KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
KELAS 7 (TUJUH)
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Bahasa Indonesia
1. Dapat menentukan teks deskripsi.
2. Dapat menentukan objek teks deskripsi.
3. Dapat menentukan isi informasi dari teks deskripsi
4. Dapat menentukan objek teks deskripsi.
5. Dapat menentukan struktur teks deskripsi.
6. Dapat mengembangkan bagian struktur teks deskripsi.
7. Dapat menentukan struktur teks deskripsi.
8. Dapat melengkapi teks deskripsi sesuai struktur dan kaidah bahasa.
9. Dapat menggabungkan kata dalam teks deskripsi.
10. Dapat mengurutkan kalimat/paragraf yang menjelaskan isi teks deskripsi.
11. Dapat menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata
12. Dapat menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata
13. Dapat menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata
14. Dapat menentukan penulisan huruf yang salah
15. Dapat menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur ceritafantasi
16. Dapat menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur ceritafantasi
17. Menjelaskan ciri-ciriceritafantasi
18. Menjelaskan latar padaceritafantasi
19. Menyimpulkan urutan ceritafantasi
20. Dapat menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur ceritafantasi
21. Dapat menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur ceritafantasi
22. Menentukan pola alur ceritafantasi
23. Menentukan jenis ceritafantasi
24. Menulis ceritafantasi dengan memperhatikan penggunaan kalimat
25. Menulis ceritafantasi dengan memperhatikan penggunaan kata
26. Menulis percakapan yang tepatdalam ceritafantasi
27. Menentukan jenis teks prosedur
28. Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur
29. Menentukan isi teks prosedur
30. Meringkas urutan teks prosedur
31. Menyimpulkan penggunaan kata/kalimat/paragraph pada teks prosedur
32. Menentukan langkah-langkah pembuatan teks prosedur
33. Menentukan kalimat penutup pada teks prosedur
34. Meringkas urutan teks prosedur
35. Memperbaiki kesalahan kata dalam teks prosedur
36. Memperbaiki kesalahan kata dalam teks prosedur
37. Menentukan kalimat utamadalam paragraf
38. Menentukan gagasan utama pada paragraf
39. Menentukan ide pokok antara teks 1 dan teks 2
40. Menentukan struktur paragraf pada teks observasi
41. Menentukan karakter tokoh
42. Menentukan bukti yang mendukung karakter tokoh
43. Menentukan amanat
44. Dapat menulis gabungan kalimat majemuk bertingkat
45. Dapat menulis kalimat efektif
46. Dapat menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital yang baik dan benar
47. Dapat menulis kalimat dengan tanda baca yang tepat
48. Dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda huruf yang tepat
49. Dapat menentukan penulisan kata yang tidak tepat
50. Dapat menentukan sinonim dari suatu kata
Al-Qur'an Hadits
1. Menjelaskan makna Al Quran secara bahasa
2. Disajikan pernyataan, siswa menentukan Istiah yang sesuai dengan pernyataan tentang Al Quran
3. Menjelaskan salah satu fungsi Al Quran
4. Menjelaskan pengertian Al Quran secara istilah
5. Menjelaskan pengertian fungsi Al Quran
6. Menerjmahkan potongan ayat QS Al Baqarah ayat 185
7. Menentukan yang bukan fungsi Al quran sesuaii pernyataan yang disajikan
8. Menjelaskan pengertian Hadits secara bahasa
9. Menentukan persamaan kata hadits
10. Menunjukan contoh fungsi hadits sebagai penjelas ayat yang masih bersifat global
11. Menjelskan macam hadits nabi
12. Menjelaskan pengertian hadits taqriri
13. Disajikan pernyataan, siswa menjelaskan fungsi hadist sesuai pernyataan
14. Menentukan pernyataan yang bukan termasuk bukti kesempurnaan Al Quran
15. Menentukan perowi hadis yang isinya perintah sholat sesuai dengan sholat nabi
16. Menerjemahkan lafadz hadits riwayat muslim tentang epninggalan nabi kepada umat Islam
17. Disajikan pernyataan, siswa mampu menyebutkan isi kandungan ayat QS. Asy-syams
18. Siswa mampu menyebutkan isi kandungan hadis yang bergaris bawah
19. Siswa mampu menyebutkan isi kandungan dari hadis yang disajikan
20. Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams
21. Siswa mampu menerjemahkan hadis
22. Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams
23. Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams
24. Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams
25. Siswa mampu menyebutkan urutan QS. Ali imran:190
26. Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Ali imran:190
27. Siswa mampu menyebutkan isi kandungan QS. As-syams dan QS. Ali imran:190
28. Siswa mampu menerjemahkan ayat QS. Asy-syams
29. Melengkapi lafal hadis tentang iman
30. Menyebutkan jumlah pokok keimanan
31. Menyebutkan keimanan yang paling utama
32. Menyebutkan rukun iman yang ke-3
33. Menerjemahkan potongan hadis tentang pengertian iman
34. Menjelaskan pengertian pemurah secara bahasa
35. Menjelaskan maksud dari sebuah peribahasa “pagar mangkuk lebih kuat dari pada pagar tembok”
36. Menjelaskan pengertian Pemurah menurut Istilah
37. Menjelaskan pengertian Kikir menurut bahasa
38. Menyebutkan kitab dalam sebuah Tafsir Imam Ibnul Jauzi
39. Menjelaskan isi kandungan dalam sebuah surah
40. Menjelaskan salah satu arti dari surat Al-Lail
41. Menyebutkan yang tidak termasuk perilaku kikir
42. Menganalisis Periwayat dalam sebuah hadits
43. Menganalisis perilaku yang sesuai dengan Surah Al-Lail 1-11
44. Menganalilis Arti ayat Al-Quran
45. Menjelaskan maksud dari potongan Hadits
46. Menerjemahkan potongan Hadits tentang kedzaliman
47. Menganalisis Hadits yang sesuai dengan Arti Hadits
48. Menjelaskan kesulitan dalam mengajak seseorang untuk menjadi orang pemurah
49. Menganalilis larangan Rosululloh SAW tentang kedzaliman
50. Menganalilis Arti ayat Al-Quran
Matematika
1. Peserta didik dapat menunjukan bilangan terbesar.
2. Peserta didik dapat menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat
3. Diberikan soal cerita mengenai penskoran suatu tes, peserta didik dapat menentukan total skor tes seorang peserta
4. Peserta didik dapat menentukan hasil operasi campuran dalam bentuk pecahan,desimal dan persen
5. Diberikan soal cerita mengenai penskoran suatu tes, peserta didik dapat menentukan total skor tes seorang peserta.
6. Peserta didik dapat menentukan hasil operasi campuran dalam bentuk desimal
7. Peserta didik dapat menentukan 2 bilangan yang sudah diketahui KPK nya
8. Peserta didik dapat menunjukan kumpulan yang merupakan himpunan
9. Peserta didik dapat menuliskan suatu himpunan yang dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
10. Peserta didik dapat menentukan banyaknya himpunan bagian yang memiliki 2 anggota.
11. Peserta didik dapat menentukan banyaknya anggota dari irisan 2 himpunan
12. Peserta didik dapat menentukan komplemen dari irisan 2 himpunan
13. Diberikan gambar diagram venn, peserta didik dapat menentukan irisan 2 himpunan
14. Diberikan soal cerita penerapan himpunan, peserta didik dapat menentukan banyak siswa yang gemar keduanya.
15. Peserta didik dapat menunjukan koefisien x dari bentuk aljabar
16. Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk aljabar
17. Peserta didik dapat menentukan pengurangan bentuk aljabar
18. Peserta didik dapat menentukan perkalian bentuk aljabar
19. Peserta didik dapat menentukan pembagian bentuk aljabar
20. Peserta didik dapat membuat kalimat matematika dalam bentuk aljabar.
21. Diberikan beberapa persamaan, peserta didik dapat menunjukan persamaan tersebut yang termasuk kalimat terbuka
22. Peserta didik dapat menentukan nilai x dari persamaan linier satu variabel
23. Diberikan soal cerita, peserta didik dapat menentukan
24. Peserta didik dapat menunjukan bentuk dari pertidaksamaan linier satu variabel
25. Peserta didik dapat menentukan himpunan dari pertidaksamaan linier satu variabel
Fikih
1. Menjelaskan pengertian thaharah
2. Menyebukan dalil tentang thaharah
3. Menjelaskan persamaan bersuci dan membersihkan
4. Mengidentifikasi contoh majelis mukhaffafah
5. Menjelaskan cara bersuci dari najis mughaladzah
6. Mengidentifikasi sebab-sebab hadas kecil
7. Menjelaskan pengertian tayamum
8. Mengidentifikasi sebab-sebab hadas besar
9. Menjelaskan cara bersuci dari hadas besar
10. Menjelaskan pengertian air mutlak
11. Menyebutkan contoh air suci tidak mensucikan
12. Menjelaskan macam-macam air
13. Menjelaskan alat yang digunakan dalam ber istinja
14. Menjelaskan fungsi thaharah dalam kehidupan
15. Menjelaskan pengertian shalat
16. Menjelaskan dalil tentang shalat
17. Menyebutkan syarat wajib shalat
18. Menyebutkan syarat sahnya shalat
19. Menyebutan rukun-rukun shalat
20. Menjelaskan perkara yang membatalkan shalat
21. Mengidentifikasi bacaan-bacaan shalat
22. Mengidentifikasi bacaan-bacaan shalat
23. Menjelaskan macam-macam sunah dalam shalat
24. Mengidentifikasi macam-macam sunnah ab’ad
25. Menyebutan rukun-rukun shalat
26. Menjelaskan macam-macam sunah dalam shalat
27. Menjelaskan hikmah shalat fardhu lima waktu
28. Menjelasakan persamaan Al-Shalatul Munfarid dan jama’ah
29. Menjelaskan jumlah orang dalam pelaksanaan shalat jamaah
30. Menjelaskan keutamaan shalat jamaah
31. Menjelaskan dasar hukum shalat jamaah
32. Menjelaskan syarat sah imam
33. Menyebutkan syarat menjadi makmum
34. Menyebutkan syarat menjadi makmum
35. Menjelaskan posisi makmum dalam shalat jamaah
36. Menjelaskan pengertian makmum masbuq
37. Menjelaskan makmum muwafiq
38. Menjelaskan posisi imam dan makmum dalam shalat jamaah
39. Menjelaskan cara mengigatkan imam yang lupa dalam shalat
40. Menjelaskan tata cara menggantikan imam yang batal dalam shalat
41. Menyebutkan hikmah shalat berjamaah
42. Menjelaskan pengertian dzikir
43. Menjelaskan pengertian doa
44. Menyebutkan dalil tentang dzikir
45. Menjelaskan perbedaan dzikir dan doa
46. Menyebutkan waktu yang baik untuk berdzikir dan berdoa
47. Menjelaskan tempat yang paling utama untuk berdzikir dan doa
48. Menjelaskan lafal bacaan berdzikir dan berdoa
49. Menjelaskan lafal bacaan berdzikir dan berdoa
50. Menjelaskan hikmah pelaksanaan berdzikir dan berdoa
Bahasa Arab
1. Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar
2. Disajikan paragraf sederhana tentang : التَّعَارَف dan siswa dapat menemukan informasi yang benar sesuai dengan bacaan.
3. Disajikan paragraf sederhana tentang : التَّعَارَف dan siswa dapat menemukan informasi yang benar sesuai dengan bacaan.
4. Disajikan dialog singkat dan siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat
5. Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar
6. Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar
7. Disajikan paragraf sederhana tentang : التَّعَارَف dan siswa menterjemahkan ke bahasa Indonesia.
8. Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar
9. Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar
10. Disajikan dialog singkat dan siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat
11. Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar
12. Siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan baik dan benar
13. Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat
14. Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat
15. Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar
16. Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar
17. Siswa dapat menentukan isim isyarah dan isim dhomir dengan benar
18. Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar
19. Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat
20. Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar
21. Disajikan dialog singkat dan siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat
22. Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat
23. Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan kata tanya yang tepat
24. Siswa dapat menentukan letak kota sesuai tempatnya dengan benar
25. Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar.
26. Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan Adawatul jar yang tepat
27. Disajikan paragraf sederhana tentang المرافق المدرسية dan siswa menterjemahkan ke bahasa Indonesia
28. Siswa dapat menentukan kata keterangan tempat dengan benar
29. Siswa dapat melengkapi kalimat tanya sederhana dengan Adawatul jar yang tepat
30. Siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan baik dan benar
31. Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar
32. Siswa dapat menentukan kata sifat-keadaan dengan benar
33. Siswa dapat menentukan kata sifat-keadaan dengan benar
34. Siswa dapat menentukan kata sifat-keadaan dengan benar
35. Disajikan paragraf sederhana tentan المرافق المدرسية dan siswa dapat menemukan informasi yang benar sesuai dengan bacaan.
36. Siswa dapat menggunakan kata keterangan tempat secara tepat
37. Siswa dapat menentukan kata sifat-keadaan dengan benar
38. Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar
39. Siswa dapat menentukan kata keterangan tempat dengan benar
40. Disajikan dialog singkat dan siswa dapat melengkapinya dengan ungkapan yang tepat
41. Siswa dapat menentukan kata dari tofik الأدوات المدرسية dengan benar
42. Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar
43. Siswa dapat mengartikan kosa kata dan kalimat ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab dengan benar
44. Siswa dapat menunjukkan kata yang memngandung arti milik
45. Siswa dapat menunjukkan kata yang memngandung arti milik
46. Siswa dapat menentukan susunan dari kata acak
47. Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan tepat
48. Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan tepat
49. Disajikan paragraf sederhana tentan الأدوات المدرسية dan siswa dapat menemukan informasi yang benar sesuai dengan bacaan.
50. Disajikan paragraf sederhana tentan الأدوات المدرسية dan siswa menterjemahkan ke bahasa Indonesia.
Ke-NU-an
Belum tersedia !
Bahasa Inggris
1. Menentukan ungkapan greeting
2. Menentukan ungkapan greeting
3. Menentukan ungkapan greeting
4. Menentukan ungkapan take leaving
5. Menentukan ungkapan take leaving
6. Menentukan ungkapan thanking
7. Menentukan ungkapan thanking
8. Menentukan ungkapan thanking
9. Menentukan ungkapan apology
10. Menentukan ungkapan apology
11. Menemukan informasi terkait dengan introduction
12. Menentukan ungkapan yang tekait dengan introduction
13. Menyusun kalimat menjadi paragraph
14. Menemukan informasi terkait dengan introduction dalam sebuah teks
15. Menemukan informasi terkait dengan introduction dalam sebuah teks
16. Menemukan informasi terkait dengan introduction dalam sebuah teks
17. Menemukan informasi terkait dengan introduction dalam sebuah teks
18. Disajikan dialog rumpang, siswa dapat menentukan ungkapan meminta informasi tentang waktu.
19. Disajikan table kegiatan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan waktu
20. Disajikan table kegiatan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan waktu
21. Disajikan table kegiatan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan waktu
22. Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari
23. Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari
24. Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari
25. Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari
26. Disajikan kata acak, siswa dapat menyusunkata acak menjadi sebuah kalimat pertanyaan tentang bulan
27. Disajikan dialog rumpang, siswa dapat menentukan informasi tentang hari nasional
28. Disajikan sebuah gambar, siswa dpat menentukan jumlah benda tersebut.
29. Disajikan dialog rumpang siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama dan jumlah benda di ruangan.
30. Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan fungsi benda
31. Disajikan pernyataan dan gambar, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama binatang
32. Disajikan pernyataan dan gambar, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama binatang
33. Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan
34. Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan
35. Disajikan kata acak, siswa dapat menyusunkata acak menjadi sebuah kalimat pertanyaan tentang bulan
36. Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari
37. Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari
38. Disajikan pertanyaan, siswa dapat menentukan informasi tentang nama hari
39. Disajikan sebuah gambar, siswa dpat menentukan jumlah benda tersebut
40. Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan fungsi benda
41. Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan
42. Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan
43. Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan informasi tentang nama bangunan
44. Disajikan dialog rumpang siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama dan jumlah benda di ruangan.
45. Disajikan dialog rumpang siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama dan jumlah benda di ruangan.
46. Disajikan pernyataan dan gambar, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan nama binatang
47. Disajikan sebuah text / gambar siswa dapat menentukan informasi tersurat
48. Disajikan sebuah text / gambar siswa dapat menentukan informasi tersurat
49. Disajikan sebuah text / gambar siswa dapat menentukan informasi tersurat
50. Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan informasi terkait dengan fungsi benda
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
1. Siswa dapat menjelaskan Misi dakwah Nabi Muhamad SAW
2. Siswa dapat menyebutkan bukti Nabi Muhamad sebagai pembawa kedamaian
3. Siswa dapat menjelaskan masa Kalender Hijriah pertama ditetapkan
4. Siswa dapat menjelaskan Tujuan penetapan kalender Hijriah
5. Siswa dapat menjelaskan Bulan pertama dalam tahun Hijriah
6. Siswa dapat menyebutkan bulan Lahirnya Nabi Muhamad
7. Siswa dapat menyebutkan surat Perintah melaksanakan ibadah haji
8. Siswa dapat menyebutkan wakil umat Islam Pada perjanjian Hudaibiyah.
9. Siswa dapat menyebutkan Isi Perjanjian Hudaibiyah
10. Siswa dapat menyebutkan Penulis Perjanjian Hudaibiyah
11. Siswa dapat menyebutkan Seseorang yang masuk Islam pada peristiwa Fatkhu Makah
12. Siswa dapat menyebutkan istilah Peristiwa Penaklukan kota Makah
13. Siswa dapat menyebutkan tahun pelaksanaan Haji wada
14. Siswa dapat menyebutkan istilah lain dari haji wada
15. Siswa dapat menyebutkan Wahyu terakhir yang diterima oleh Nabi Muhamad SAW
16. Siswa dapat menyebutkan usia Nabi Muhamad SAW
17. Siswa dapat menyebutkan tempat Makam Nabi Muhamad SAW
18. Siswa dapat menyebutkan kepercayaan/agama masyarakat Arab Pra Islam
19. Siswa dapat menyebutkan istilah Kondisi Arab Pra Islam 19/PG
20. Siswa dapat menyebutkan Kegiatan perekonomian utama masyarakat Arab
21. Siswa dapat menjelaskan tanggal lahirnya Nabi Muhamad SAW
22. Siswa dapat menyebutkan orang yang menyusui Rasulullah SAW
23. Siswa dapat menjelaskan nama gelar Nabi Muhamad SAW saat remaja
24. Siswa dapat menjelaskan tanggal turunya Al-Qur’an yang pertama
25. Siswa dapat menyebutkan lama Dakwah secara sembunyi sembunyi
26. Siswa dapat menjelaskan assabiqul awwalun
27. Siswa dapat menyebutkan tempat Dakwah secara terang terangan pertama
28. Siswa dpat menyebutkan alasan masyarakat Arab menolak masuk Islam
29. Siswa dapat menyebutkan tanggal Peristiwa Isra’ Mi’raj
30. Siswa dapat menyebutkan Salah satu sifat Rasulullah yang bisa dijadikan teladan (yakin terhadap kemampuan diri sendiri)
31. Siswa dapat menyebutkan Kota Madinah sebelum hijrahnya Rasul
32. Siswa dapat menyebutkan pengertian perjanjian Aqabah
33. Siswa dapat menyebutkan isi Perjanjian Aqabah II
34. Siswa dapat menyebutkan alasan Madinah dipilih sebagai tempat berhijrah
35. Siswa dapat menyebutkan tempat Rasul dan Abu Bakar bersembunyi ketika hijrah
36. Siswa dapat menunjukkan tahun Nabi tiba di Madinah
37. Siswa dapat menyebutkan fungsi masjid di Madinah
38. Siswa dapat menyebutkan istilah Umat Islam yang Hijrah ke Madinah
39. Siswa dapat menyebutkan istilah Perjanjian antara muslim dan non muslim di Madinah
40. Siswa dapat menyebutkan Perang yang dipicu pengusiran muslim di Makah oleh kaum Quraisy
41. Siswa dapat menunjukkan Jumlah pasukan muslim yang gugur pada Perang Uhud
42. Siswa dapat menyebutkan orang yang memiliki ide membuat Parit
43. Siswa dapat menyebutkan contoh masyarakat yang menjunjung tinggi rasa toleransi
44. Siswa dapat menyebutkan prinsip tolong menolong
45. Siswa dapat menyebutkan cirri Orang yang bijaksana dalam mengambil kebijakan
46. Siswa dapat menyebutkan sifat tanah di Madinah 46/PG
47. Siswa dapat menyebutkan bidang yang menjadi Persaingan antara bangsa Arab dan Yahudi
48. Siswa dapat menjelaskan fungsi Sistem irigasi yang dibangun Rasulullah
49. Siswa dapat menyebutkan istilah Harta karun yang ditemukan pada salah satu wilayah
50. Siswa dapat menyebutkan istilah hidup tanpa bergantung dengan orang lain
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
1. Peserta didik mampu menyebutkan salah satu metode ilmiah dalam penyelidikan IPA
2. Disajikan gambar kegiatan penyelidikan IPA, peserta didik dapat menyusun tahapan penting dalam penyelidikan IPA dengan urut
3. Disajikan data hasil penyelidikan, peserta didik dapat menentukan salah satu tahapan penting dalam penyelidikan IPA
4. Disajikan data spesifikasi suatu benda, peserta didik dapat menentuan kelompok besaran turunan
5. Disajikan tabel pernyataan besaran, peserta didik mampu menentukan besaran pokok, satuan secara SI dan alat ukur yang tepat
6. Peserta didik mampu menyebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengukuran, supaya mendapatkan hasil yang benar dan akurat
7. Disajikan gambar alat ukur massa, peserta didik mampu menghitung massa menggunakan neraca tiga lengan.
8. Disajikan gambar alat ukur panjang, peserta didik mampu menghitung panjang menggunakan jangka sorong.
9. Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan salah satu ciri berkembang biak pada makhluk hidup
10. Peserta didik dapat menyusun urutan tingkatan takson dengan urut dan benar
11. Disajikan gambar mikroskop, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bagian dengan fungsi yang benar
12. Peserta didik dapat menunjukkan cara mengatur bagian mikroskop supaya mendapatkan cahaya yang terang
13. Peserta didik dapat menentukan klasifikasi dari Bakteri Escherichia coli
14. Disajikan tabel pernyataan ciri-ciri Pisces dan Aves, peserta didik mampu menentukan perbedaan ciri yang dimiliki oleh Pisces dan Aves
15. Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan salah satu hewan dalam kelompok Arthropoda
16. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan persamaan ciri-ciri yang dimiliki oleh beberapa hewan dalam satu kelompok
17. Disajikan kunci determinasi, peserta didik dapat menentukan kunci determinasi untuk burung
18. Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis larutan berdasarkan pengujian menggunakan kertas lakmus
19. Disajikan beberapa sifat larutan, peserta didik mampu mengidentifikasi sifat yang dimiliki oleh larutan basa
20. Disajikan data, Peserta didik mampu menentukan zat yang merupakan campuran homogen
21. Peserta didik mampu menentukan unsur-unsur penyusun senyawa garam dapur
22. Peserta didik mampu menyebutkan pengertian unsur dengan benar
23. Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan metode yang digunakan untuk menjernihkan air
24. Disajikan beberapa contoh perubahan materi, peserta didik mampu menentukan contoh perubahan kimia
25. Peserta didik mampu menyebutkan prinsip kerja pemisahan campuran dengan cara destilasi
26. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik mampu menentukan sifat yang dimiliki oleh zat pengisi tabung termometer
27. Peserta didik dapat mengkonversi suhu dari skala Celcius ke skala Fahrenheit
28. Peserta didik dapat menunjukkan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian
29. Peserta didik dapat menghitung kapasitas kalor saat kalor dilepaskan
30. Peserta didik dapat mengidentifikasi peristiwa yang membutuhkan kalor dan yang melepas kalor pada proses perubahan wujud zat
31. Peserta didik dapat menghitung pertambahan panjang suatu benda setelah memuai
32. Disajikan gambar perpindahan kalor, Peserta didik dapat menentukan jenis perpindahan kalor secara konveksi
33. Peserta didik dapat menentukan salah satu jenis energi terbarukan yang berasal dari organisme
34. Disajikan gambar, Peserta didik dapat menentukan transformasi energi yang terjadi pada proses fotosintesis
35. Disajikan gambar percobaan Ingenhouze, peserta didik dapat menyebutkan tujuan dari percobaan tersebut
36. Peserta didik dapat menghitung energi kinetik suatu benda, jika diketahui massa dan kecepatan
37. Disajikan gambar benda dengan berbagai ketinggian, peserta didik dapat memprediksikan nilai energi potensial gravitasi benda
38. Peserta didik dapat menghitung energi mekanik pada suatu benda
39. Disajikan beberapa fungsi nutrisi, peserta didik dapat menjelaskan fungsi lemak bagi tubuh manusia
40. Disajikan beberapa bahan makanan, peserta didik dapat menentukan jenis bahan makanan yang mengandung protein nabati
Akidah Akhlak
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian aqidah islam
2. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian aqidah islam
3. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian aqidah islam
4. Disajikan QS.al-Ikhlas dengan artinya secara tidak berurutan ,peserta didik dapat menyusun kembali arti ayat tersebut dengan benar
5. Disajikan QS.al Baqaroh ; 163,peserta didik dapat menjelaskan ayat tersebut dengan benar
6. Peserta didik dapat menunjukan dasar aqidah islam
7. Disajikan QS.an nisa;36, peserta didik dapat menjelaskan ayat tersebut dengan benar
8. Disajikan sebuah konsep agar mencegah manusia dari kemusyrikan,peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu tujuan mempelajari akidah islam
9. Disajikan unsur pokok dalam akidah islam yang tidak dapat dipisahkan ,Peseta didik dapat menjelaskan tiga unsur pokok tersebut
10. Peserta didik dapat menganlisa hubungan antara iman,Islam dan Ihsan
11. Peserta didik mampu membedakan tentang sifat-sifat wajib bagi Allah
12. Peserta didik mampu membedakan tentang sifat-sifat wajib bagi Allah
13. Peserta didik mampu membedakan tentang sifat-sifat wajib bagi Allah
14. Peserta didik dapat mengelompokkan sifat sifat bagi Allah
15. Peserta didik dapat mengelompokkan sifat sifat bagi Allah
16. Disajikan Qs. Al Ikhlas ayat 1, peserta didik dapat menganalisis ayat yang terkandung didalamnya
17. Peserta didik dapat menunjukan bukti Sifat Allah Swt.
18. Disajikan Qs. Yaasiin ayat 82, peserta didik dapat menjelaskan ayat yang terkandung didalamnya
19. Peserta didik dapat menunjukan bukti Sifat Allah Swt.
20. Peserta didik dapat menunjukan bukti Sifat Allah Swt.
21. Peserta didik mampu memahami pengertian istiqomah
22. Disajikan contoh tentang dampak positif
23. Perta didik memahami satu persatu dari macam-macam akhlak terpuji
24. Perta didik memahami satu persatu dari macam-macam akhlak terpuji
25. Perta didik memahami satu persatu dari macam-macam akhlak terpuji
26. Disajikan contoh perilaku orang yang tulus dalam mengerjakan amal kebaikan hanya semata-mata mengharapkan ridha Allah,peserta didik dapat menunjukan salah satu akhlak terpuji
27. Disajikan contoh perilaku orang yang tulus dalam mengerjakan amal kebaikan hanya semata-mata mengharapkan ridha Allah,peserta didik dapat menunjukan salah satu akhlak terpuji
28. Peserta didik mampu memahami terkait ulil amri
29. Disajikan QS. An nisa ayat 59, Peserta didik dapat menjelaskan ayat yang terkandung
30. Peserta didik dapat menyebutkan arti taubat menurut bahasa
31. Peserta didik mampu memahami adab solat dan dzikir
32. Disajikan QS.al-‘’Araf ayat 205, peserta didik dapat menganalisa makna yang terkandung didalamnya
33. Disajikan berbagai adab dalam beribadah,Peserta didik dapat mengelompokan adab dalam melaksanakan shalat
34. Disajikan berbagai adab dalam beribadah,Peserta didik dapat mengelompokan adab dalam melaksanakan shalat
35. Disajikan berbagai adab dalam beribadah,Peserta didik dapat mengelompokan adab dalam melaksanakan shalat
36. Disajikan berbagai adab dalam beribadah,Peserta didik dapat mengelompokan adab dalam melaksanakan shalat
37. Peserta didik mampu memahami tujuan solat dan dzikir
38. Peserta didik mampu memahami tujuan solat dan dzikir
39. Peserta didik mampu memahami tujuan solat dan dzikir
40. Peserta didik mampu meneruskan suatu ayat dari solat
41. Peserta didik dapat menunjukan kelebihan/ keistimewaan yang dikaruniakan Allah Swt kepada Nabi Sulaiman As
42. Peserta didik dapat menunjukan kelebihan/ keistimewaan yang dikaruniakan Allah Swt kepada Nabi Sulaiman As
43. Peserta didik mampu memahami kerajaan saba’
44. Peserta didik dapat menjelaskan terkait Ratu bilqis dan Nabi Sulaiman
45. Peserta didik dapat menjelaskan terkait Ratu bilqis dan Nabi Sulaiman
46. Peserta didik mampu memahami kerajaan saba’
47. Peserta didik mampu memahami kerajaan saba’
48. Peserta didik dapat menjelaskan terkait Ratu bilqis dan Nabi Sulaiman
49. Peserta didik mampu mengidentifikasi mukjizat nabi sulaiman dan sejarah nabi sulaiman
50. Peserta didik mampu mengidentifikasi mukjizat nabi sulaiman dan sejarah nabi sulaiman
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
1. Diberikan ilustrasi tentang ruang, peserta didik dapat menjelaskan pengertian ruang
2. Diberikan ilustrasi tentang interaksi antar ruang, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi terjadinya interaksi antar ruang.
3. Diberikan ilustrasi tentang interaksi antar ruang, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi terjadinya interaksi antar ruang.
4. Diberikan ilustrasi tentang interaksi antar ruang, peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi terjadinya interaksi antar ruang.
5. Diberikan ilustrasi tentang peta, peserta didik mampu menjelaskan pengertian peta.
6. Diberikan ilustrasi tentang skala, peserta didik mampu mengartikan skala peta.
7. Diberikan ilustrasi letak Indonesia peserta didik mampu mengidentifikasi letak astronomfis, geografis dan geologis Indonesia.
8. Diberikan ilustrasi tentang peta, peserta didik dapat mengidentifikasi simbol peta
9. Diberikan ilustrasi tentang peta, peserta didik dapat mengidentifikasi cirri-ciri iklim tropis
10. Diberikan ilustrasi letak Indonesia peserta didik mampu mengidentifikasi letak astronomfis, geografis dan geologis Indonesia
11. Diberikan ilustrasi tentang letak geografis Indonesia, peserta didik mampu mengidentifikasi batas batas wilayah Indonesia
12. Diberikan ilustrasi letak Indonesia peserta didik mampu mengidentifikasi letak astronomfis, geografis dan geologis Indonesia
13. Diberikan ilustrasi tentang SDA, peserta didik dapat menyebutkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
14. Diberikan ilustrasi tentang SDA hutan, peserta didik mampu mengidentifikasi persebaran jenis kayu di Indonesia dan fungsi hutan
15. Diberikan ilustrasi tentang SDA hutan, peserta didik mampu mengidentifikasi persebaran jenis kayu di Indonesia dan fungsi hutan.
16. Diberikan ilustrasi tentang SDA berupa hasil tambang, peserta didik mampu mengidentifikasi persebaran sumber daya tambang di Indonesia
17. Diberikan ilustrasi tentang SDA hutan, peserta didik mampu mengidentifikasi persebaran jenis kayu di Indonesia dan fungsi hutan
18. Diberikan ilustrasi tentang potensi kemaritiman Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi pencurian ikan di laut
19. Diberikan ilustrasi tentang SDA, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan mangrove
20. Diberikan ilustrasi tentang SDA, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat terumbu karang
21. Diberikan ilustrasi tentang persebaran penduduk, peserta didik dapat mengidentifikasi Data Kependudukan di Dunia
22. Diberikan ilustrasi tentang persebaran penduduk, peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor pertumbuhan penduduk
23. Diberikan ilustrasi tentang persebaran penduduk, peserta didik dapat menjelaskan usaha pemerintah guna pemerataan penduduk
24. Diberikan ilustrasi tentang pertumbuhan dan kualitas penduduk, peserta didik dapat mengidentifikasi program pemerintah untuk meningkatkan kualitas penduduk
25. Diberikan ilustrasi tentang komposisi penduduk, peserta didik dapat mengidentifikasi komposisi penduduk
26. Diberikan ilustrasi tentang komposisi penduduk, peserta didik dapat mengidentifikasi komposisi penduduk
27. Diberikan ilustrasi tentang persebaran penduduk, peserta didik dapat menjelaskan usaha pemerintah guna pemerataan penduduk
28. Diberikan ilustrasi tentang keragaman etnik dan budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi rumah adat yang ada di wilayah Indonesia
29. Diberikan ilustrasi tentang keragaman etnik dan budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi tarian dan pakaian adat
30. Diberikan ilustrasi tentang keragaman etnik dan budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi tarian dan pakaian adat
31. Diberikan ilustrasi tentang keragaman etnik dan budaya, peserta didik dapat mengidentifikasi tarian dan pakaian adat
32. Diberikan ilustrasi tentang keadaan fisik wilayah, Kondisi Geologi Indonesia. Peserta didik dapat mengidentifikasi gempa dan gunung di Indonesia
33. Diberikan ilustrasi tentang keadaan fisik wilayah, Kondisi Geologi Indonesia. Peserta didik dapat mengidentifikasi gempa dan gunung di Indonesia
34. Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik flora yang ada di Indonesia
35. Diberikan ilustrasi tentang fauna, peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian wilayah Fauna di Indonesia
36. Diberikan ilustrasi tentang fauna, peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian wilayah Fauna di Indonesia
37. Diberikan ilustrasi tentang fauna, peserta didik dapat mengidentifikasi pembagian wilayah Fauna di Indonesia
38. Diberikan ilustrasi tentang akibat interaksi antar ruang, peserta didik dapat memahami berbagai perubahan akibat intaraksi antar ruang
39. Diberikan ilustrasi tentang akibat interaksi antar ruang, peserta didik dapat memahami berbagai perubahan akibat intaraksi antar ruang
40. Diberikan ilustrasi tentang akibat interaksi antar ruang, peserta didik dapat memahami berbagai perubahan akibat intaraksi antar ruang
41. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga keluarga, peserta didik dapat : Mengidentifikasi fungsi lembaga keluarga
42. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga keluarga, peserta didik dapat : Mengidentifikasi fungsi lembaga keluarga.
43. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga Agam, peserta didik dapat : Mengidentifikasi fungsi lembaga agama dan tempat-tempat ibadah agama di Indonesia.
44. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga Agam, peserta didik dapat : Mengidentifikasi fungsi lembaga agama dan tempat-tempat ibadah agama di Indonesia
45. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan tujuan dan fungsi lembaga ekonomi
46. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan tujuan dan fungsi lembaga ekonomi.
47. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan pengertian Penidikan Nasional dan peran Lembaga Pendidikan
48. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan pengertian Penidikan Nasional dan peran Lembaga Pendidikan.
49. Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan lembaga yang bisa menjaga bangsa dan negara dan memberikan contoh Lembaga Politik.
Diberikan ilustrasi tentang pengertian lembaga sosial, peserta didik dapat : menjelaskan lembaga yang bisa menjaga bangsa dan negara dan memberikan contoh Lembaga Politik.
Prakarya
Belum tersedia !
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
1. Menjelaskan pembentukan BPUPKI
2. Menyebutkan wakil ketua BPUPKI
3. Menjelaskan hasil sidang BPUPKI
4. Menyebutkan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh salah satu pahlawan nasional
5. Menyebutkan tokoh perumus dasar negara dalam sidang BPUPKI
6. Menjelaskan kedudukan Pancasila
7. Dasar falsafah negara RI yang memuat Pancasila sebagai dasar negara
8. Menyebutkan tokoh yang memprakarsai perubahan sila pertama dalam Piagam Jakarta
9. Menjelaskan tugas panitia kecil dan panitia sembilan
10. Mengidentifikasi alinea pembukaan yang menyatakan Pancasila sebagai dasar negara
11. Menjelaskan arti dasar negara
12. Menyebutkan hasil sidang PPKI
13. Menyebutkan anggota panitia Sembilan
14. Menyebutkan nama lain dari nasionalisme dalam arti sempit
15. Memberikan contoh sikap nasionalisme sebagai WNI
16. Menjelaskan pengertian norma
17. Menjelaskan fungsi norma
18. Menjelaskan tujuan penetapan norma dalam masyarakat
19. Menjelaskan macam-macam norma
20. Memberikan contoh norma kesopanan
21. Memberikan contoh norma kesusilaan
22. Menjelaskan sanksi bagi yang melanggar norma
23. Menyebutkan sifat-sifat norma hukum
24. Menyebutkan unsur-unsur hukum menurut A.V. Dicey dalam negara hukum
25. Menjelaskan arti penting norma dalam masyarakat
26. Peserta didik dapat menjelaskan arti penting norma dalam masyarakat
27. Peserta didik dapat pasal yang berkaitan dengan norma dalam kehidupan sehari-hari
28. Peserta dapat menjelaskan sifat norma hukum
29. Peserta didik dapat menyebutkan alat-alat negara yang berwenang
30. Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur hukum menurut AV Dicey dalam negara hukum
31. Pesrta didik dapat menguraikan fungsi norma hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
32. Peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan perilaku sesuai dengan norma
33. Peserta didik dapat menjelaskan dijatuhkanya hukuman pada seseorang mempunyai dasar pembenaran secara ilmiah
34. Pesera didik dapat menjelaskan nilai keadilan distributif
35. Peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan perilaku norma dalam lingkungan sekolah
36. Peserta didik dapat menguraikan beberapa faktor penyebab ketidakpatuhan seseorang pada norma-norma dalam kehidupan
37. Mendeskripsikan arti konstitusi menurut bahasa
38. Menjelaskan Hukum dasar dalam suatu negara
39. Menguraikan sistem konstitusianal pada suatu negara
40. Memberikan contoh hukum dasar tertulis yang timbul dalam kehidupan bernegara
41. Menjelaskan hukum dasar yang tidak tertulis
42. Mengidentifikasi pasal dalam UUD 1945 tentang Negara Indonesia menganut paham konstitusionalisme
43. Mendeskripsikan isi dari Undang-Undang Dasar 1945
44. Menjelaskan pelaksanaan sidang BPUPKI yang pertama
45. Mengidentifikasi nama ketua panitia yang dibentuk oleh BPUPKI
46. Mendeskripsikan hal yang dibahas dan disepakati dalam sidang pada tanggal 13 Juli 1945 oleh panitia kecil perancang UUD
47. Menjelaskan pengesahan UUD 1945 oleh PPKI
48. Menjelaskan alasan UUD 1945 ditetapkan oleh PPKI
49. Menjelaskan semangat dan komitmen para pendiri negara pada perumusan dan pengesahan UUD 1945
50. Mendeskripsikan contoh sikap positif siswa terhadap undang-undang di lingkungan sekolah.
Seni Budaya
1. Siswa dapat Mengidentifikasi tekhnik menggambar
2. Siswa dapat memahami definisi menggambar
3. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian ragam hias
4. Siswa mampu mengidentifikasi motif ragam hias
5. Siswa dapat mengidentifikasi unsur gambar yang paling mendasar
6. Siswa dapat mendiskripsikan definisi komposisi simetris
7. Siswa dapat Mengidentifikasi tekhnik menggambar
8. Siswa dapat mengidentifikasi lagu dari daerah Sumatera
9. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah
10. Siswa dapat mediskripsikan teknik bernyanyi (Phrasering)
11. Siswa dapat mendiskripsikan pengertian bernyanyi secara unisono
12. Siswa dapat mengidentifikasi alat music pukul (kolintang)
13. Siswa mampu memahami jenis-jenis teknik menggambar
14. Siswa dapat mengidentifikasi alat dan media menggambar
15. Siswa dapat mengidentifikasi alat dan media menggambar
16. Siswa dapat mengidentifikasi objek menggambar
17. Siswa dapat mengidentifikasi motif ragam hias geometris
18. Siswa dapat mengidentifikasi motif-motif ragam hias
19. Siswa dapat mendeskripsikan definisi komposisi asimetris
20. Siswa dapat mengidentifikasi alat dan media menggambar
21. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian ragam hias
22. Siswa mampu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi ragam hias di Indonesia
23. Siswa mampu memahami teknik pembuatan motif ragam hias
24. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis ragam hias
25. Siswa dapat mengidentifikasi tekhnik menggambar ragam hias
26. Siswa dapat mengidentifikasi pola ragam hias di Indonesia
27. Siswa dapat mendeskripsikan ragam hias figuratif
28. Siswa mampu megidentifikasi pola ragam hias
29. Siswa dapat memahami komponen-komponen komposisi dalam menggambar
30. Siswa mampu memahami unsur-unsur seni rupa (warna)
31. Siswa dapat mengidentifikasi ragam hias figuratif
32. Siswa dapat mengidentifikasi lagu daerah
33. Siswa dapat mengidentifikasi musik tarling
34. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah
35. Siswa dapat mengidentifikasi alat musik gong
36. Siswa dapat mengidentifikasi musik pop
37. Siswa dapat mengidentifikasi lagu bungong Jeumpo
38. Siswa dapat mengidentifikasi teknik vocal dan organ suara manusia
39. Siswa dapat mengidentifikasi teknik vocal dan organ suara manusia
40. Siswa dapat mengidentifikasi teknik vocal dan organ suara manusia
41. Siswa dapat mengidentifikasi alat musik petik (sasando)
42. Siswa dapat mengidentifikasi alat musik ansambel
43. Siswa dapat mengidentifikasi alat musik ansambel
44. Siswa dapat mengidentifikasi alat musik angklung
45. Siswa dapat mengidentifikasi lagu unisono
46. Siswa dapat mengidentifikasi teknik vocal dan organ suara manusia
47. Siswa dapat mengidentifikasi lagu yamko rambe yamko
48. Siswa dapat mengidentifikasi lagu daerah
49. Siswa dapat mengidentifikasi tanda musik pada garis paranada
50. Siswa dapat mengidentifikasi alat musik tarling
Bahasa Jawa
1. Menyebutkan judul dalam teks
2. Menyebutkan arti kata dalam teks
3. Menyebutkan latar waktu kejadian dalam teks
4. Membedakan bagian dalam teks naratif
5. Menyebutkan tentang pengertian dalam teks naratif
6. Membedakan jenis teks naratif
7. Memahami bahasa yang digunakan dalam teks naratif
8. Memahami hal hal dalam menanggapi teks naratif
9. Menyebutkan arti kata dalam memahami teks naratif
10. Memahami dan membedakan tembang macapat
11. Menyebutkan tuladha tembang macapat
12. Menyebutkan isi tembang macapat dari teks tembang yang disajikan
13. Menyebutkan isi tembang macapat dari teks tembang yang disajikan
14. Menyebutkan arti kata dalam teks tembang macapat
15. Memahami tentang cerita rakyat
16. Menyebutkan sumber cerita rakyat
17. Menyebutkan tuladha cerita rakyat
18. Memahami dan membedakan hal hal dalam cerita rakyat
19. Menentukan irah-irahan dari teks pengalaman pribadi
20. Menjawab pertanyaan bacaan tentang teks cerita pengalaman
21. Menjelaskan piwulang yang terkandung dalam teks
22. Mengartikan kata yang dianggap sulit dalam teks naratif
23. Menjawab pertanyaan dalam teks naratif
24. Mengidentifikasi ragam bahasa yang digunakan dalam teks
25. Menyebutkan isi teks Piwulang SeratWulangreh Pupuh Pangkur
26. Menyebutkan isi teks Piwulang Serat Wulangreh Pupuh Pangkur
27. Mengidentifikasi guru wilangan
28. Menjelaskan pengertian guru gatra
29. Menyebutkan guru wilangan lan guru lagu tembang Pangkur
30. Mengartikan kata yang sulit dalam teks cerita rakyat
31. Mengidentifikasi ragam bahasa yang digunakan dalam teks
32. Menjawab pertanyaan dalam teks cerita rakyat
33. Menjawab pertanyaan dalam teks cerita rakyat
34. Menjawab pertanyaan dalam teks cerita rakyat
35. Menjawab pertanyaan dalam teks cerita pengalaman pribadi
36. Menyebutkan tokoh dalam teks cerita pengalaman pribadi
37. Menjelaskan watak salah satu tokoh dalam teks cerita pengalaman
38. Menentukan latar/setting tempat dalam teks cerita pengalaman
39. Menjelaskan isi cerita pengalaman
40. Mengubah tembung ngoko menjadi krama inggil
41. Melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang tepat
42. Menyebutkan jumlah aksara Jawa
43. Memahami hal hal yang berkaitan dengan aksara Jawa
44. Menyebutkan pedoman penulisan aksara Jawa
45. Menyebutkan pedoman penulisan aksara Jawa
46. Menyebutkan arti kata dalam pedoman penulisan aksara Jawa
47. Menyebutkan jumlah aksara Jawa
48. Menyebutkan persamaan aksara Jawa
49. Menyebutkan tuladha aksara Jawa
50. Membedakan aksara Jawa
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
1. Siswa dapat mengetahui pengertian tentang permainan sepak bola
2. Siswa dapat mengetahui istilah/nama sepak bola
3. Siswa dapat mengetahui pemenang dalam pertandingan sepak bola
4. Siswa dapat mengetahui ketua PSSI pertama
5. Siswa dapat mengetahui pengertian permainan bola voli
6. Siswa dapat mengetahui Induk organisasi bola voli nasional
7. Siswa dapat mengetahui jumlah pemain bola voli
8. Siswa dapat mengetahui anggota badan yang paling dominan digunakan dalam bola voli
9. Siswa dapat mengidentifikasi peralatan bola voli
10. Siswa dapat mengetahui sejarah bola basket
11. Siswa dapat mengetahui tekhnik memegang bola dalam bola basket
12. Siswa dapat mengetahui perlengkapan bola kasti
13. Siswa dapat mengetahui posisi pemain pada bola kasti
14. Siswa dapat mengetahui teknik dasar bola kasti
15. Siswa dapat mengetahui pengertian permainan bulutangkis
16. Siswa dapat mengetahui ukuran shuttlecock
17. Siswa dapat mengetahui salah satu pukulan pada bulutangkis
18. Siswa dapat mengidentifikasi teknik dasar permainan bulutangkis
19. Siswa dapat mengetahui istilah lain dari tenis meja
20. Siswa dapat mengetahui ukuran lapangan tenis meja
21. Siswa dapat mengetahui pegangan bet pada tenis meja
22. Siswa dapat mengetahui cabang-cabang dari atletik
23. Siswa dapat mengetahui perbedaan jalan cepat dan lari cepat
24. Siswa dapat mengetahui nomor-nomor jalan cepat
25. Siswa dapat mengetahui teknik dasar jalan cepat
26. Siswa dapat ,mengetahui hal-hal yang perlu dihindari dalam jalan cepat
27. Siswa dapat mengetahui istilah untuk atlet lari cepat
28. Siswa dapat mengetahui salah satu bagian dari teknik dasar start lari cepat
29. Siswa dapat mengidentifikasi nomor-nomor lari jarak pendek
30. Siswa dapat mengidentifikasi tehnik dasar start lari jarak pendek
31. Siswa dapat mengetahui negara asal Pencak Silat
32. Siswa dapat mengetahui sikap salam pada Pencak Silat
33. Siswa dapat mengetahui salah satu sikap dalam Pencak silat
34. Siswa dapat mengetahui manfaat kebugaran jasmani
35. Siswa dapat mengetahui unsur - unsur kebugaran jasmani
36. Siswa dapat mengidentifikasi salah satu gerakan kebugaran jasmani
37. Siswa dapat mengetahui salah satu pengertian kebugaran jasmani
38. Siswa dapat mengetahui unsur kebugaran jasmani
39. Siswa dapat mengetahui istilah lain roll depan
40. Siswa dapat mengetahui urutan gerakan melakukan guling depan
41. Siswa dapat mengetahui kesalahan-kesalahan dalam melakukan guling belakang
42. Siswa dapat mengetahui istilah lain dari olahraga air
43. Siswa dapat mengidentifikasi gaya dalam renang
44. Siswa dapat mengetahui gerakan kaki renang gaya bebas
45. Siswa dapat mengetahui cara pengambilan renang gaya dada
46. Siswa dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tubuh remaja
47. Siswa dapat mengetahui pengaruh kebugaran jasmani dengan pertumbuhan fisik
48. Siswa dapat mengetahui fase masa pertumbuhan pada anak - anak
49. Siswa dapat mengetahui ciri - ciri anak yang mengalami gangguan kesehatan.
50. Siswa dapat mengetahui waktu tidur yang baik
Selamat Belajar !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar