ASEAN secara geografis, peserta didik dapat memberi contoh negara yang berbentuk compact

11.    Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara Myanmar, peserta didik dapat menjelaskan kepala pemerintahan negara myanmar

12.    Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara ASEAN secara geografis, peserta didik dapat memberi contoh negara yang berbentuk compact

13.    Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan dampak dari adanya dua pegunungan besar di ASEAN

14.    Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara Brunai Darussalam, peserta didik dapat menjelaskan  ibu kota negara Brunai Darussalam

15.    Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara Singapura, peserta didik dapat menjelaskan kegiatan ekonomi negara Singapura

16.    Diberikan ilustrasi tentang negara Brunai Darussalam, peserta didik mampu menyebutkan mata uang negara Brunai Darussalam

17.    Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara malaysia, peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa negara Malaysia beriklim tropis

18.    Diberikan ilustrasi tentang karakterisirik negara Kamboja, peserta didik dapat menjelaskan  sektor Industri di Kamboja

19.    Diberian ilustrasi negara Malaysia , peserta didik dapat menjelaskan batas wilayah negara Malaysia

20.    Diberikan ilustrasi tentang negara Kamboja, peserta didik dapat menjelaskan penduduk yang dominan di Kamboja

21.    Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara Laos, peserta didik dapat menjelaskan bahasa resmi negara Laos

22.    Diberikan ilustrasi tentang negara Mynamar, peserta didik dapat menjelaskan produk unggulan Myanmar

23.    Diberikan ilustrasi negaraVietnam, peserta didik dapat menjelaskan musim hujan di negara Vietnam

24.    Diberikan ilustrasi kerjasama antarnegara-negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan faktor yang mendorong terjadinya kerjasama

25.    Diberikan ilustrasi tentang kebijakan negara, peserta didik dapat menyebutkan kebijakan  untuk melindungi kepentingan dan daya saing

26.    Diberikan ilustrasi kerjamasa antar negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjealkan kerjasama dalam bidang sosial dan politik

27.    Diberikan ilustrasi kerjamasa antar negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjealkan kerjasama dalam bidang sosial dan politik

28.    Diberikan ilustrasi  tentang kerjasama negara-negara ASEAN. peserta didik dapat menyebutkan tiga pilar peningkatan kerjasama antarnegara-negara ASEAN

29.    Diberikan ilustrasi tentang pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang, peserta didik dapat menjelaskan  pasar tunggal di kawasan Asia tenggara.

30.    Diberikan ilustrasi tentang kerjasama negara-negara ASEAN, peserta didik menjelaskan  kerjasama bilateral

31.    Diberikan ilustrasi tentang kerjasama negara ASEAN, peserta didik memberikan contoh kerjasama dalam bidang politik

32.    Diberikan ilustrasi tentang Mobilitas sosial,peserta didik dapat menjelaskn pengertian mobilitas sosial dr para hali

33.    Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat memberi contoh bentuk-bentuk mobilitas sosial

34.    Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat memberi contoh bentuk-bentuk mobilitas sosial

35.    Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat memberi contoh bentuk-bentuk mobilitas sosial

36.    Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat menyebutkan faktor pendorong mobilitas sosial

37.    Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial , peserta didik dapat menyebutkan saluran mobilitas sosial

38.    Diberikan ilustrasi tentang  mobilitas sosial, peserta didik dapat menyebutkan dampak mobilitas sosial

39.    Diberikan ilustrasi tentang  mobilitas sosial, peserta didik dapat menyebutkan dampak mobilitas sosial

40.    Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat menyebutkan faktor pendorong mobilitas sosial

41.    Diberikan ilustrasi tentang pliralitas, peserta didik dapat menjelaskan pengertian plural

42.    Diberikan ilustrasi tentang perbedaan  budaya, peserta didik dapat memberi contoh perbedaan budaya yang terjadi di masyarakat

43.    Diberikan ilustrasi tentang konflik, peserta didik dapat menyebutkan fakto penyebab konflik

44.    Diberikan ilustrasi tentang konflik., peserta didik dapat menyebutkan  cara menyelesaikan konflik

45.    Diberikan ilustrasi tentang konflik., peserta didik dapat menyebutkan  cara menyelesaikan konflik

46.    Diberikan ilustrasi tentang integrasi, peserta didik dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi cepat lambat proses integrasi

47.    Diberikan ilustrasi tentang integrasi, peserta didik mampu menyebutkan  bentuk-bentuk intergrasi

48.    Diberikan ilustrasi tentang integrasi, peserta didik mampu menyebutkan faktor pendorong integrasi sosial

49.    Diberikan ilustrasi tentang integrasi sosial, peserta didik mampu menjelaskan cara meningkatkan integrasi sosial

50.    Peserta didik dapat menyebutkan syarat terwujudnya intergasi sosial.

 

 

Prakarya

  Belum Tersedia !

 

 

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

1.        Menyebutkan tanggal pengenalan istilah Pancasila oleh Ir.Soekarno.

2.        Mengidentifikasi TAP MPR yang tepat yang menyatakan Pancasila sebagai sumber hukum.

3.        Mengidentifikasi pernyataan yang bukan merupakan alasan  Pancasila dijadikan sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

4.        Menjelaskan makna Pancasila sebagai sumber hukum dasar nasional.

5.        Mengidentifikasi fungsi  Pancasila sebagai kepribadian bangsa.

6.        Mengidentifikasi fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai  Ideologi Bangsa Indonesia

7.        Menyebutkan tanggal ditetapkannya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

8.        Mengidentifikasi fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia

9.        Mengidentifikasi tentang isi pokok pembukaan UUD 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki dasar dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

10.    Mengidentifikasi fungsi   Pancasila dalam menyeleksi budaya asing.

11.    Menyebutkan  tokoh yang mengukuhkan nama Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

12.    Mengidentifikasi makna Pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia.

13.    Memahami  nilai – nilai Pancasila sebagai dasar Negara.

14.    Menjelaskan nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila.

15.    Menganalisis nilai penerapan sikap yang tidak   terkandung dalam sila ke empat Pancasila.

16.    Menyebutkan tiga fungsi pokok Pancasila

17.    Menganalisis nilai penerapan sikap yang terkandung dalam sila ke dua Pancasila.

18.    Menganalisis nilai pengamalan Pancasila yang tidak termasuk dalam lingkungan masyarakat.

19.    Mengidentifikasi lingkungan yang tepat yang sesuai nilai pengamalan Pancasila.

20.    Menganalisis nilai pengamalan Pancasila yang  termasuk dalam lingkungan keluarga.

21.    Menganalisis arti dari aturan – aturan yang terpelihara dalam  praktik penyelenggaraan negara.

22.    Mengidentifikasi pernyataan yang tidak termasuk  unsur – unsur dalam makna konstitusi yang menonjol menurut Sovernin Lohman .

23.    Menyebutkan lembaga yang menetapkan dan mengesahkan UUD Tahun 1945 sebagai Kontitusi negara Indonesia.

24.    Mengidentifikasi pernyataan yang tidak termasuk ciri – ciri umum suatu konstitusi.

25.    Mengidentifikasi sidang yang merumuskan UUD 1945 sebagai konstitusi negara.

26.    Menjelaskan tentang pembukaan UUD 1945 yang tidak bisa diubah

27.    Menyebutkan cara untuk mempertahankan UUD 1945

28.    Menyebutkan kewajiban dalam melaksanakan dan mempertahankan UUD 1945

29.    Menyebutkan bentuk-bentuk partisipasi warga negara dalam mempertahankan UUD 1945

30.    Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 tentang negara Indonesia adalah negara hukum

31.    Mengidentifikasi pengertian peraturan perundang-undangan

32.    Menjelaskan sifat peraturan perundang-undangan

33.    Mengurutkan tata urutan peraturan perundang-undangan

34.    Menjelaskan lembaga yang mengubah dan menetapkan UUD 1945

35.    Menguraikan tata cara mengubah UUD 1945

36.    Mengidentifikasi salah satu kesepakatan dasar dalam mengubah UUD 1945 dengan cara adendum

37.    Mengidentifikasi pengertian ketetapan MPR

38.    Menyebutkan  lembaga yang berwenang membuat UU

39.    Menyebutkan lembaga yang mengusulkkan RUU

40.    Menguraikan proses pembuatan UU yang diusulkan oleh DPR

41.    Menyebutkan peraturan perundang-undangan yang kedudukannya setara dengan UU

42.    Menyebutkan lembaga yang mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti UU

43.    Mengurutkan tahapan-tahapan pembentukan peraturan pemerintah

44.    Menyebutkan lembaga yang membuat peraturan daerah tingkat provinsi

45.    Mengidentifikasikan pengertian kepatuhan

46.    Menyebutkan indikator tentang kesadaran hukum warga negara

47.    Menyebutkan sikap taat pada hukum dilingkungan bangsa dan negara

48.    Menentukan sikap taat pada hukum dilingkungan sekolah

49.    Menentukan sikap taat pada hukum dilingkungan masyarakat

50.    Menyebutkan sikap taat pada hukum dilingkungan bangsa dan negara

 

 

Seni Budaya

1.        Mendiskripsikan pengertian  ilustrasi dekoratif

2.        Mendiskripsiksn pengertian karikatur

3.        Mendiskripsikan pengertian lagu daerah

4.        Menyebutkan salah satu lagu daerah Sumatra Barat

5.        Mendeskripsikan pengertian teknik menggambar

6.        Mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa

7.        Mendiskripsikan pengertian gambar ilustrasi

8.        Mendiskripsikan pengertian teknik Arsir

9.        Mengidentifikasi  salah satu ciri lagu daerah

10.    Mendeskripsikan arti pesindhen

11.    Menyebutkan salah satu tokoh musik daerah

12.    Mengidentifikasi alat musik tradisional

13.    Mendeskripsikan pengertian cover

14.    Mengidentifikasi gambar ilustrasi (gambar)

15.    Mengidentifikasi fungsi lagu daerah

16.    Mendeskripsikan pengertian unisono

17.    Mengidentifikasi syair lagu bungong jeumpa

18.    Mengidentifikasi prinsip menggambar model

19.    Mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa

20.    Menjelaskan ciri-ciri mendasar pada lagu daerah

21.    Menjelaskan pengertian ansambel musik

22.    Mengidentifikasi perbedaan faktof internal/eksternal

23.    Menjelaskan pengertian alat musik kentongan

24.    Mengidentifikasi alat musik bentuk pancon dari Sunda

25.    Menjelaskan kegunaan angklung gubrag

26.    Menjelaskan biografi ibu Sud

27.    Menjelaskan pengertian lagu seriosa

28.    Mengidentifikasi objek gambar ilustrasi

29.    Mengidentifikasi bahan-bahan(teknik basah) yang digunakan dalam memggambar ilustrasi

30.    Menyebutkan salah satu ILUSTRATOR Indonesia(OESMAN EFENDI)

31.    Mendeskripsikan pengetian gambar model

32.    Mendeskripsikan pengertian komik

33.    Menjelaskan fungsi musik/lagu daerah sebagai media pengiring tari

34.    Mengidentifikasi lagu-lagu yang digunakan sebagai media bermain

35.    Mengidentifikasi bentuk pertunjukan musik tradisional dari Jakarta

36.    Mengidentifikasi bahan-bahan(teknik kering) yang digunakan dalam memggambar ilustrasi

37.    Medeskripsikan pengertian alat musik tifa

38.    Mediskripsikan pengertian rampak kendang

39.    Mengidentifikasi bentuk-bentuk alat musik  tradisional

40.    Mengidentifikasi fungsi musik kentongan Kyai Gorobangsa

41.    Mendiskripsikan pengertian pernafasan diafragma

42.    Menyebutkan salah satu tokoh lagu daerah Jawa Tengah

43.    Mengidentifikasi contoh fungsi music sebagai media upacara adat

44.    Mengidentifikasi lagu-lagu daerah Jawa Tengah

45.    Mendeskripsikan pengertian proporsi

46.    Mendeskripsikan pengertian teknik aquarel

47.    Mengidentifikasi prinsip-prinsip seni rupa

48.    Mengidentifikasi langkah-langkah menggambar model

49.    Mengidentifikasi langkah-langkah menggambar ilustrasi

50.    Mengidentifikasi alat musik berbentuk tabung

 

 

Bahasa Jawa

1.        Siswa dapat mengetahui crita legenda

2.        Siswa dapat mengartikan kata-kata sulit yang ada di dalam crita legenda

3.        Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi crita

4.        Siswa dapat menyebutkan latar swasana yang ada di dalam crita

5.        Siswa dapat mendeskripsikan pengertian crita legenda

6.        Siswa dapat menyebutkan contoh crita legenda

7.        Siswa dapat menyebutkan latar tempat dalam crita

8.        Siswa dapat menyebutkan watak tokoh yang ada di dalam crita

9.        Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan crita

10.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tembung camboran

11.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tembung camboran tugel

12.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tembung camboran wutuh

13.    Siswa dapat menyebutkan contoh tembung camboran tugel

14.    Siswa dapat menyebutkan contoh tembung camboran (teges mbangetake)

15.    Siswa dapat menyebutkan contoh tembung camboran (teges kiasan)

16.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Serat Wulangreh

17.    Siswa dapat menyebutkan pengarang / penganggit serat Wulangreh Pupuh Gambuh

18.    Siswa dapat menyebutkan jumlah bait Tembang gambuh

19.    Siswa dapat menyebutkan watake tembang gambuh

20.    Siswa dapat menyebutkan isi dari pupuh gambuh Serat Wulangreh

21.    Siswa dapat menyebutkan guru lagu & guru Wilangan pupuh Gambuh

22.    Siswa dapat mengartikan kata-kata sulit yang ada di tembang Gambuh

23.    Siswa dapat mengartikan kata-kata sulit yang ada di tembang Gambuh

24.    Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks pupuh gambuh

25.    Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks pupuh gambuh

26.    Siswa dapat menyebutkan jumlah tembang macapat

27.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian guru lagu

28.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian guru Wilangan

29.    Siswa dapat menulis paragraf aksara jawa dari Pupuh Gambuh

30.    Siswa dapat menulis paragraf aksara jawa dari Pupuh Gambuh

31.    Siswa dapat membaca paragraf aksara jawa

32.    Siswa dapat membaca paragraf aksara jawa

33.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian pawarta

34.    Siswa dapat menyebutkan contoh medhiya elektronik yang digunakan untuk menyiarkan berita

35.    Siswa dapat menyebutkan contoh medhiya cetak yang digunakan untuk menyiarkan berita

36.    Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita

37.    Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita

38.    Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita

39.    Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita

40.    Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita

41.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Iklan

42.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Iklan Standar

43.    Siswa dapat menyebutkan contoh iklan layanan masyarakat

44.    Siswa dapat menyebutkan contoh iklan standar

45.    Siswa dapat mendeskripsikan pengertian atur-atur

46.    Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam atur-atur

47.    Siswa dapat menyebutkan bentuke/wujude atur-atur

48.    Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks atur-atur

49.    Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks atur-atur

50.    Siswa dapat menyebutkan perangan atur-atur

 

 

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

1.        Siswa dapat mengetahui cara menendang dan mengumpan dengan kaki bagian dalam

2.        Siswa dapat mengetahui cara menendang dan mengumpan dengan kaki bagian dalam

3.        Siswa dapat mengetahui cara menendang dan mengumpan dengan kaki bagian dalam

4.        Siswa dapat mengetahui istilah dari tendangan pinalti

5.        Siswa dapat mengetahui istilah nama posisi pemain dan pemimpin pertandingan dalam sepakbola

6.        Siswa dapat mengetahui istilah dalam gerak spesifik bola voli

7.        Siswa dapat mengetahui istilah posisi pemain dan tugasnya dalam bola voli

8.        Siswa dapat mengetahui istilah dalam gerak spesifik bola voli

9.        Siswa dapat mengetahui istilah dalam gerak spesifik bola voli

10.    Siswa dapat mengetahui bentuk latihan passing yang dapat dilakukan secara mandiri dirumah

11.    Siswa dapat mengetahui berbagai macam lemparan passing dalam bola basket

12.    Siswa dapat mengetahui berbagai jenis shooting dalam bola basket

13.    Siswa dapat mengetahui berbagai jenis shooting dalam bola basket

14.    Siswa dapat mengetahui lama pertandingan dalam bola basket

15.    Siswa dapat mengetahui posisi pemain dan tugasnya dalam bola basket

16.    Siswa dapat mengetahui cara melambungkan bola sebagai Picther

17.    Siswa dapat mengetahui letak posisi Picther dalam pertandingan softball

18.    Siswa dapat mengetahui jenis pukulan dalam softball.

19.    Siswa dapat mengetahui softball termasuk dalam permainan apa.

20.    Siswa dapat mengetahui pengertian Servis Panjang dalam bulu tangkis

21.    Siswa dapat mengetahui pengertian Servis Panjang dalam bulu tangkis

22.    Siswa dapat mengetahui istilah pukulan smash dalam bulutangkis

23.    Siswa dapat mengetahui istilah Deuce dalam bulu tangkis

24.    Siswa dapat mengetahui istilah pukulan backhand dalam tenis meja

25.    Siswa dapat mengetahui istilah pukulan Spin dalam tenis meja

26.    Siswa dapat mengetahui istilah pukulan Spin dalam tenis meja

27.    Siswa dapat mengetahui skor dalam satu pertandingan tenis meja

28.    Siswa dapat mengetahui istilah jalan cepat

29.    Siswa dapat mengetahui pandangan yang benar saat jalan cepat

30.    Siswa dapat mengetahui pendaratan kaki yang benar pada jalan cepat

31.    Siswa dapat mengetahui gerakan kaki yang benar pada lari jarak pendek

32.    Siswa dapat mengetahui gerakan lengan yang benar pada lari jarak pendek

33.    Siswa dapat mengetahui prinsip memasuki garis finish yang benar pada lari jarak pendek

34.    Siswa dapat mengetahui gerakan kaki yang benar pada lari jarak pendek

35.    Siswa dapat mengetahui istilah dan jenis dari tangkisan dalam pencak silat

36.    Siswa dapat mengetahui istilah dan jenis dari tangkisan dalam pencak silat

37.    Siswa dapat mengetahui nama perguruan atau aliran berbagai pencak silat di Indonesia

38.    Siswa dapat mengetahui bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan paru dan jantung

39.    Siswa dapat mengetahui bentuk latihan untuk melatih otot lengan.

40.    Siswa dapat mengetahui bentuk latihan untuk melatih otot lengan.

41.    Siswa dapat mengetahui gerakan meroda dalam senam lantai

42.    Siswa dapat mengetahui tahapan cara melakukan gerakan meroda

43.    Siswa dapat mengetahui tahapan cara melakukan gerakan meroda

44.    Siswa dapat mengetahui istilah lain gaya dada dalam renang

45.    Siswa dapat mengetahui gerakan kaki gaya dada dalam renang

46.    Siswa dapat mengetahui induk organisasi renang di indonesia

47.    Siswa dapat mengetahui penyakit akibat pergaulan bebas

48.    Siswa dapat mengetahui faktor yang memengaruhi pergaulan

49.    Siswa dapat mengetahui alasan pencegahan pergaulan bebas

50.    Siswa dapat mengetahui penyakit akibat pergaulan bebas

 


 Selamat Belajar !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar