Alamat

YAYASAN MAMBA’UL ‘ULUM TUNJUNGMULI
MADRASAH TSANAWIYAH HASYIM ASY’ARI TUNJUNGMULI
Terakreditasi B
Ijin Operasional Nomor : Wkc/5.c/780/Ts/1985, Tanggal 5 Februari 1985
Jalan Raya Tunjungmuli - Bobotsari Km. 01, Desa Tunjungmuli, Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga. Jawa Tengah.
Kode Pos : 53355. Telp. : 08112619026. Email : mts.hasyimasari@yahoo.co.id & mtsha83@gmail.com

20201116001 - Kisi-Kisi PAS 2020-2021 Kelas 7

 KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

KELAS 7 (TUJUH)

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

Bahasa Indonesia

1.        Dapat menentukan teks deskripsi.

2.        Dapat menentukan objek teks deskripsi.

3.        Dapat menentukan isi informasi dari teks deskripsi

4.        Dapat menentukan objek teks deskripsi.

5.        Dapat menentukan struktur teks deskripsi.

6.        Dapat mengembangkan bagian struktur teks deskripsi.

7.        Dapat menentukan struktur teks deskripsi.

8.        Dapat melengkapi teks deskripsi sesuai struktur dan kaidah bahasa.

9.        Dapat menggabungkan kata dalam teks deskripsi.

10.    Dapat mengurutkan kalimat/paragraf yang menjelaskan isi teks deskripsi.

11.    Dapat menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata

12.    Dapat menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata

13.    Dapat menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata

14.    Dapat menentukan penulisan huruf yang salah

15.    Dapat menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur ceritafantasi

16.    Dapat menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur ceritafantasi

17.    Menjelaskan ciri-ciriceritafantasi

18.    Menjelaskan latar padaceritafantasi

19.    Menyimpulkan urutan ceritafantasi

20.    Dapat menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur ceritafantasi

21.    Dapat menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur ceritafantasi

22.    Menentukan pola alur ceritafantasi

23.    Menentukan jenis ceritafantasi

24.    Menulis ceritafantasi dengan memperhatikan penggunaan kalimat

25.    Menulis ceritafantasi dengan memperhatikan penggunaan kata

26.    Menulis percakapan yang tepatdalam ceritafantasi

27.    Menentukan jenis teks prosedur

28.    Mendaftar  kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur

29.    Menentukan isi teks prosedur

30.    Meringkas urutan teks prosedur

31.    Menyimpulkan penggunaan kata/kalimat/paragraph pada teks prosedur

32.    Menentukan langkah-langkah pembuatan teks prosedur

33.    Menentukan kalimat penutup pada teks prosedur

34.    Meringkas urutan teks prosedur

35.    Memperbaiki kesalahan kata dalam teks prosedur

36.    Memperbaiki kesalahan kata dalam teks prosedur

37.    Menentukan kalimat utamadalam paragraf

38.    Menentukan gagasan utama pada paragraf

39.    Menentukan ide pokok antara teks 1 dan teks 2

40.    Menentukan struktur paragraf pada teks observasi

41.    Menentukan karakter tokoh

42.    Menentukan bukti  yang mendukung karakter tokoh

43.    Menentukan amanat

44.    Dapat menulis gabungan kalimat majemuk bertingkat

45.    Dapat menulis kalimat efektif

46.    Dapat menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital  yang baik dan benar

47.    Dapat menulis kalimat dengan tanda baca yang tepat

48.    Dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda huruf yang tepat

49.    Dapat menentukan  penulisan kata yang tidak tepat

50.    Dapat menentukan sinonim dari suatu kata

 

 

Al-Qur'an Hadits

1.        Menjelaskan makna Al Quran secara bahasa

2.        Disajikan pernyataan, siswa menentukan Istiah yang sesuai dengan pernyataan tentang Al Quran

3.        Menjelaskan salah satu fungsi Al Quran

4.        Menjelaskan pengertian Al Quran secara istilah

5.        Menjelaskan pengertian fungsi Al Quran

6.        Menerjmahkan potongan ayat QS Al Baqarah ayat 185

7.        Menentukan yang bukan fungsi Al quran sesuaii pernyataan yang disajikan

8.        Menjelaskan pengertian Hadits secara bahasa

9.        Menentukan persamaan kata hadits

10.    Menunjukan contoh fungsi hadits sebagai penjelas ayat yang masih bersifat global

11.    Menjelskan macam hadits nabi

12.    Menjelaskan pengertian hadits taqriri

13.    Disajikan pernyataan, siswa menjelaskan fungsi hadist sesuai pernyataan

14.    Menentukan pernyataan yang bukan termasuk bukti kesempurnaan Al Quran

15.    Menentukan perowi hadis yang isinya perintah sholat sesuai dengan sholat nabi

16.    Menerjemahkan lafadz hadits riwayat muslim tentang epninggalan nabi kepada umat Islam

17.    Disajikan pernyataan, siswa mampu menyebutkan isi kandungan ayat QS. Asy-syams

18.    Siswa mampu menyebutkan isi kandungan hadis yang bergaris bawah

19.    Siswa mampu menyebutkan isi kandungan dari hadis yang disajikan

20.    Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams

21.    Siswa mampu menerjemahkan hadis

22.    Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams

23.    Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams

24.    Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams

25.    Siswa mampu menyebutkan urutan QS. Ali imran:190

26.    Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Ali imran:190

27.    Siswa mampu menyebutkan isi kandungan QS. As-syams dan QS. Ali imran:190

28.    Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams

29.    Melengkapi lafal hadis tentang iman

30.    Menyebutkan jumlah pokok keimanan

31.    Menyebutkan keimanan yang paling utama

32.    Menyebutkan rukun iman yang ke-3

33.    Menerjemahkan potongan hadis tentang pengertian iman

34.    Menjelaskan pengertian pemurah secara bahasa

35.    Menjelaskan maksud dari sebuah peribahasa “pagar mangkuk lebih kuat dari pada pagar tembok”

36.    Menjelaskan pengertian Pemurah menurut Istilah

37.    Menjelaskan pengertian Kikir menurut bahasa

38.    Menyebutkan kitab dalam sebuah Tafsir Imam Ibnul Jauzi

39.    Menjelaskan isi kandungan dalam sebuah surah

40.    Menjelaskan salah satu arti dari surat Al-Lail

41.    Menyebutkan yang tidak termasuk perilaku kikir

42.    Menganalisis Periwayat dalam sebuah hadits

43.    Menganalisis perilaku yang sesuai dengan Surah Al-Lail 1-11

44.    Menganalilis Arti ayat Al-Quran

45.    Menjelaskan maksud dari potongan Hadits

46.    Menerjemahkan potongan Hadits tentang kedzaliman

47.    Menganalisis Hadits yang sesuai dengan Arti Hadits

48.    Menjelaskan kesulitan dalam mengajak seseorang untuk menjadi orang pemurah

49.    Menganalilis larangan Rosululloh SAW tentang kedzaliman

50.    Menganalilis Arti ayat Al-Quran



Matematika

1.            Peserta didik dapat menunjukan  bilangan terbesar.

2.           Peserta didik dapat menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat

3.           Diberikan soal cerita mengenai penskoran suatu tes, peserta didik dapat menentukan total skor tes seorang peserta

4.           Peserta didik dapat menentukan hasil operasi campuran dalam bentuk pecahan,desimal dan persen

5.           Diberikan soal cerita mengenai penskoran suatu tes, peserta didik dapat menentukan total skor tes seorang peserta.

6.           Peserta didik dapat menentukan hasil operasi campuran dalam bentuk desimal 

7.            Peserta didik dapat menentukan 2 bilangan yang sudah diketahui KPK nya

8.           Peserta didik dapat menunjukan kumpulan yang merupakan himpunan

9.           Peserta didik dapat menuliskan  suatu himpunan yang dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

10.        Peserta didik dapat menentukan banyaknya himpunan bagian yang memiliki 2 anggota.

11.       Peserta didik dapat menentukan banyaknya anggota dari irisan 2 himpunan

12.       Peserta didik dapat menentukan komplemen dari irisan 2 himpunan

13.       Diberikan gambar diagram venn, peserta didik dapat menentukan irisan 2 himpunan

14.       Diberikan soal cerita penerapan himpunan, peserta didik dapat menentukan banyak siswa yang gemar keduanya.

15.       Peserta didik dapat menunjukan koefisien x dari bentuk aljabar

16.       Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk aljabar

17.       Peserta didik dapat menentukan pengurangan bentuk aljabar

18.       Peserta didik dapat menentukan perkalian bentuk aljabar

19.       Peserta didik dapat menentukan pembagian bentuk aljabar

20.       Peserta didik dapat membuat kalimat matematika dalam bentuk aljabar.

21.       Diberikan beberapa persamaan, peserta didik dapat menunjukan persamaan tersebut yang termasuk kalimat terbuka

22.       Peserta didik dapat menentukan nilai x dari persamaan linier satu variabel

23.       Diberikan soal cerita, peserta didik dapat menentukan

24.       Peserta didik dapat menunjukan bentuk dari pertidaksamaan linier satu variabel

25.       Peserta didik dapat menentukan himpunan dari pertidaksamaan linier satu variabel

 

 

Fikih

1.        Menjelaskan pengertian thaharah

2.        Menyebukan dalil tentang thaharah

3.        Menjelaskan persamaan bersuci dan membersihkan

4.        Mengidentifikasi contoh majelis mukhaffafah

5.        Menjelaskan cara bersuci dari najis mughaladzah

6.        Mengidentifikasi sebab-sebab hadas kecil

7.        Menjelaskan pengertian tayamum

8.        Mengidentifikasi sebab-sebab hadas besar

9.        Menjelaskan cara bersuci dari hadas besar

10.    Menjelaskan pengertian air mutlak

11.    Menyebutkan contoh air suci tidak mensucikan

12.    Menjelaskan macam-macam air

13.    Menjelaskan alat yang digunakan dalam ber istinja

14.    Menjelaskan fungsi thaharah dalam kehidupan

15.    Menjelaskan pengertian shalat

16.    Menjelaskan dalil tentang shalat

17.    Menyebutkan syarat wajib shalat

18.    Menyebutkan syarat sahnya shalat

19.    Menyebutan rukun-rukun shalat

20.    Menjelaskan perkara yang membatalkan shalat

21.    Mengidentifikasi bacaan-bacaan shalat

22.    Mengidentifikasi bacaan-bacaan shalat

23.    Menjelaskan macam-macam sunah dalam shalat

24.    Mengidentifikasi macam-macam sunnah ab’ad

25.    Menyebutan rukun-rukun shalat

26.    Menjelaskan macam-macam sunah dalam shalat

27.    Menjelaskan hikmah shalat fardhu lima waktu

28.    Menjelasakan persamaan Al-Shalatul Munfarid dan jama’ah

29.    Menjelaskan jumlah orang dalam pelaksanaan shalat jamaah

30.    Menjelaskan keutamaan shalat jamaah

31.    Menjelaskan dasar hukum shalat jamaah

32.    Menjelaskan syarat sah imam

33.    Menyebutkan syarat menjadi makmum

34.    Menyebutkan syarat menjadi makmum

35.    Menjelaskan posisi makmum dalam shalat jamaah

36.    Menjelaskan pengertian makmum masbuq

37.    Menjelaskan makmum muwafiq

38.    Menjelaskan posisi imam dan makmum dalam shalat jamaah

39.    Menjelaskan cara mengigatkan imam yang lupa dalam shalat

40.    Menjelaskan tata cara menggantikan imam yang batal dalam shalat

41.    Menyebutkan hikmah shalat berjamaah

42.    Menjelaskan pengertian dzikir

43.    Menjelaskan pengertian doa

44.    Menyebutkan dalil tentang dzikir

45.    Menjelaskan perbedaan dzikir dan doa

46.    Menyebutkan waktu yang baik untuk berdzikir dan berdoa

47.    Menjelaskan tempat yang paling utama untuk berdzikir dan doa

48.    Menjelaskan lafal bacaan berdzikir dan berdoa

49.    Menjelaskan lafal bacaan berdzikir dan berdoa

50.    Menjelaskan hikmah pelaksanaan berdzikir dan berdoa

 

 

Bahasa Arab

1.        Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar

2.        Disajikan paragraf sederhana tentang :  التَّعَارَف dan siswa dapat menemukan informasi yang benar sesuai dengan bacaan.

3.        Disajikan paragraf sederhana tentang :  التَّعَارَف dan siswa dapat menemukan informasi yang benar sesuai dengan bacaan.

4.        Disajikan dialog singkat dan siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat

5.        Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar

6.        Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar

7.        Disajikan paragraf sederhana tentang :  التَّعَارَف dan siswa menterjemahkan ke bahasa Indonesia.

8.        Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar

9.        Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar

10.    Disajikan dialog singkat dan siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat

11.    Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar

12.    Siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan baik dan benar

13.    Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat

14.    Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat

15.    Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar

16.    Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar

17.    Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar

18.    Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar

19.    Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat

20.    Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar

21.    Disajikan dialog singkat dan siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat

22.    Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat

23.    Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat

24.    Siswa dapat menentukan letak kota sesuai tempatnya dengan benar

25.    Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar.

26.    Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan Adawatul jar yang tepat

27.    Disajikan paragraf sederhana tentang  المرافق المدرسية dan siswa menterjemahkan ke bahasa Indonesia

28.    Siswa dapat menentukan kata keterangan tempat dengan benar

29.    Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan Adawatul jar yang tepat

30.    Siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan baik dan benar

31.    Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar

32.    Siswa dapat menentukan kata sifat-keadaan dengan benar

33.    Siswa dapat menentukan kata sifat-keadaan dengan benar

34.    Siswa dapat menentukan kata sifat-keadaan dengan benar

35.    Disajikan paragraf sederhana tentan    المرافق المدرسية  dan siswa dapat menemukan informasi yang benar sesuai dengan bacaan.

36.    Siswa dapat menggunakan kata keterangan tempat secara tepat

37.    Siswa dapat menentukan kata sifat-keadaan dengan benar

38.    Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar

39.    Siswa dapat menentukan kata keterangan tempat dengan benar

40.    Disajikan dialog singkat dan siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat

41.    Siswa dapat menentukan kata dari tofik الأدوات المدرسية dengan benar

42.    Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar

43.    Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar

44.    Siswa dapat menunjukkan kata yang memngandung arti milik

45.    Siswa dapat menunjukkan kata yang memngandung arti milik

46.    Siswa dapat menentukan susunan dari kata acak

47.    Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan tepat

48.    Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan tepat

49.    Disajikan paragraf sederhana tentan  الأدوات المدرسية  dan siswa dapat menemukan informasi yang benar sesuai dengan bacaan.

50.    Disajikan paragraf sederhana tentan   الأدوات المدرسية dan siswa menterjemahkan ke bahasa Indonesia.

 

 

Ke-NU-an

 Belum tersedia !

 

 

Bahasa Inggris

1.        Menentukan ungkapan greeting

2.        Menentukan ungkapan greeting

3.        Menentukan ungkapan greeting

4.        Menentukan ungkapan take leaving

5.        Menentukan ungkapan take leaving

6.        Menentukan ungkapan thanking

7.        Menentukan ungkapan thanking

8.        Menentukan ungkapan thanking

9.        Menentukan ungkapan apology

10.    Menentukan ungkapan apology

11.    Menemukan informasi terkait dengan introduction

12.    Menentukan ungkapan yang tekait dengan introduction

13.    Menyusun kalimat menjadi paragraph

14.    Menemukan informasi terkait dengan introduction dalam sebuah teks

15.    Menemukan informasi terkait dengan introduction dalam sebuah teks

16.    Menemukan informasi terkait dengan introduction dalam sebuah teks

17.    Menemukan informasi terkait dengan introduction dalam sebuah teks

18.    Disajikan dialog rumpang, siswa dapat menentukan ungkapan meminta informasi tentang waktu.

19.    Disajikan table kegiatan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan waktu

20.    Disajikan table kegiatan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan waktu

21.    Disajikan table kegiatan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan waktu

22.    Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari

23.    Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari

24.    Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari

25.    Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari

26.    Disajikan kata acak, siswa dapat menyusunkata acak menjadi sebuah kalimat pertanyaan tentang bulan

27.    Disajikan dialog rumpang, siswa dapat menentukan informasi tentang hari nasional

28.    Disajikan sebuah gambar, siswa dpat menentukan jumlah benda tersebut.

29.    Disajikan dialog rumpang siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama dan jumlah benda di ruangan.

30.    Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan fungsi benda

31.    Disajikan pernyataan dan gambar, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama binatang

32.    Disajikan pernyataan dan gambar, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama binatang

33.    Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan

34.    Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan

35.    Disajikan kata acak, siswa dapat menyusunkata acak menjadi sebuah kalimat pertanyaan tentang bulan

36.    Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari

37.    Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari

38.    Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari

39.    Disajikan sebuah gambar, siswa dpat menentukan jumlah benda tersebut

40.    Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan fungsi benda

41.    Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan

42.    Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan

43.    Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan

44.    Disajikan dialog rumpang siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama dan jumlah benda di ruangan.

45.    Disajikan dialog rumpang siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama dan jumlah benda di ruangan.

46.    Disajikan pernyataan dan gambar, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama binatang

47.    Disajikan sebuah text / gambar siswa dapat menentukan informasi tersurat

48.    Disajikan sebuah text / gambar siswa dapat menentukan informasi tersurat

49.    Disajikan sebuah text / gambar siswa dapat menentukan informasi tersurat

50.    Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan fungsi benda

 

 

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

1.        Siswa dapat menjelaskan Misi dakwah Nabi Muhamad SAW

2.        Siswa dapat menyebutkan bukti Nabi Muhamad sebagai pembawa kedamaian

3.        Siswa dapat menjelaskan masa Kalender Hijriah pertama ditetapkan

4.        Siswa dapat menjelaskan Tujuan penetapan kalender Hijriah

5.        Siswa dapat menjelaskan Bulan pertama dalam tahun Hijriah

6.        Siswa dapat menyebutkan bulan Lahirnya Nabi Muhamad

7.        Siswa dapat menyebutkan surat Perintah melaksanakan ibadah haji

8.        Siswa dapat menyebutkan wakil umat Islam Pada perjanjian Hudaibiyah.

9.        Siswa dapat menyebutkan Isi Perjanjian Hudaibiyah

10.    Siswa dapat menyebutkan Penulis Perjanjian Hudaibiyah

11.    Siswa dapat menyebutkan Seseorang yang masuk Islam pada peristiwa Fatkhu Makah

12.    Siswa dapat menyebutkan istilah Peristiwa Penaklukan kota Makah

13.    Siswa dapat menyebutkan tahun pelaksanaan Haji wada

14.    Siswa dapat menyebutkan istilah lain dari haji wada

15.    Siswa dapat menyebutkan Wahyu terakhir yang diterima oleh Nabi Muhamad SAW

16.    Siswa dapat menyebutkan usia Nabi Muhamad SAW

17.    Siswa dapat menyebutkan tempat Makam Nabi Muhamad SAW

18.    Siswa dapat menyebutkan kepercayaan/agama masyarakat Arab Pra Islam

19.    Siswa dapat menyebutkan istilah Kondisi Arab Pra Islam 19/PG

20.    Siswa dapat menyebutkan Kegiatan perekonomian utama masyarakat Arab

21.    Siswa dapat menjelaskan tanggal lahirnya Nabi Muhamad SAW

22.    Siswa dapat menyebutkan orang yang menyusui Rasulullah SAW

23.    Siswa dapat menjelaskan nama gelar Nabi Muhamad SAW saat remaja

24.    Siswa dapat menjelaskan tanggal turunya Al-Qur’an yang pertama

25.    Siswa dapat menyebutkan lama Dakwah secara sembunyi sembunyi

26.    Siswa dapat menjelaskan assabiqul awwalun

27.    Siswa dapat menyebutkan tempat Dakwah secara terang terangan pertama

28.    Siswa dpat menyebutkan alasan masyarakat Arab menolak masuk Islam

29.    Siswa dapat menyebutkan tanggal Peristiwa Isra’ Mi’raj

30.    Siswa dapat menyebutkan Salah satu sifat Rasulullah yang bisa dijadikan teladan (yakin terhadap kemampuan diri sendiri)

31.    Siswa dapat menyebutkan Kota Madinah sebelum hijrahnya Rasul

32.    Siswa dapat menyebutkan pengertian perjanjian Aqabah

33.    Siswa dapat menyebutkan isi Perjanjian Aqabah II

34.    Siswa dapat menyebutkan alasan Madinah dipilih sebagai tempat berhijrah

35.    Siswa dapat menyebutkan tempat Rasul dan Abu Bakar bersembunyi ketika hijrah

36.    Siswa dapat menunjukkan tahun Nabi tiba di Madinah

37.    Siswa dapat menyebutkan fungsi masjid di Madinah

38.    Siswa dapat menyebutkan istilah Umat Islam yang Hijrah ke Madinah

39.    Siswa dapat menyebutkan istilah Perjanjian antara muslim dan non muslim di Madinah

40.    Siswa dapat menyebutkan Perang yang dipicu pengusiran muslim di Makah oleh kaum Quraisy

41.    Siswa dapat menunjukkan Jumlah pasukan muslim yang gugur pada Perang Uhud

42.    Siswa dapat menyebutkan orang yang memiliki ide membuat Parit

43.    Siswa dapat menyebutkan contoh masyarakat yang menjunjung tinggi rasa toleransi

44.    Siswa dapat menyebutkan prinsip tolong menolong

45.    Siswa dapat menyebutkan cirri Orang yang bijaksana dalam mengambil kebijakan

46.    Siswa dapat menyebutkan sifat tanah di Madinah 46/PG

47.    Siswa dapat menyebutkan bidang yang menjadi Persaingan antara bangsa Arab dan Yahudi

48.    Siswa dapat menjelaskan fungsi Sistem irigasi yang dibangun Rasulullah

49.    Siswa dapat menyebutkan istilah Harta karun yang ditemukan pada salah satu wilayah

50.    Siswa dapat menyebutkan istilah hidup tanpa bergantung dengan orang lain

 

 

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

1.        Peserta didik mampu menyebutkan salah satu metode ilmiah dalam penyelidikan IPA

2.        Disajikan gambar  kegiatan penyelidikan IPA, peserta didik dapat menyusun tahapan penting dalam penyelidikan IPA dengan urut

3.        Disajikan data hasil penyelidikan, peserta didik dapat menentukan salah satu tahapan penting dalam penyelidikan IPA

4.        Disajikan data spesifikasi suatu benda, peserta didik dapat menentuan kelompok besaran turunan

5.        Disajikan tabel pernyataan besaran, peserta didik mampu menentukan besaran pokok, satuan secara SI dan alat ukur yang tepat

6.        Peserta didik mampu menyebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengukuran, supaya mendapatkan hasil yang benar dan akurat

7.        Disajikan gambar alat ukur massa, peserta didik mampu menghitung massa menggunakan neraca tiga lengan.

8.        Disajikan gambar alat ukur panjang, peserta didik mampu menghitung panjang menggunakan jangka sorong.

9.        Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan salah satu ciri berkembang biak pada makhluk hidup

10.    Peserta didik dapat menyusun urutan tingkatan takson dengan urut dan benar

11.    Disajikan gambar mikroskop, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bagian dengan fungsi yang benar

12.    Peserta didik dapat menunjukkan cara mengatur bagian mikroskop supaya mendapatkan cahaya yang terang

13.    Peserta didik dapat menentukan klasifikasi dari Bakteri Escherichia coli

14.    Disajikan tabel pernyataan ciri-ciri Pisces dan Aves, peserta didik mampu menentukan perbedaan ciri yang dimiliki oleh Pisces dan Aves

15.    Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan salah satu hewan dalam kelompok Arthropoda

16.    Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan persamaan ciri-ciri yang dimiliki oleh beberapa hewan dalam satu kelompok

17.    Disajikan kunci determinasi, peserta didik dapat menentukan kunci determinasi untuk burung

18.    Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis larutan berdasarkan pengujian menggunakan kertas lakmus

19.    Disajikan beberapa sifat larutan, peserta didik mampu mengidentifikasi sifat yang dimiliki oleh larutan basa

20.    Disajikan data, Peserta didik mampu menentukan zat yang merupakan campuran homogen

21.    Peserta didik mampu menentukan unsur-unsur penyusun senyawa garam dapur

22.    Peserta didik mampu menyebutkan pengertian unsur dengan benar

23.    Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan metode yang digunakan untuk menjernihkan air

24.    Disajikan beberapa contoh perubahan materi, peserta didik mampu menentukan contoh perubahan kimia

25.    Peserta didik mampu menyebutkan prinsip kerja pemisahan campuran dengan cara destilasi

26.    Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik mampu menentukan sifat yang dimiliki oleh zat pengisi tabung termometer

27.    Peserta didik dapat mengkonversi suhu dari skala Celcius ke skala Fahrenheit

28.    Peserta didik dapat menunjukkan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian

29.    Peserta didik dapat menghitung kapasitas kalor saat kalor dilepaskan

30.    Peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa yang membutuhkan kalor dan yang melepas kalor pada proses perubahan wujud zat

31.    Peserta didik dapat menghitung pertambahan panjang suatu benda setelah memuai

32.    Disajikan gambar perpindahan kalor, Peserta didik dapat menentukan jenis perpindahan kalor secara konveksi

33.    Peserta didik dapat menentukan salah satu jenis energi terbarukan yang berasal dari organisme

34.    Disajikan gambar, Peserta didik dapat menentukan transformasi energi yang terjadi pada proses fotosintesis

35.    Disajikan gambar percobaan Ingenhouze, peserta didik dapat menyebutkan tujuan dari percobaan tersebut

36.    Peserta didik dapat menghitung energi kinetik suatu benda, jika diketahui massa dan kecepatan

37.    Disajikan gambar benda dengan berbagai ketinggian, peserta didik dapat memprediksikan nilai energi potensial gravitasi benda

38.    Peserta didik dapat menghitung energi mekanik pada suatu benda

39.    Disajikan beberapa fungsi nutrisi, peserta didik dapat menjelaskan fungsi lemak bagi tubuh manusia

40.    Disajikan beberapa bahan makanan, peserta didik dapat menentukan jenis bahan makanan yang mengandung protein nabati

 

 

Akidah Akhlak

1.        Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  aqidah islam

2.        Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  aqidah islam

3.        Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  aqidah islam

4.        Disajikan QS.al-Ikhlas dengan artinya secara tidak berurutan ,peserta didik dapat menyusun  kembali arti ayat tersebut dengan benar

5.        Disajikan QS.al Baqaroh ; 163,peserta didik dapat menjelaskan  ayat tersebut dengan benar

6.        Peserta didik dapat menunjukan dasar aqidah islam

7.        Disajikan QS.an nisa;36, peserta didik dapat menjelaskan ayat tersebut dengan benar

8.        Disajikan sebuah konsep agar mencegah manusia dari kemusyrikan,peserta didik dapat mengidentifikasi  salah satu tujuan  mempelajari  akidah islam

9.        Disajikan unsur pokok dalam akidah islam yang tidak dapat dipisahkan ,Peseta didik dapat menjelaskan tiga unsur pokok tersebut

10.    Peserta didik dapat menganlisa hubungan antara iman,Islam dan Ihsan

11.    Peserta didik  mampu membedakan tentang sifat-sifat wajib bagi Allah

12.    Peserta didik  mampu membedakan tentang sifat-sifat wajib bagi Allah

13.    Peserta didik  mampu membedakan tentang sifat-sifat wajib bagi Allah

14.    Peserta didik dapat mengelompokkan sifat sifat bagi Allah

15.    Peserta didik dapat mengelompokkan sifat sifat bagi Allah

16.    Disajikan Qs. Al Ikhlas ayat 1, peserta didik dapat menganalisis ayat yang terkandung didalamnya

17.    Peserta didik dapat menunjukan bukti Sifat Allah Swt.

18.    Disajikan Qs. Yaasiin ayat 82, peserta didik dapat menjelaskan ayat yang terkandung didalamnya

19.    Peserta didik dapat menunjukan bukti Sifat Allah Swt.

20.    Peserta didik dapat menunjukan bukti Sifat Allah Swt.

21.    Peserta didik mampu memahami pengertian istiqomah

22.    Disajikan contoh tentang dampak positif

23.    Perta didik memahami satu persatu dari macam-macam akhlak terpuji

24.    Perta didik memahami satu persatu dari macam-macam akhlak terpuji

25.    Perta didik memahami satu persatu dari macam-macam akhlak terpuji

26.    Disajikan contoh  perilaku orang yang tulus dalam mengerjakan amal kebaikan hanya semata-mata mengharapkan ridha Allah,peserta didik dapat menunjukan salah satu akhlak terpuji

27.    Disajikan contoh  perilaku orang yang tulus dalam mengerjakan amal kebaikan hanya semata-mata mengharapkan ridha Allah,peserta didik dapat menunjukan salah satu akhlak terpuji

28.    Peserta didik mampu memahami terkait ulil amri

29.    Disajikan QS. An nisa ayat 59, Peserta didik dapat menjelaskan ayat yang terkandung

30.    Peserta didik dapat menyebutkan arti taubat menurut bahasa

31.    Peserta didik mampu memahami adab solat dan dzikir

32.    Disajikan QS.al-‘’Araf ayat 205, peserta didik dapat menganalisa makna yang terkandung didalamnya

33.    Disajikan berbagai adab dalam beribadah,Peserta didik dapat mengelompokan adab dalam melaksanakan shalat

34.    Disajikan berbagai adab dalam beribadah,Peserta didik dapat mengelompokan adab dalam melaksanakan shalat

35.    Disajikan berbagai adab dalam beribadah,Peserta didik dapat mengelompokan adab dalam melaksanakan shalat

36.    Disajikan berbagai adab dalam beribadah,Peserta didik dapat mengelompokan adab dalam melaksanakan shalat

37.    Peserta didik mampu memahami tujuan solat dan dzikir

38.    Peserta didik mampu memahami tujuan solat dan dzikir

39.    Peserta didik mampu memahami tujuan solat dan dzikir

40.    Peserta didik mampu meneruskan suatu ayat dari solat

41.    Peserta didik dapat menunjukan kelebihan/ keistimewaan yang dikaruniakan Allah Swt kepada Nabi Sulaiman As

42.    Peserta didik dapat menunjukan kelebihan/ keistimewaan yang dikaruniakan Allah Swt kepada Nabi Sulaiman As

43.    Peserta didik mampu memahami kerajaan saba’

44.    Peserta didik dapat menjelaskan terkait Ratu bilqis dan Nabi Sulaiman

45.    Peserta didik dapat menjelaskan terkait Ratu bilqis dan Nabi Sulaiman

46.    Peserta didik mampu memahami kerajaan saba’

47.    Peserta didik mampu memahami kerajaan saba’

48.    Peserta didik dapat menjelaskan terkait Ratu bilqis dan Nabi Sulaiman

49.    Peserta didik mampu mengidentifikasi mukjizat nabi sulaiman dan sejarah nabi sulaiman

50.    Peserta didik mampu mengidentifikasi mukjizat nabi sulaiman dan sejarah nabi sulaiman

 

 

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

1.        Diberikan ilustrasi tentang ruang, peserta didik  dapat menjelaskan pengertian ruang

2.        Diberikan ilustrasi tentang interaksi antar ruang, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi terjadinya interaksi antar ruang.

3.        Diberikan ilustrasi tentang interaksi antar ruang, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi terjadinya interaksi antar ruang.

4.        Diberikan ilustrasi tentang interaksi antar ruang, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi terjadinya interaksi antar ruang.

5.        Diberikan ilustrasi tentang peta, peserta didik mampu menjelaskan pengertian peta.

6.        Diberikan ilustrasi tentang skala, peserta didik mampu mengartikan skala peta.

7.        Diberikan ilustrasi letak Indonesia peserta didik mampu mengidentifikasi letak astronomfis, geografis dan geologis  Indonesia.

8.        Diberikan ilustrasi tentang peta, peserta didik dapat mengidentifikasi simbol peta

9.        Diberikan ilustrasi tentang peta, peserta didik dapat mengidentifikasi cirri-ciri iklim tropis

10.    Diberikan ilustrasi letak Indonesia peserta didik mampu mengidentifikasi letak astronomfis, geografis dan geologis  Indonesia

11.    Diberikan ilustrasi tentang letak geografis Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi batas batas wilayah Indonesia

12.    Diberikan ilustrasi letak Indonesia peserta didik mampu mengidentifikasi letak astronomfis, geografis dan geologis  Indonesia

13.    Diberikan ilustrasi tentang SDA, peserta didik dapat menyebutkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

14.    Diberikan ilustrasi tentang SDA hutan,  peserta didik mampu mengidentifikasi persebaran jenis kayu di Indonesia dan fungsi hutan

15.    Diberikan ilustrasi tentang SDA hutan,  peserta didik mampu mengidentifikasi persebaran jenis kayu di Indonesia dan fungsi hutan.

16.    Diberikan ilustrasi tentang SDA berupa hasil  tambang, peserta didik mampu mengidentifikasi persebaran sumber daya tambang  di Indonesia

17.    Diberikan ilustrasi tentang SDA hutan,  peserta didik mampu mengidentifikasi persebaran jenis kayu di Indonesia dan fungsi hutan

18.    Diberikan ilustrasi tentang potensi kemaritiman Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi pencurian ikan di laut

19.    Diberikan ilustrasi tentang SDA, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan mangrove

20.    Diberikan ilustrasi tentang SDA, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat terumbu karang

21.    Diberikan ilustrasi tentang persebaran penduduk, peserta didik dapat mengidentifikasi Data Kependudukan di Dunia

22.    Diberikan ilustrasi tentang persebaran penduduk, peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor pertumbuhan penduduk

23.    Diberikan ilustrasi tentang persebaran penduduk, peserta didik dapat menjelaskan usaha pemerintah guna pemerataan penduduk

24.    Diberikan ilustrasi tentang pertumbuhan dan kualitas penduduk, peserta didik dapat mengidentifikasi program pemerintah untuk meningkatkan kualitas penduduk

25.    Diberikan ilustrasi tentang komposisi penduduk, peserta didik dapat mengidentifikasi komposisi penduduk

26.    Diberikan ilustrasi tentang komposisi penduduk, peserta didik dapat mengidentifikasi komposisi penduduk

27.    Diberikan ilustrasi tentang persebaran penduduk, peserta didik dapat menjelaskan usaha pemerintah guna pemerataan penduduk

28.    Diberikan ilustrasi tentang keragaman etnik dan budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi rumah adat yang ada di wilayah Indonesia

29.    Diberikan ilustrasi tentang keragaman etnik dan budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi tarian dan pakaian adat

30.    Diberikan ilustrasi tentang keragaman etnik dan budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi tarian dan pakaian adat

31.    Diberikan ilustrasi tentang keragaman etnik dan budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi tarian dan pakaian adat

32.    Diberikan ilustrasi tentang keadaan fisik wilayah, Kondisi Geologi Indonesia. Peserta didik dapat mengidentifikasi gempa dan gunung  di Indonesia

33.    Diberikan ilustrasi tentang keadaan fisik wilayah, Kondisi Geologi Indonesia. Peserta didik dapat mengidentifikasi gempa dan gunung  di Indonesia

34.    Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik  flora yang ada di Indonesia           

35.    Diberikan ilustrasi tentang fauna, peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian wilayah Fauna di Indonesia

36.    Diberikan ilustrasi tentang fauna, peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian wilayah Fauna di Indonesia

37.    Diberikan ilustrasi tentang fauna, peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian wilayah Fauna di Indonesia

38.    Diberikan ilustrasi tentang akibat interaksi antar ruang, peserta didik dapat memahami berbagai perubahan akibat intaraksi antar ruang

39.    Diberikan ilustrasi tentang akibat interaksi antar ruang, peserta didik dapat memahami berbagai perubahan akibat intaraksi antar ruang

40.    Diberikan ilustrasi tentang akibat interaksi antar ruang, peserta didik dapat memahami berbagai perubahan akibat intaraksi antar ruang

41.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga keluarga, peserta didik dapat : Mengidentifikasi fungsi lembaga keluarga

42.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga keluarga, peserta didik dapat : Mengidentifikasi fungsi lembaga keluarga.

43.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga Agam,  peserta didik dapat : Mengidentifikasi fungsi lembaga agama dan tempat-tempat ibadah agama di Indonesia.

44.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga Agam,  peserta didik dapat : Mengidentifikasi fungsi lembaga agama dan tempat-tempat ibadah agama di Indonesia

45.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan tujuan dan fungsi lembaga ekonomi

46.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan tujuan dan fungsi lembaga ekonomi.

47.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan pengertian Penidikan Nasional dan peran Lembaga Pendidikan

48.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan pengertian Penidikan Nasional dan peran Lembaga Pendidikan.

49.    Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan lembaga yang bisa menjaga bangsa dan negara dan memberikan contoh Lembaga Politik.

Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan lembaga yang bisa menjaga bangsa dan negara dan memberikan contoh Lembaga Politik.

 

 

Prakarya

  Belum tersedia !

 

 

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

1.        Menjelaskan pembentukan BPUPKI

2.        Menyebutkan wakil ketua BPUPKI

3.        Menjelaskan hasil sidang BPUPKI

4.        Menyebutkan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh salah satu pahlawan nasional

5.        Menyebutkan tokoh perumus dasar negara dalam sidang BPUPKI

6.        Menjelaskan kedudukan Pancasila

7.        Dasar falsafah negara RI yang memuat Pancasila sebagai dasar negara

8.        Menyebutkan tokoh yang memprakarsai perubahan sila pertama dalam Piagam Jakarta

9.        Menjelaskan tugas panitia kecil dan panitia sembilan

10.    Mengidentifikasi alinea pembukaan yang menyatakan Pancasila sebagai dasar negara

11.    Menjelaskan arti dasar negara

12.    Menyebutkan hasil sidang PPKI

13.    Menyebutkan anggota panitia Sembilan

14.    Menyebutkan nama lain dari nasionalisme dalam arti sempit

15.    Memberikan contoh sikap nasionalisme sebagai WNI

16.    Menjelaskan pengertian norma

17.    Menjelaskan fungsi norma

18.    Menjelaskan tujuan penetapan norma dalam masyarakat

19.    Menjelaskan macam-macam norma

20.    Memberikan contoh norma kesopanan

21.    Memberikan contoh norma kesusilaan

22.    Menjelaskan sanksi bagi yang melanggar norma

23.    Menyebutkan sifat-sifat norma hukum

24.    Menyebutkan unsur-unsur hukum menurut A.V. Dicey dalam negara hukum

25.    Menjelaskan arti penting norma dalam masyarakat

26.    Peserta didik dapat menjelaskan arti penting norma dalam masyarakat

27.    Peserta didik dapat pasal yang berkaitan dengan norma dalam kehidupan sehari-hari

28.    Peserta dapat menjelaskan sifat norma hukum

29.    Peserta didik dapat menyebutkan alat-alat negara yang berwenang

30.    Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur hukum menurut AV Dicey dalam negara hukum

31.    Pesrta didik dapat menguraikan fungsi norma hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

32.    Peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan perilaku sesuai dengan norma

33.    Peserta didik dapat menjelaskan dijatuhkanya hukuman pada seseorang mempunyai dasar pembenaran secara ilmiah

34.    Pesera didik dapat menjelaskan nilai keadilan distributif

35.    Peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan perilaku norma dalam lingkungan sekolah

36.    Peserta didik dapat menguraikan beberapa faktor penyebab ketidakpatuhan seseorang pada norma-norma dalam kehidupan

37.    Mendeskripsikan arti konstitusi menurut bahasa

38.    Menjelaskan Hukum dasar dalam suatu negara

39.    Menguraikan sistem konstitusianal pada suatu negara

40.    Memberikan contoh hukum dasar tertulis yang timbul  dalam kehidupan bernegara

41.    Menjelaskan hukum dasar yang tidak tertulis

42.    Mengidentifikasi pasal dalam UUD 1945 tentang Negara Indonesia menganut paham konstitusionalisme

43.    Mendeskripsikan isi dari Undang-Undang Dasar 1945

44.    Menjelaskan pelaksanaan sidang BPUPKI yang pertama

45.    Mengidentifikasi nama ketua panitia yang dibentuk oleh BPUPKI

46.    Mendeskripsikan hal yang dibahas dan disepakati dalam sidang pada tanggal 13 Juli 1945 oleh panitia kecil perancang UUD

47.    Menjelaskan pengesahan UUD 1945 oleh PPKI

48.    Menjelaskan alasan UUD 1945 ditetapkan oleh PPKI

49.    Menjelaskan semangat dan komitmen para pendiri negara pada perumusan dan pengesahan UUD 1945

50.    Mendeskripsikan contoh sikap positif siswa terhadap undang-undang di lingkungan sekolah.

 

 

Seni Budaya

1.        Siswa dapat Mengidentifikasi tekhnik menggambar

2.        Siswa dapat memahami definisi menggambar

3.        Siswa dapat mengidentifikasi pengertian ragam hias

4.        Siswa mampu mengidentifikasi motif ragam hias

5.        Siswa dapat mengidentifikasi unsur gambar yang paling mendasar

6.        Siswa dapat mendiskripsikan definisi komposisi simetris

7.        Siswa dapat Mengidentifikasi tekhnik menggambar

8.        Siswa dapat mengidentifikasi lagu dari daerah Sumatera

9.        Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah

10.    Siswa dapat mediskripsikan teknik bernyanyi (Phrasering)

11.    Siswa dapat mendiskripsikan pengertian bernyanyi secara unisono

12.    Siswa dapat mengidentifikasi alat music pukul (kolintang)

13.    Siswa mampu memahami jenis-jenis teknik menggambar

14.    Siswa dapat mengidentifikasi alat dan media menggambar

15.    Siswa dapat mengidentifikasi alat dan media menggambar

16.    Siswa dapat mengidentifikasi objek menggambar

17.    Siswa dapat mengidentifikasi motif ragam hias geometris

18.    Siswa dapat mengidentifikasi motif-motif ragam hias

19.    Siswa dapat mendeskripsikan definisi komposisi asimetris

20.    Siswa dapat mengidentifikasi alat dan media menggambar

21.    Siswa dapat mengidentifikasi pengertian ragam hias

22.    Siswa mampu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi ragam hias di Indonesia

23.    Siswa mampu memahami teknik pembuatan motif ragam hias

24.    Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis ragam hias

25.    Siswa dapat mengidentifikasi tekhnik menggambar ragam hias

26.    Siswa dapat mengidentifikasi pola ragam hias di Indonesia

27.    Siswa dapat mendeskripsikan ragam hias figuratif

28.    Siswa mampu megidentifikasi pola ragam hias

29.    Siswa dapat memahami komponen-komponen komposisi dalam menggambar

30.    Siswa mampu memahami unsur-unsur seni rupa (warna)

31.    Siswa dapat mengidentifikasi ragam hias figuratif

32.    Siswa dapat mengidentifikasi lagu daerah

33.    Siswa dapat mengidentifikasi musik tarling

34.    Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah

35.    Siswa dapat mengidentifikasi alat musik gong

36.    Siswa dapat mengidentifikasi musik pop           

37.    Siswa dapat mengidentifikasi lagu bungong Jeumpo

38.    Siswa dapat mengidentifikasi teknik vocal dan organ suara manusia

39.    Siswa dapat mengidentifikasi teknik vocal dan organ suara manusia

40.    Siswa dapat mengidentifikasi teknik vocal dan organ suara manusia

41.    Siswa dapat mengidentifikasi alat musik petik (sasando)

42.    Siswa dapat mengidentifikasi alat musik ansambel

43.    Siswa dapat mengidentifikasi alat musik ansambel

44.    Siswa dapat mengidentifikasi alat musik angklung

45.    Siswa dapat mengidentifikasi lagu unisono

46.    Siswa dapat mengidentifikasi teknik vocal dan organ suara manusia

47.    Siswa dapat mengidentifikasi lagu yamko rambe yamko

48.    Siswa dapat mengidentifikasi lagu daerah

49.    Siswa dapat mengidentifikasi tanda musik pada garis paranada

50.    Siswa dapat mengidentifikasi alat musik tarling

 

 

Bahasa Jawa

1.        Menyebutkan judul dalam teks

2.        Menyebutkan arti kata dalam teks

3.        Menyebutkan latar waktu kejadian dalam teks

4.        Membedakan bagian dalam teks naratif

5.        Menyebutkan tentang pengertian dalam teks naratif

6.        Membedakan jenis teks naratif

7.        Memahami bahasa yang digunakan dalam teks naratif

8.        Memahami hal hal dalam menanggapi teks naratif

9.        Menyebutkan arti kata dalam memahami teks naratif

10.    Memahami dan membedakan  tembang macapat

11.    Menyebutkan tuladha tembang macapat

12.    Menyebutkan isi tembang macapat dari teks tembang yang disajikan

13.    Menyebutkan isi tembang macapat dari teks tembang yang disajikan

14.    Menyebutkan arti kata dalam teks tembang macapat

15.    Memahami tentang cerita rakyat

16.    Menyebutkan sumber cerita rakyat

17.    Menyebutkan tuladha cerita rakyat

18.    Memahami dan membedakan hal hal dalam cerita rakyat

19.    Menentukan irah-irahan dari teks pengalaman pribadi

20.    Menjawab pertanyaan bacaan tentang teks cerita pengalaman

21.    Menjelaskan piwulang yang terkandung dalam teks

22.    Mengartikan kata yang dianggap sulit dalam teks naratif

23.    Menjawab pertanyaan dalam teks naratif

24.    Mengidentifikasi ragam bahasa yang digunakan dalam teks

25.    Menyebutkan isi teks Piwulang SeratWulangreh Pupuh Pangkur

26.    Menyebutkan isi teks Piwulang Serat Wulangreh Pupuh Pangkur

27.    Mengidentifikasi guru wilangan

28.    Menjelaskan pengertian guru gatra

29.    Menyebutkan guru wilangan lan guru lagu tembang Pangkur

30.    Mengartikan kata yang  sulit dalam teks cerita rakyat

31.    Mengidentifikasi ragam bahasa yang digunakan dalam teks

32.    Menjawab pertanyaan dalam teks cerita rakyat

33.    Menjawab pertanyaan dalam teks cerita rakyat

34.    Menjawab pertanyaan dalam teks cerita rakyat

35.    Menjawab pertanyaan dalam teks cerita pengalaman pribadi

36.    Menyebutkan tokoh dalam teks cerita pengalaman pribadi

37.    Menjelaskan watak salah satu tokoh dalam teks cerita pengalaman

38.    Menentukan latar/setting tempat dalam teks cerita pengalaman

39.    Menjelaskan isi cerita pengalaman

40.    Mengubah tembung ngoko menjadi krama inggil

41.    Melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang tepat

42.    Menyebutkan jumlah aksara Jawa

43.    Memahami hal hal yang berkaitan dengan aksara Jawa

44.    Menyebutkan pedoman penulisan aksara Jawa

45.    Menyebutkan pedoman penulisan aksara Jawa

46.    Menyebutkan arti kata dalam pedoman penulisan aksara Jawa

47.    Menyebutkan jumlah aksara Jawa

48.    Menyebutkan persamaan aksara Jawa

49.    Menyebutkan tuladha aksara Jawa

50.    Membedakan aksara Jawa

 

 

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

1.        Siswa dapat mengetahui pengertian tentang permainan sepak bola

2.        Siswa dapat mengetahui istilah/nama sepak bola

3.        Siswa dapat mengetahui pemenang dalam pertandingan sepak bola

4.        Siswa dapat mengetahui ketua PSSI pertama

5.        Siswa dapat mengetahui pengertian permainan bola voli

6.        Siswa dapat mengetahui Induk organisasi bola voli nasional

7.        Siswa dapat mengetahui jumlah pemain bola voli

8.        Siswa dapat mengetahui anggota badan yang paling dominan digunakan dalam bola voli

9.        Siswa dapat mengidentifikasi peralatan bola voli

10.    Siswa dapat mengetahui sejarah bola basket

11.    Siswa dapat mengetahui tekhnik memegang bola dalam bola basket

12.    Siswa dapat mengetahui perlengkapan bola kasti

13.    Siswa dapat mengetahui posisi pemain pada bola kasti

14.    Siswa dapat mengetahui teknik dasar bola kasti

15.    Siswa dapat mengetahui pengertian permainan bulutangkis

16.    Siswa dapat mengetahui ukuran shuttlecock

17.    Siswa dapat mengetahui salah satu pukulan pada  bulutangkis

18.    Siswa dapat mengidentifikasi teknik dasar permainan bulutangkis

19.    Siswa dapat mengetahui istilah lain dari tenis meja

20.    Siswa dapat mengetahui ukuran lapangan tenis meja

21.    Siswa dapat mengetahui pegangan bet pada tenis meja

22.    Siswa dapat mengetahui cabang-cabang dari atletik

23.    Siswa dapat mengetahui perbedaan jalan cepat dan lari cepat

24.    Siswa dapat mengetahui nomor-nomor jalan cepat

25.    Siswa dapat mengetahui teknik dasar jalan cepat

26.    Siswa dapat ,mengetahui hal-hal yang perlu dihindari dalam jalan cepat

27.    Siswa dapat mengetahui istilah untuk atlet lari cepat

28.    Siswa dapat mengetahui salah satu bagian dari teknik dasar start lari cepat

29.    Siswa dapat mengidentifikasi  nomor-nomor lari jarak pendek

30.    Siswa dapat mengidentifikasi tehnik dasar start lari jarak pendek

31.    Siswa dapat mengetahui negara asal Pencak Silat

32.    Siswa dapat mengetahui  sikap salam pada Pencak Silat

33.    Siswa dapat mengetahui salah satu sikap dalam Pencak silat

34.    Siswa dapat mengetahui manfaat kebugaran jasmani

35.    Siswa dapat mengetahui unsur - unsur kebugaran jasmani

36.    Siswa dapat mengidentifikasi salah satu gerakan kebugaran jasmani

37.    Siswa dapat mengetahui salah satu pengertian  kebugaran jasmani

38.    Siswa dapat mengetahui unsur kebugaran jasmani

39.    Siswa dapat mengetahui istilah lain roll depan

40.    Siswa dapat mengetahui urutan gerakan melakukan guling depan

41.    Siswa dapat mengetahui kesalahan-kesalahan dalam melakukan guling belakang

42.    Siswa dapat mengetahui istilah lain dari olahraga air

43.    Siswa dapat mengidentifikasi gaya dalam renang

44.    Siswa dapat mengetahui gerakan kaki renang gaya bebas

45.    Siswa dapat mengetahui cara pengambilan renang gaya dada

46.    Siswa dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tubuh remaja

47.    Siswa dapat mengetahui pengaruh kebugaran jasmani dengan pertumbuhan fisik

48.    Siswa dapat mengetahui fase masa pertumbuhan pada anak - anak

49.    Siswa dapat mengetahui ciri - ciri anak yang mengalami gangguan kesehatan.

50.    Siswa dapat mengetahui waktu tidur yang baik

  


 Selamat Belajar !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar