KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
KELAS 8 (DELAPAN)
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Bahasa Indonesia
1. Disajikan beberapa paragraf, pesertadidik menentukan contoh berita.
2. Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan ciri berita .
3. Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan isi berita yang sesuai
4. Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan unsur berita
5. Disajikan teks berita,pesertadidik menentukan kepala berita
6. Disajikan teks berita,pesertadidik menentukan bagian tubuh berita
7. Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan kata kerja mental
8. Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan kata teknis (istilah)
9. Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan kata tidakbaku]
10. Disajikan teks berita, pesertadidik menentukan kalimat tidak langsung
11. Disajikan beberapa slogan, peserta didik dapat menentukan slogan yang benar
12. Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan tujuannya
13. Disajikan sebuah poster, pesertadidik dapat menyebutkan ciri-cirinya.
14. Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan jenisnya.
15. Disajikan beberapa iklan, pesertadidik dapat menjelaskan isinya.
16. Disajikan sebuah iklan,pesertadidikdapat menentukan kalimat opini.
17. Disajikan sebuah iklan,pesertadidikdapat menentukan kemenarikan teks iklan
18. Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan bagian-bagian iklan, memberikan komentar, menentukan sasaran dari pengiklanan, dan menentukan pesan
19. Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan bagian-bagian iklan, memberikan komentar, menentukan sasaran dari pengiklanan, dan menentukan pesan
20. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi
21. Disajikan dua kalimat,pesertadidik menentukan kalimat imperatif
22. Disajikan beberapa paragraf , peserta didik dapat menentukan pargaraf teks eksposisi
23. Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menentukan gagasan utama
24. Disajikan teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan polanya
25. Disajikan teks eksposisi, peserta didik dapat menemukan kalimat argumentasi
26. Disajikan teks eksposisi,peserta didik dapat menentukan struktur, pola dan kalimat persuasif
27. Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menentukan konjungsi kausalitas
28. Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menentukan makna denotasi
29. Peserta didik dapat menulis huruf kapital dengan benar dan dapat memperbaiki kesalah penulisan kata
30. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan cirri dan unsur batin puisi
31. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menentukan tema puisi
32. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menentukan imaji puisi
33. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menentukan maksud puisi
34. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan suasana puisi
35. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan keindahan puisi
36. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan makna denotasi dan konotasi puisi
37. Disajikan teks puisi, peserta didik dapat menjelaskan makna lambang dalam puisi
38. Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menjelaskan strukturnya
39. Disajikan dua teks, peserta didik dapat membedakan teks eksposisi dan teks eksplanasi
40. Disajikan tek seksplanasi, peserta didik dapat menjelaskan pola,struktur dan isi.
41. Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan tema teks eksplanasi
42. Disajikan dua buah berita peserta didik dapat menentukan kesamaan informasi dan perbedaan penyajian kedua teks berita
43. Disajikan dua buah berita peserta didik dapat menentukan kesamaan informasi dan perbedaan penyajian kedua teks berita
44. Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan jenisnya
45. Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan jenisnya
46. Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan bagian-bagian iklan, memberikan komentar, menentukan sasaran dari pengiklanan, dan menentukan pesan
47. Disajikan sebuah iklan, pesertadidik dapat menjelaskan bagian-bagian iklan, memberikan komentar, menentukan sasaran dari pengiklanan, dan menentukan pesan
48. Peserta didik dapat menulis huruf kapital dengan benar dan dapat memperbaiki kesalah penulisan kata.
49. Disajikan teks eksposisi,peserta didik dapat menentukan struktur, pola dan kalimat persuasif.
50. Disajikan teks eksposisi , peserta didik dapat menentukan gagasan utama.
Al-Qur'an Hadits
1. Menjelaskan pengertian Mad secara bahasa
2. Menentukan macam huruf mad
3. Pengertian’iwad” pada hukum bacaan Mad ‘Iwad
4. Menentukan contoh bacaan Mad ‘iwad
5. Menjelaskan panjang bacaan mad
6. Menerjmahkan kata layyin pada hukum bacaan Mad Layyin
7. Menentukan panjang bacaan Mad Layyin
8. Menentukan contoh bacaan Mad Layyin
9. Menentukan contoh bacaan Mad ‘ridlissukun
10. Disajikan data, siswa menentukan hukum bacaan
11. Menentukan nama hukum bacaan yang sesuai dengan pernyataan (Mad Iwad, Mad layyin, Mad ‘Aridlissukun)
12. Menentukan ciri bacaan mad ‘iwad
13. Menentukan cara membaca Mad ‘iwad
14. Menjelaskan pengertian Mad ‘aridlissukun secara istilah
15. Menejelaskan penertian infaq
16. Menetukan golongan penenrima sedekah/infaq
17. Menentukan manfaat berinfaq
18. Menentukan perbedaan infaq dan zakat
19. Menentukan perkara yang diinfaqan menurut QS Al Baqarah ayat 267
20. Menentukan golongan penerima infaq menurut QS At At Taubah ayat 60
21. Menentukan lafadz untuk meneruskan ayat QS AL Fajr
22. Menejelaskan bentuk ujian manusia sesuai dengan QS AL Fajr ayat 15
23. Menjelaskan sebab kemuliaan seseorang menurut QS Al Fajr ayat 15-16
24. Menjelaskan sebab terhinanya seseorang menurut QS Al Fajr ayat 15-16
25. Menerjemahkan lafdz Al Fajr
26. Menunjukan lafdz yang sesuai arti pada soal ayat al fajr ayat 15-18
27. Menentukan hukum memberi nafkah
28. Menerjemahkan hadits tentang anak yatim
29. Menentukan istilah yang sesuai dengan pernyataan tentang niat pemberian infaq
30. Menyebutkan istilah cara memberikan harta kita kepada orang lain
31. Menyebutkan yang tidak tergolong pendusta agama menurut QS AL Ma’un
32. Menyebutkan manfaat bersedekah
33. Menunjukan gambaran orang bersedekah kepada anak yatim di syurga
34. Menunjukan orang yang diperintah untuk bersedekah sesuai QS Al Baqarah ayat 254
35. Menjelaskan maksud dari kalaimat dholim
36. Menunjukan surat dan ayat dalam Al Quran tentang keutamaan bersedekah
37. Menyebutkan shahabat nabi yang pernah menyumbang unta 300 ekor
38. Menyebutkan sahabat nabi yang pernah bersedah 2000 dinar
39. Menerjemahkan hadis ......
40. Menyebutkan perowi hadist tentang sedekah
41. Menyebutkan makna dari terjemh hadis “tangan di atas”
42. Menjelaskan pengertian ‘Iffah
43. Menjelaskan hukum menerima pemberian atau hadiah
44. Menerjemahkan hadits ....
45. Menyebutkan yang tidak termasuk cara menjadi dermawan
46. Menjelaskan balasan bagi yang beinfaq dengan ikhlas
47. Menentukan istilah bagi orang yang rela menerima dengan yang diberikan oleh Allah
48. Menyebutkan penerima sedekah yang palinh utama
49. Menjelaskan akibat dari sikap dholim
50. Menjelaskan akibat sikap kikir
Matematika
1. Disajikan 6 bilangan berurutan, siswa dapat menentukan 3 suku berikutnya.
2. Disajikan beberapa bilangan berututan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi barisan bilangan tersebut.
3. Disajikan barisan bilangan, siswa dapat menentukan suku ke-12
4. Disajikan gambar segitiga-segitiga yang dibentuk dari beberapa setik yang membentuk pola bilangan. Siswa diminta untuk menentukan banyaknya setik pada pola ke-10 dan ke-100
5. Siswa dapat menentukan rumus dari pola bilangan genap
6. Disajikan diagram Kartesius, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik
7. Siswa dapat menentukan ordinat dari koordinat 2 buah titik
8. Siswa dapat menentukan jarak suatu titik dari sumbu Y
9. Siswa dapat menentukan posisi titik dari titik pusat (0,0)
10. Siswa dapat menentukan posisi sebuah titik dari tertentu (a,b)
11. Diketahui koordinat titikP dan Q pada pada koordinat kertesius, siswa dapat mengetahui koordinat titik R agar PQR membentuk segitiga siku-siku.
12. Siswa dapat menentukan mana yang bukan merupakan cara menyajikan suatu bentuk relasi.
13. Disajikan dua himpunan, siswa diminta menentukan relasi yang mungkin
14. Disajikan Himpunan pasangan Berurutan dari Himpunan A dan Himpunan B dengan relasi Mata Pelajaran yang disukai. Siswa dapat menentukan mata pelajaran yang paling banyak disukai siswa pada Himpunan pasangan Berurutan tersebut.
15. Disajikan fungsi dari dua himpunan, siswa dapat menentukan rangenya
16. Disajikan rumus dari suatu fungsi, siswa dapat menentukan nilai untuk x = 3.
17. Disajikan beberapa persamaan, siswa dapat menentukan yang termasuk persamaan garis lurus
18. Siswa dapat menentukan gradien garis dari persamaan y = mx + c
19. Disajikan garis yang melalui dua buah titik, siswa dapat menentukan gradien dari garis tersebut
20. Siswa dapat Menentukan persamaan garis lurus dengan gradien m dan melalui titik (x1,y1)
21. Siswa dapat Menentukan persamaan garis yang melalui titik (x1,y1) dan (x2,y2)
22. Siswa dapat menentukan nilai x pada sebuah persamaan linear dua variabel jika diketahui nilai y.
23. Siswa dapat menentukan himpunan Penyelesaian dari dua persamaan linear dua variabel
24. Siswa dapat menentukan nilai operasi penjumlahan dari hasil penyelesaian SPLDV.
25. Siswa dapat menentukan nilai operasi pengurangan dari hasil penyelesaian SPLDV.
Fikih
1. Peserta didik dapat menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi
2. Peserta didik dapat melafalkan bacaan sujud sahwi
3. Peserta didik menyebutkan hukum sujud sahwi
4. Disajikan cerita singkat orang shalat munfarid yang dalam shalatnya melakukan kesalahan
5. Disajikan cerita singkat seseorang, dan peserta didik dapat menentukan sebab-sebab dilakukannya sujud syukur
6. Disajikan opsi, peserta didik menyebutkan syarat sujud syukur
7. Disajikan cerita, peserta didik menyebutkan sebab-sebab sujud syukur
8. Disajikan cerita, peserta didik menentukan ayat sujud syukur
9. Peserta didik dapat menentuakan dalil yang menerangkan sujud syukur
10. Disajikan opsi, peserta didik dapat menentukan sebab melakukan sujud tilawah
11. Disajikan opsi, peserta didik dapat menentukan sebab melakukan sujud tilawah
12. Disajikan cerita, peserta didik dapat menyebutkan hukum zakat
13. Peserta didik dapat menyebutkan syarat zakat fitrah
14. Disajikan cerita singkat, peserta didik menghitung jumlah zakat yang dikeluarkan
15. Peserta didik dapat mengetahui waktu untuk mengeluarkan zakat fitrah
16. Peserta didik dapat menyebutkan mustahik zakat
17. Peserta didik dapat menyebutkan syarat zakat fitrah
18. Disajikan cerita singkat, peserta didik menghitung jumlah zakat yang dikeluarkan
19. Disajikan cerita singkat, peserta didik menghitung jumlah zakat yang dikeluarkan
20. Peserta didik dapat menyebutkan kelompok hewan yang perlu dizakati
21. Peserta didik dapat menyebutkan banyaknya zakat hewan ternak
22. Peserta didik dapat menyebutkan banyaknya zakat emas
23. Peserta didik dapat menyebutkan syarat zakat fitrah
24. Disajikan opsi, peserta didik menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa
25. Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam puasa
26. Peserta didik dapat menyebutkan dalil puasa ramadhan
27. Peserta didik menentukan perkara yang menjadi halangan puasa
28. Peserta didik menentukan perkara yang menjadi halangan puasa
29. Peserta didik dapat Menyebutkan amalan sunnah pada waktu puasa
30. Peserta didik sapat Menyebutkan kifarat meninggalkan puasa
31. Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam puasa
32. Peserta didik dapat Menyebutkan dalil Keutamaan puasa
33. Disajikan cerita, Peserta didik dapat menyebutkan rukun puasa
34. Peserta didik dapat menjelaskan arti I’tikaf
35. Disajikan opsi, Peserta didik dapat menyebutkan rukun I’tikaf
36. Disajikan cerita singkat, Peserta didik dapat Menyebutkan Hukum I’tikaf
37. Peserta didik dapat mentukan waktu pelaksanaan I’tikaf berdasarkan hadits
38. Disajikan cerita singkat, Peserta didik dapat Menyebutkan Hukum I’tikaf
39. Disajikan opsi, Peserta didik dapat menentukan syarat I’tikaf
40. Peserta didik dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan I’tikaf
41. Peserta didik dapat Menjelaskan dalil hadits larangan untuk beri‟tikaf
42. Disajikan cerita singkat, peserta didik dapat menyebutkan sunnah I’tikaf
43. Disajikan opsi, Peserta didik dapat menentukan syarat I’tikaf
44. Peserta didik dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan I’tikaf
45. Peserta didik dapat Menyebutkan hikmah I’tikaf
46. Disajikan opsi, Peserta didik dapat menentukan syarat I’tikaf
47. Disajikan opsi, Peserta didik dapat menyebutkan rukun I’tikaf
48. Peserta didik dapat menyebutkan amalan saat i’tikaf
49. Peserta didik dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan I’tikaf
50. Peserta didik dapat Menjelaskan dalil hadits larangan untuk beri‟tikaf
Bahasa Arab
1. Ditampilkan Jam dinding, mampu menjawab soal sesuai petunjuk gambar
2. Ditampilkan Jam dinding dan dialog (muhadatsah), mampu menjawab soal sesuai petunjuk gambar
3. Mengubah angka dengan huruf dengan benar
4. Menerjemahkan ke daam bahasa arab dengan benar
5. Menerjemahkan penggalan kalimat dengan benar
6. Menentukan waktu yang sesuai dengan konteks kalimat
7. Menjermahkan ke dalam bahasa arab dengan benar
8. Menerjemahkan mufrodat di dalam kalimat dengan benar
9. Menjawab percakapan menggunakan ungkapan kepemilikian dengan benar
10. Menjawab pertanyaan fungsi waktu dengan benar
11. Menerapkan fungsi adatul jar di dalam kalimat dengan benar
12. Menjawab pertanyaan sesuai teks
13. Menyusun kata acak menjadi kalimat dengan benar
14. Menyusun kata acak menjadi kalimat dengan benar
15. Menyisipkan ‘adad ma’dud di dalam kalimat dengna benar
16. Menyisipkan ‘adad ma’dud di dalam kalimat dengna benar
17. Menjawab pertanyaan dengan fi’il mudhori yang sesuai dengan fa’illnya
18. Menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks dengen benar
19. Menyisipkan dhamir ke dalam kalimat dengan benar
20. Melengkapi kalimat rumpang tentang jam dengan benar
21. Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks
22. Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks
23. Melengkapi kalimat rumpang dengan fi’il mudhori yang sesuai dengan fa’il
24. Menyusun kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan benar
25. Menjawab pertanyaan dengan fi’il mudhori yang sesuai dengan fai’ilnya dengan benar
26. Melengkapi kalimat rumpang dengan fi’il mudhori yang sesuai dengan fa’il
27. Menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan benar
28. Menentukan kalimat yang benar (penggunaan fi’il mudhori dengan fa’il) dengan benar
29. Menentukan mubtada di dalam kalimat dengen banar
30. Menentukan khobar di dalam kalimat dengen benar
31. Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks dengan benar
32. Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks dengan benar
33. Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks dengan benar
34. Disajikan teks. Menjawab pertanyaan sesuai teks dengan benar
35. Disajikan kalimat. Menentukan fa’il dengan benar
36. Disajikan percakapan. Menentukan fi’il mudhori dengan benar
37. Disajikan percakapan. Menentukan kata Tanya+fi’il mudhori yang tepat
38. Disajikan kalimat. Menentukan fa’il dengan benar
39. Disajikan kalimat. Menentukan fi’il dengan benar
40. Menyusun kata menjadi kalimat sempurna dengan benar
41. Melengkapi kalimat rumpang dengan kata Tanya dan menyebutkan huruf angka dengan benar
42. Melengkapi kalimat rumpang
43. Melengkapi kalimat rumpang dengan isim mashdar dengan benar
44. Disajikan teks. Menjawab pertanyaan dengan makna tersirat dari teks dengan benar
45. Melengkapi kalimat rumpang dengan isim maf’ul bih dengan benar
46. Melengkapi kalimat rumpang dengan isim maf’ul bih dengan benar
47. Menemukenali fii’il mudhari sesuai fa’ilnya dengan benar
48. Menyebutkan status kalimat di dalam jumlah dengan benar
49. Disajikan teks. Mengidentifiksi jenis hobi yang muncul dengan benar
50. Menyebutkan rumus jumlah ismiyah dengan benar
Ke-NU-an
Belum Tersedia !
Bahasa Inggris
1. Diberikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan respon dari ungkapan meminta perhatian yang tepat.
2. Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan respon ungkapan paham yang tepat
3. Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan ungkapan meminta pendapat yang tepat.
4. Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan ungkapan memberi Apresiasi (pujian) yang tepat.
5. Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat tanya yang tepat yang menanyakan kemampuan.
6. Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat tanya yang tepat yang menanyakan kemauan.
7. Disajikan sebuah dialog: Peserta didik menentukan topik dialog.
8. Peserta didik menentukan kalimat yang menunjukan memberi rekomendasi yang seharusnya di lakukan.
9. Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat obligasi larangan (yang menunjukan keharusan) bentuk verbal
10. Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan kalimat ajakan yang tepat.
11. Disajikan dialog. Peserta didik menentukan kalimat menyuruh yang tepat.
12. Peserta didik menentukan respon menerima ajakan.
13. Disediakan sebuah gambar. Peserta didik menentukan kalimat larangan yang tepat.
14. Disajikan dialog. Peserta didik menentukan kalimat menyuruh yang tepat.
15. Disajikan dialog. Peserta didik menentukan kalimat menyuruh yang tepat.
16. Disajikan dialog. Peserta didik menentukan kalimat menyuruh yang tepat.
17. Peserta didik menentukan respon kalimat menyuruh yang tepat.
18. Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat yang menunjukan ungkapan meminta ijin yang tepat.
19. Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat yang menunjukan ungkapan meminta ijin yang tepat.
20. Disediakan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Kalimat yang menunjukan ungkapan meminta ijin yang tepat.
21. Respon menerima permintaan ijin yang tepat.
22. Respon menerima permintaan ijin yang tepat.
23. Disediakan kalimat acak, Peserta didik menyusun kalimat meminta ijin yang tepat
24. Disediakan sebuah dialog, peserta didik dapat menentukan ungkapan penolakan yang tepat.
25. Disajikan sebuah dialog, peserta didik dapat menentukan ungkapan mengundang seseorang dengan benar
26. Disajikan sebuah dialog, peserta didik dapat menentukan respon menerima undangan seseorang dengan benar
27. Peserta didik menentukan nomina singular
28. Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut
29. Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut
30. Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut
31. Di sajikan teks fungsional pendek yang berisikan ucapan selamat. Peserta didik menentukan jenis teks fungsional pendek tersebut.
32. Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut
33. Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut
34. Peserta didik menentukan nomina singular Peserta didik menentukan : Menyimpulkan informasi dari teks tersebut
35. Di sajikan teks fungsional pendek yang berisikan ucapan selamat. Peserta didik menentukan tujuan teks fungsional dari text tersebut
36. Disajikan sebuah dialog. Peserta didik menentukan: Unsur kebahasaan “there is” dengan tepat.
37. Unsur kebahasaan “there are” dengan tepat.
38. Unsur kebahasaan “there are” dengan tepat.
39. Unsur kebahasaan “there are” dengan tepat.
40. Peserta didik menentukan kata jumlah yang tepat
41. Peserta didik menentukan kata jumlah yang tepat
42. Peserta didik menentukan kata jumlah yang tepat
43. Disediakan sebuah teks (wacana) yang memuat keberadaan ruangan-ruangan di sekolah. Peserta didik menentukan informasi rinci
44. Disediakan sebuah teks (wacana) yang memuat keberadaan ruangan-ruangan di sekolah. Peserta didik menentukan informasi rinci
45. Disediakan gambar: Peserta didik menentukan frasa kata depan
46. Disediakan gambar: Peserta didik menentukan frasa kata depan
47. Peserta didik menentukan: Kalimat simple present tense bentuk verbal
48. Peserta didik menentukan: Kalimat simple present tense bentuk verbal
49. Respon kalimat tanya bentuk verbal
50. Diberikan kalimat acak, Peserta didik menetukan susunan kalimat simple present tense
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
1. Siswa dapat menjelaskan penyebab tergulingnya Dinasti Umayah
2. Siswa dapat menyebutkan lama kekuasaan Bani Umayah
3. Siswa dapat menjelaskan nama perang yang mengakhiri kekuasaan Daulah Umayah
4. Siswa dapat menjeaskan bangsa yang mendapat perlakuan istimewah pada masa daulah Umayah
5. Siswa dapat menjelaskan kepemimpinan turun temurun
6. Siswa dapat mengidentifikasi kelompok-kelompok masyarakat yang kecewa terhadap pemerintahan daulah Umayah
7. Siswa dapat menyebutkan panglima perang daulah Abbasiyah yang berasal dari Khurasan
8. Siswa dapat mengidentifikasi kota yang dijadikan sebagai pusat pergerakan daulah Umayah.
9. Siswa dapat menyebutkan tokoh pelopor gerakan Daulah Abbasiyah
10. Siswa dapat menyebutkan periodesasi kekuasaan daulah Abbasiyah
11. Siswa dapat menyebutkan lama kekuasaan Daulah Abbasiyah
12. Siswa dapat menyebutkan Wazir pertama yang diangkat kholifah Abu Jafar Al-Mansur
13. Siswa dapat menyebutkan jumlah kholifah Daulah Abbasiyah
14. Siswa dapat menyebutkan Dinasti sebelum Daulah Abbasiyah
15. Siswa dapat menyebutkan kholifah pertama Dinasti Abbasiyah
16. Siswa dapat menyebutkan kholifah terakhir Dinasti Abbasiyah
17. Siswa dapat menjelaskan ibukota pemerintahan daulah Abbasiyah
18. Siswa dapat mengidentifikasi kholifah daulah Abbasiyah yang menonjol
19. Siswa dapat menyebutkan Wazir pertama yang diangkat Abu Jafar al-Mansur
20. Siswa dapat menyebutkan pengertian Wazir
21. Siswa dapat menjelaskan kholifah yang mencintai ilmu pengetahuan
22. Siswa dapat menyebutkan penulis kisah 1001 tentang kemegahan kota Bagdad
23. Siswa dapat menjelaskan lembaga yang dibangun oleh Abdullah Al-Makmun
24. Siswa dapat menjelaskan tokoh yang pandai yang suka memberi nasehat kepada kholifah Harun al-Rosyid
25. Siswa dapat mengidentifikasi pembangunan yang fenomenal pada masa Abu Jafar al-Mansur
26. Siswa dapat menjelaskan Departemen Keamanan
27. Siswa dapat menyebutkan nama Baitul Mal
28. Siswa dpat menyebutkan kejayaan yang dicapai kholifah Abdullah Al-Makmun
29. Siswa dapat menyebutkan karya dari Ali bin Rabban at-Tabari
30. Siswa dapat menyebutkan pengarang Ensiklopedikedokteran pertama
31. Siswa dapat menyebutkan tokoh bidang kedokteran yang dijuluki pangeran para dokter
32. Siswa dapat mengidentifikasi tokoh filsuf pertama
33. Siswa dapat menyebutkan jumlah karya dari Al-Kindi
34. Siswa dapat menyebutkan nama lain dari ilmu astronomi
35. Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh bidang ilmu kedokteran pada masa daulah Abbasiyah
36. Siswa dapat menunjukkan ilmuwan yang pertama menemukan penyakit Cacar dan Campak
37. Siswa dapat mengidentifikasi ilmuwan muslim yang pernah belajar dan mengajar pada madrasah Nizamiyah
38. Siswa dapat menyebutkan ilmuwan muslim bidang ilmu Astronomi
39. Siswa dapat menyebutkan nama lain dari ilmuwan muslim Ibnu Sina
40. Siswa dapat mengidentifikasi kitab hadits yang kedudukannya setelah kitab Shohih Bukhori
41. Siswa dapat menunjukkan karya dari ilmuwan Tafsir
42. Siswa dapat menyebutkan pengertian dari kata Mufasir
43. Siswa dapat menyebutkan ulama Fikih pada masa Daulah Abbasiyah
44. Siswa dapat menunjukkan karya dari ilmuwan ilmu Fikih (Imam Malik ) pada masa Daulah Abbasiyah
45. Siswa dapat mengidentifikasi dampak positip dari perkembangan/peradaban Dinasti Abbasiyah
46. Siswa dapat menyebutkan nama Dinasti sebelum Dinasti Ayyubiyah
47. Siswa dapat menyebutkan pemimpin dari Dinasti Ayyubiyah
48. Siswa dapat menjelaskan mazhab /aliran yang dianut oleh Dinasti Ayyubiyah
49. Siswa dapat menyebutkan pengertian dari golongan Syi’ah
50. Siswa dapat menyebutkan keteladanan para ilmuwan muslim pada masa Dinasti Abbasiyah
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
1. Disajikan data, siswa mengetahui jenis tulang pipih
2. Disajikan data, siswa mengetahui jenis sendi gerak
3. Disajikan data, siswa mengetahui ciri-ciri otot jantung
4. Disajikan data, siswa mengetahui kenapa hewan terseut lebih cepat bergerak
5. Disajikan data, siswa mengetahui gerak nasti
6. Disajikan data, siswa mengetahui kelajuan sebuah mobil
7. Disajikan data, siswa mengetahui konsep percepatan pada sebuah benda
8. Disajikan data, siswa mengetahui konsep hokum 1 Newton
9. Disajikan data, siswa mengetahui kelainan yang terjadi pada tulang punggung
10. Disajikan data, siswa mengetahui gangguan fraktura pada sistem gerak
11. Disajikan data, siswa mengetahui usaha yang dilakukan suatu benda
12. Disajikan data, siswa mengetahui nilai daya
13. Siswa mengetahui keuntungan menggunakan pesawat sederhana
14. Disajikan data, siswa mengetahui kuasa yang diperlukan pada tuas
15. Disajikan data, siswa mengetahui keuntungan mekanik pada bidang miring
16. Disajikan data, siswa mengetahui prinsip penggunaan pesawat sederhana
17. Disajikan data, siswa mengetahui fungsi bagian akar yang ditunjuk
18. Disajikan data, siswa mengetahui fungsi bagian batang yang ditunjuk
19. Disajikan data, siswa mengetahui fungsi bagian daun yang ditunjuk
20. Disajikan data, siswa mengetahui jaringan pada tumbuhan
21. Siswa mengetahui gedung theatre di Singapura yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan
22. Siswa mengetahui aplikasi struktur dan jarigan tumbuhan dalam pembuatan rumah
23. Disajikan data, siswa mengetahui siswa mengetahui makanan sumber karbohidrat
24. Disajikan data, siswa mengetahui urutan saluran pencernaan manusia
25. Disajikan data, siswa mengetahui enzim yang dihasilkan pada organ yang ditunjuk
26. Siswa mengetahui gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan jika kekurangan makanan yang mengandung serat
27. Disajikan data, siswa mengetahui nama zat aditif dan fungsinya yang benar
28. Disajikan data, siswa mengetahui bahan pewarna alami
29. Siswa mengetahui keuntungan menggunakan pewarna alami
30. Siswa mengetahui pengertian zat adiktif
31. Disajikan data, siswa mengetahui zat adiktif yang terkandung pada rokok
32. Disajikan data, siswa mengetahui ciri-ciri sakau
33. Disajikan data, siswa mengetahui ciri dari sel darah merah
34. Disajikan data, siswa mengetahui urutan proses pembekuan darah
35. Disajikan data, siswa mengetahui fungsi serambi kiri
36. Disajikan data, siswa mengetahui urutan peredaran darah kecil
37. Disajikan data, siswa mengetahui ciri-ciri pembuluh vena cava
38. Disajikan data, siswa mengetahui ciri-ciri pembuluh arteri dan vena
39. Siswa mengetahui konsep penggolongan darah
40. Siswa mengetahui penyakit pada sstem peredaran darah
Akidah Akhlak
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian al qur’an
2. Peserta didik menjelaskan wahyu terahir berupa haji wada
3. Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan al qur’an
4. Peserta didik mampu menjelaskan isi dari surat al Isro’ ayat 82
5. Mampu menjelaskan kisah-kisah dari al qur’an
6. Mampu menjelaskan kisah-kisah dari al qur’an
7. Mampu menjelaskan kisah-kisah dari al qur’an
8. Peserta didik dapat menjelaskan keistimewaan al qur’an
9. Peserta didik dapat menjelaskan keistimewaan al qur’an
10. Peserta didik dapat menjelaskan keistimewaan al qur’an
11. Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian mukjizat
12. Disajikan contoh mukjizat kisah nabi. Peserta didik dapat membedakan macam-macam mukjizat
13. Disajikan contoh mukjizat kisah nabi. Peserta didik dapat membedakan macam-macam mukjizat
14. Disajikan contoh kisah Nabi Muhammad yang di naungi oleh awan tebal ketika dalam perjalanan berniaga dari syam ke mekah. Peserta didik dapat menyebutkan contoh kejadian luar biasa lainnya
15. Disajikan beberapa contoh mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya. Peserta didik dapat membedakan contoh karamag
16. Peserta didik mampu membedakan mukjizat,karomah,irhas dan maunah
17. Peserta didik mampu membedakan mukjizat,karomah,irhas dan maunah
18. Peserta didik dapat menjelaskan QS Yunus : 62
19. Peserta didik mampu membedakan mukjizat,karomah,irhas dan maunah
20. Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji
21. Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji
22. Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji
23. Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji
24. Diuraikan sebuah pengertian tentang akhlak terpuji. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji
25. Disajikan Qs. Ar Ra’du ayat 11, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut
26. Disajikan contoh akhlak terpuji peserta didik dapat menjelaskan perilaku akhlak terpuji
27. Disajikan contoh akhlak terpuji peserta didik dapat menjelaskan perilaku akhlak terpuji
28. Disajikan contoh akhlak terpuji peserta didik dapat menjelaskan perilaku akhlak terpuji
29. Disajikan QS. ibrahim ayat 7, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut
30. Disajikan contoh akhlak terpuji peserta didik dapat menjelaskan perilaku akhlak terpuji
31. Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela
32. Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela
33. Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela
34. Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela
35. Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela
36. Disajikan sebuah cerita tentang seorang siswa, peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak tercela
37. Peserta didik mampu memahami tentang akhlak tercela
38. Peserta didik mampu memahami tentang akhlak tercela
39. Peserta didik mampu memahami tentang akhlak tercela
40. Disajikan QS.isra ayat 15, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat tersebut
41. Peserta didik dapat menyebutkan adab kepada guru
42. Peserta didik dapat menyebutkan adab kepada guru
43. Disajikan Qs. al-isra ayat 24, peserta didik dapat menafsirkan makna yang terkandung dalam ayat tersebut
44. Disajikan sebuah cerita tentang sayyidina ali, peserta didik dapat menjelaskan pengertian guru menurut cerita itu
45. Peserta didik dapat menyebutkan cara anak berbakti kepada orang tua
46. Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku sikap guru
47. Pesera didik dapat menyebutkan salah satu alasan raja fir’aun menolak dakwah nabi Musa as
48. Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan Nabi Musa as
49. Peserta didik dapat menjelaskan contoh perilaku untuk meneladani nabi musa as
50. Peserta didik dapat menjelaskan keteladanan yang dapat di ambil dari kisah keteladanan nabi musa as
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
1. Diberikan ilustrasi tentang negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan kapan berdirinya ASEAN
2. Diberikan ilustrasi tentang negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan negara pemrakarsa berdirinya ASEAN
3. Diberikan ilustrasi negara ASEAN ,peserta didik dapat menunjukkan letak geografis negara ASEAN
4. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan dua deretan jalur pegunungan yang melewati Indonesia
5. Diberikan ilustrasi tentang negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan negara anggota ASEAN yang negaranya tidak didukung kegiatan pertanian
6. Diberikan ilustrasi tentang negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan letak geografis dengan jenis sumber daya alam yang dihasilkan
7. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan dampak dari adanya dua pegunungan besar di ASEAN
8. Diberikan ilustrasi tentang negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan negara yang tidak memiliki garis pantai
9. Diberikan ilustrasi tentang negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskn negara ASEAN yang tidak pernah dijajah
10. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara ASEAN secara geografis, peserta didik dapat memberi contoh negara yang berbentuk compact
11. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara Myanmar, peserta didik dapat menjelaskan kepala pemerintahan negara myanmar
12. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara ASEAN secara geografis, peserta didik dapat memberi contoh negara yang berbentuk compact
13. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjelaskan dampak dari adanya dua pegunungan besar di ASEAN
14. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara Brunai Darussalam, peserta didik dapat menjelaskan ibu kota negara Brunai Darussalam
15. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara Singapura, peserta didik dapat menjelaskan kegiatan ekonomi negara Singapura
16. Diberikan ilustrasi tentang negara Brunai Darussalam, peserta didik mampu menyebutkan mata uang negara Brunai Darussalam
17. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara malaysia, peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa negara Malaysia beriklim tropis
18. Diberikan ilustrasi tentang karakterisirik negara Kamboja, peserta didik dapat menjelaskan sektor Industri di Kamboja
19. Diberian ilustrasi negara Malaysia , peserta didik dapat menjelaskan batas wilayah negara Malaysia
20. Diberikan ilustrasi tentang negara Kamboja, peserta didik dapat menjelaskan penduduk yang dominan di Kamboja
21. Diberikan ilustrasi tentang karakteristik negara Laos, peserta didik dapat menjelaskan bahasa resmi negara Laos
22. Diberikan ilustrasi tentang negara Mynamar, peserta didik dapat menjelaskan produk unggulan Myanmar
23. Diberikan ilustrasi negaraVietnam, peserta didik dapat menjelaskan musim hujan di negara Vietnam
24. Diberikan ilustrasi kerjasama antarnegara-negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan faktor yang mendorong terjadinya kerjasama
25. Diberikan ilustrasi tentang kebijakan negara, peserta didik dapat menyebutkan kebijakan untuk melindungi kepentingan dan daya saing
26. Diberikan ilustrasi kerjamasa antar negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjealkan kerjasama dalam bidang sosial dan politik
27. Diberikan ilustrasi kerjamasa antar negara-negara ASEAN, peserta didik dapat menjealkan kerjasama dalam bidang sosial dan politik
28. Diberikan ilustrasi tentang kerjasama negara-negara ASEAN. peserta didik dapat menyebutkan tiga pilar peningkatan kerjasama antarnegara-negara ASEAN
29. Diberikan ilustrasi tentang pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang, peserta didik dapat menjelaskan pasar tunggal di kawasan Asia tenggara.
30. Diberikan ilustrasi tentang kerjasama negara-negara ASEAN, peserta didik menjelaskan kerjasama bilateral
31. Diberikan ilustrasi tentang kerjasama negara ASEAN, peserta didik memberikan contoh kerjasama dalam bidang politik
32. Diberikan ilustrasi tentang Mobilitas sosial,peserta didik dapat menjelaskn pengertian mobilitas sosial dr para hali
33. Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat memberi contoh bentuk-bentuk mobilitas sosial
34. Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat memberi contoh bentuk-bentuk mobilitas sosial
35. Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat memberi contoh bentuk-bentuk mobilitas sosial
36. Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat menyebutkan faktor pendorong mobilitas sosial
37. Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial , peserta didik dapat menyebutkan saluran mobilitas sosial
38. Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat menyebutkan dampak mobilitas sosial
39. Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat menyebutkan dampak mobilitas sosial
40. Diberikan ilustrasi tentang mobilitas sosial, peserta didik dapat menyebutkan faktor pendorong mobilitas sosial
41. Diberikan ilustrasi tentang pliralitas, peserta didik dapat menjelaskan pengertian plural
42. Diberikan ilustrasi tentang perbedaan budaya, peserta didik dapat memberi contoh perbedaan budaya yang terjadi di masyarakat
43. Diberikan ilustrasi tentang konflik, peserta didik dapat menyebutkan fakto penyebab konflik
44. Diberikan ilustrasi tentang konflik., peserta didik dapat menyebutkan cara menyelesaikan konflik
45. Diberikan ilustrasi tentang konflik., peserta didik dapat menyebutkan cara menyelesaikan konflik
46. Diberikan ilustrasi tentang integrasi, peserta didik dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi cepat lambat proses integrasi
47. Diberikan ilustrasi tentang integrasi, peserta didik mampu menyebutkan bentuk-bentuk intergrasi
48. Diberikan ilustrasi tentang integrasi, peserta didik mampu menyebutkan faktor pendorong integrasi sosial
49. Diberikan ilustrasi tentang integrasi sosial, peserta didik mampu menjelaskan cara meningkatkan integrasi sosial
50. Peserta didik dapat menyebutkan syarat terwujudnya intergasi sosial.
Prakarya
Belum Tersedia !
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
1. Menyebutkan tanggal pengenalan istilah Pancasila oleh Ir.Soekarno.
2. Mengidentifikasi TAP MPR yang tepat yang menyatakan Pancasila sebagai sumber hukum.
3. Mengidentifikasi pernyataan yang bukan merupakan alasan Pancasila dijadikan sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.
4. Menjelaskan makna Pancasila sebagai sumber hukum dasar nasional.
5. Mengidentifikasi fungsi Pancasila sebagai kepribadian bangsa.
6. Mengidentifikasi fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia
7. Menyebutkan tanggal ditetapkannya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
8. Mengidentifikasi fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
9. Mengidentifikasi tentang isi pokok pembukaan UUD 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki dasar dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara.
10. Mengidentifikasi fungsi Pancasila dalam menyeleksi budaya asing.
11. Menyebutkan tokoh yang mengukuhkan nama Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
12. Mengidentifikasi makna Pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia.
13. Memahami nilai – nilai Pancasila sebagai dasar Negara.
14. Menjelaskan nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila.
15. Menganalisis nilai penerapan sikap yang tidak terkandung dalam sila ke empat Pancasila.
16. Menyebutkan tiga fungsi pokok Pancasila
17. Menganalisis nilai penerapan sikap yang terkandung dalam sila ke dua Pancasila.
18. Menganalisis nilai pengamalan Pancasila yang tidak termasuk dalam lingkungan masyarakat.
19. Mengidentifikasi lingkungan yang tepat yang sesuai nilai pengamalan Pancasila.
20. Menganalisis nilai pengamalan Pancasila yang termasuk dalam lingkungan keluarga.
21. Menganalisis arti dari aturan – aturan yang terpelihara dalam praktik penyelenggaraan negara.
22. Mengidentifikasi pernyataan yang tidak termasuk unsur – unsur dalam makna konstitusi yang menonjol menurut Sovernin Lohman .
23. Menyebutkan lembaga yang menetapkan dan mengesahkan UUD Tahun 1945 sebagai Kontitusi negara Indonesia.
24. Mengidentifikasi pernyataan yang tidak termasuk ciri – ciri umum suatu konstitusi.
25. Mengidentifikasi sidang yang merumuskan UUD 1945 sebagai konstitusi negara.
26. Menjelaskan tentang pembukaan UUD 1945 yang tidak bisa diubah
27. Menyebutkan cara untuk mempertahankan UUD 1945
28. Menyebutkan kewajiban dalam melaksanakan dan mempertahankan UUD 1945
29. Menyebutkan bentuk-bentuk partisipasi warga negara dalam mempertahankan UUD 1945
30. Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 tentang negara Indonesia adalah negara hukum
31. Mengidentifikasi pengertian peraturan perundang-undangan
32. Menjelaskan sifat peraturan perundang-undangan
33. Mengurutkan tata urutan peraturan perundang-undangan
34. Menjelaskan lembaga yang mengubah dan menetapkan UUD 1945
35. Menguraikan tata cara mengubah UUD 1945
36. Mengidentifikasi salah satu kesepakatan dasar dalam mengubah UUD 1945 dengan cara adendum
37. Mengidentifikasi pengertian ketetapan MPR
38. Menyebutkan lembaga yang berwenang membuat UU
39. Menyebutkan lembaga yang mengusulkkan RUU
40. Menguraikan proses pembuatan UU yang diusulkan oleh DPR
41. Menyebutkan peraturan perundang-undangan yang kedudukannya setara dengan UU
42. Menyebutkan lembaga yang mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti UU
43. Mengurutkan tahapan-tahapan pembentukan peraturan pemerintah
44. Menyebutkan lembaga yang membuat peraturan daerah tingkat provinsi
45. Mengidentifikasikan pengertian kepatuhan
46. Menyebutkan indikator tentang kesadaran hukum warga negara
47. Menyebutkan sikap taat pada hukum dilingkungan bangsa dan negara
48. Menentukan sikap taat pada hukum dilingkungan sekolah
49. Menentukan sikap taat pada hukum dilingkungan masyarakat
50. Menyebutkan sikap taat pada hukum dilingkungan bangsa dan negara
Seni Budaya
1. Mendiskripsikan pengertian ilustrasi dekoratif
2. Mendiskripsiksn pengertian karikatur
3. Mendiskripsikan pengertian lagu daerah
4. Menyebutkan salah satu lagu daerah Sumatra Barat
5. Mendeskripsikan pengertian teknik menggambar
6. Mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa
7. Mendiskripsikan pengertian gambar ilustrasi
8. Mendiskripsikan pengertian teknik Arsir
9. Mengidentifikasi salah satu ciri lagu daerah
10. Mendeskripsikan arti pesindhen
11. Menyebutkan salah satu tokoh musik daerah
12. Mengidentifikasi alat musik tradisional
13. Mendeskripsikan pengertian cover
14. Mengidentifikasi gambar ilustrasi (gambar)
15. Mengidentifikasi fungsi lagu daerah
16. Mendeskripsikan pengertian unisono
17. Mengidentifikasi syair lagu bungong jeumpa
18. Mengidentifikasi prinsip menggambar model
19. Mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa
20. Menjelaskan ciri-ciri mendasar pada lagu daerah
21. Menjelaskan pengertian ansambel musik
22. Mengidentifikasi perbedaan faktof internal/eksternal
23. Menjelaskan pengertian alat musik kentongan
24. Mengidentifikasi alat musik bentuk pancon dari Sunda
25. Menjelaskan kegunaan angklung gubrag
26. Menjelaskan biografi ibu Sud
27. Menjelaskan pengertian lagu seriosa
28. Mengidentifikasi objek gambar ilustrasi
29. Mengidentifikasi bahan-bahan(teknik basah) yang digunakan dalam memggambar ilustrasi
30. Menyebutkan salah satu ILUSTRATOR Indonesia(OESMAN EFENDI)
31. Mendeskripsikan pengetian gambar model
32. Mendeskripsikan pengertian komik
33. Menjelaskan fungsi musik/lagu daerah sebagai media pengiring tari
34. Mengidentifikasi lagu-lagu yang digunakan sebagai media bermain
35. Mengidentifikasi bentuk pertunjukan musik tradisional dari Jakarta
36. Mengidentifikasi bahan-bahan(teknik kering) yang digunakan dalam memggambar ilustrasi
37. Medeskripsikan pengertian alat musik tifa
38. Mediskripsikan pengertian rampak kendang
39. Mengidentifikasi bentuk-bentuk alat musik tradisional
40. Mengidentifikasi fungsi musik kentongan Kyai Gorobangsa
41. Mendiskripsikan pengertian pernafasan diafragma
42. Menyebutkan salah satu tokoh lagu daerah Jawa Tengah
43. Mengidentifikasi contoh fungsi music sebagai media upacara adat
44. Mengidentifikasi lagu-lagu daerah Jawa Tengah
45. Mendeskripsikan pengertian proporsi
46. Mendeskripsikan pengertian teknik aquarel
47. Mengidentifikasi prinsip-prinsip seni rupa
48. Mengidentifikasi langkah-langkah menggambar model
49. Mengidentifikasi langkah-langkah menggambar ilustrasi
50. Mengidentifikasi alat musik berbentuk tabung
Bahasa Jawa
1. Siswa dapat mengetahui crita legenda
2. Siswa dapat mengartikan kata-kata sulit yang ada di dalam crita legenda
3. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi crita
4. Siswa dapat menyebutkan latar swasana yang ada di dalam crita
5. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian crita legenda
6. Siswa dapat menyebutkan contoh crita legenda
7. Siswa dapat menyebutkan latar tempat dalam crita
8. Siswa dapat menyebutkan watak tokoh yang ada di dalam crita
9. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan crita
10. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tembung camboran
11. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tembung camboran tugel
12. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tembung camboran wutuh
13. Siswa dapat menyebutkan contoh tembung camboran tugel
14. Siswa dapat menyebutkan contoh tembung camboran (teges mbangetake)
15. Siswa dapat menyebutkan contoh tembung camboran (teges kiasan)
16. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Serat Wulangreh
17. Siswa dapat menyebutkan pengarang / penganggit serat Wulangreh Pupuh Gambuh
18. Siswa dapat menyebutkan jumlah bait Tembang gambuh
19. Siswa dapat menyebutkan watake tembang gambuh
20. Siswa dapat menyebutkan isi dari pupuh gambuh Serat Wulangreh
21. Siswa dapat menyebutkan guru lagu & guru Wilangan pupuh Gambuh
22. Siswa dapat mengartikan kata-kata sulit yang ada di tembang Gambuh
23. Siswa dapat mengartikan kata-kata sulit yang ada di tembang Gambuh
24. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks pupuh gambuh
25. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks pupuh gambuh
26. Siswa dapat menyebutkan jumlah tembang macapat
27. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian guru lagu
28. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian guru Wilangan
29. Siswa dapat menulis paragraf aksara jawa dari Pupuh Gambuh
30. Siswa dapat menulis paragraf aksara jawa dari Pupuh Gambuh
31. Siswa dapat membaca paragraf aksara jawa
32. Siswa dapat membaca paragraf aksara jawa
33. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian pawarta
34. Siswa dapat menyebutkan contoh medhiya elektronik yang digunakan untuk menyiarkan berita
35. Siswa dapat menyebutkan contoh medhiya cetak yang digunakan untuk menyiarkan berita
36. Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita
37. Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita
38. Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita
39. Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita
40. Siswa dapat menjawab pertanyaan beradarkan teks berita
41. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Iklan
42. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Iklan Standar
43. Siswa dapat menyebutkan contoh iklan layanan masyarakat
44. Siswa dapat menyebutkan contoh iklan standar
45. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian atur-atur
46. Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam atur-atur
47. Siswa dapat menyebutkan bentuke/wujude atur-atur
48. Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks atur-atur
49. Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks atur-atur
50. Siswa dapat menyebutkan perangan atur-atur
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
1. Siswa dapat mengetahui cara menendang dan mengumpan dengan kaki bagian dalam
2. Siswa dapat mengetahui cara menendang dan mengumpan dengan kaki bagian dalam
3. Siswa dapat mengetahui cara menendang dan mengumpan dengan kaki bagian dalam
4. Siswa dapat mengetahui istilah dari tendangan pinalti
5. Siswa dapat mengetahui istilah nama posisi pemain dan pemimpin pertandingan dalam sepakbola
6. Siswa dapat mengetahui istilah dalam gerak spesifik bola voli
7. Siswa dapat mengetahui istilah posisi pemain dan tugasnya dalam bola voli
8. Siswa dapat mengetahui istilah dalam gerak spesifik bola voli
9. Siswa dapat mengetahui istilah dalam gerak spesifik bola voli
10. Siswa dapat mengetahui bentuk latihan passing yang dapat dilakukan secara mandiri dirumah
11. Siswa dapat mengetahui berbagai macam lemparan passing dalam bola basket
12. Siswa dapat mengetahui berbagai jenis shooting dalam bola basket
13. Siswa dapat mengetahui berbagai jenis shooting dalam bola basket
14. Siswa dapat mengetahui lama pertandingan dalam bola basket
15. Siswa dapat mengetahui posisi pemain dan tugasnya dalam bola basket
16. Siswa dapat mengetahui cara melambungkan bola sebagai Picther
17. Siswa dapat mengetahui letak posisi Picther dalam pertandingan softball
18. Siswa dapat mengetahui jenis pukulan dalam softball.
19. Siswa dapat mengetahui softball termasuk dalam permainan apa.
20. Siswa dapat mengetahui pengertian Servis Panjang dalam bulu tangkis
21. Siswa dapat mengetahui pengertian Servis Panjang dalam bulu tangkis
22. Siswa dapat mengetahui istilah pukulan smash dalam bulutangkis
23. Siswa dapat mengetahui istilah Deuce dalam bulu tangkis
24. Siswa dapat mengetahui istilah pukulan backhand dalam tenis meja
25. Siswa dapat mengetahui istilah pukulan Spin dalam tenis meja
26. Siswa dapat mengetahui istilah pukulan Spin dalam tenis meja
27. Siswa dapat mengetahui skor dalam satu pertandingan tenis meja
28. Siswa dapat mengetahui istilah jalan cepat
29. Siswa dapat mengetahui pandangan yang benar saat jalan cepat
30. Siswa dapat mengetahui pendaratan kaki yang benar pada jalan cepat
31. Siswa dapat mengetahui gerakan kaki yang benar pada lari jarak pendek
32. Siswa dapat mengetahui gerakan lengan yang benar pada lari jarak pendek
33. Siswa dapat mengetahui prinsip memasuki garis finish yang benar pada lari jarak pendek
34. Siswa dapat mengetahui gerakan kaki yang benar pada lari jarak pendek
35. Siswa dapat mengetahui istilah dan jenis dari tangkisan dalam pencak silat
36. Siswa dapat mengetahui istilah dan jenis dari tangkisan dalam pencak silat
37. Siswa dapat mengetahui nama perguruan atau aliran berbagai pencak silat di Indonesia
38. Siswa dapat mengetahui bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan paru dan jantung
39. Siswa dapat mengetahui bentuk latihan untuk melatih otot lengan.
40. Siswa dapat mengetahui bentuk latihan untuk melatih otot lengan.
41. Siswa dapat mengetahui gerakan meroda dalam senam lantai
42. Siswa dapat mengetahui tahapan cara melakukan gerakan meroda
43. Siswa dapat mengetahui tahapan cara melakukan gerakan meroda
44. Siswa dapat mengetahui istilah lain gaya dada dalam renang
45. Siswa dapat mengetahui gerakan kaki gaya dada dalam renang
46. Siswa dapat mengetahui induk organisasi renang di indonesia
47. Siswa dapat mengetahui penyakit akibat pergaulan bebas
48. Siswa dapat mengetahui faktor yang memengaruhi pergaulan
49. Siswa dapat mengetahui alasan pencegahan pergaulan bebas
50. Siswa dapat mengetahui penyakit akibat pergaulan bebas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar